Cara Cek In AirAsia Indonesia Melalui Web Resmi

Travel

AirAsia Indonesia merupakan salah satu maskapai yang paling banyak dipercaya sebagai teman bepergian lewat udara oleh para konsumennya. Tiket murah, tidak mengurangi fasilitas dan kualitas maskapai ini untuk memanjakan pelanggannya.

Salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang banyak dipakai, yakni AirAsia Indonesia. AirAsia sendiri, sebenarnya maskapai asal Malaysia, lebih tepatnya oleh perusahaan pemerintah setempat, yaitu DRB-HICOM. Namun, pada akhirnya diambil alih oleh Tony Fernandes seorang mantan eksekutif Time Warner pada tanggal 2 Desember 2001.

Diambil alihnya AirAsia oleh Tony Fernandes, kemudian maskapai penerbangan ini dapat melakukan turnaround dan membukukan laba besar. Maskapai AirAsia pun melayani berbagai rute baru dengan biaya rendah sehingga bersaing juga dengan Malaysia Airlines.

Fakta Unik AirAsia Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, AirAsia merupakan maskapai penerbangan milik Malaysia dan berpusat di Bandara Kuala Lumpur. Semenjak namanya melampung dan meraih kesuksesan, maskapai ini melebarkan sayapnya dan pada 2003 dengan membuka pangkalan kedua di Bandara Senai, Johor Bahru Thailand dengan nama Thai AirAsia. Semenjak dibukanya cabang tersebut, maskapai ini juga sekaligus menandai rute penerbangan internasional pertama ke Thailand.

Di tahun berikutnya, AirAsia terus terbang tinggi dengan melakukan penambahan rute baru, seperti Singapura, Indonesia hingga Australia. Menariknya, AirAsia Indonesia dulunya bernama AWAIR.

Untuk AirAsia Indonesia sendiri melayani rute penerbangan antar provinsi juga lokal. AirAsia terbang dari Jakarta ke berbagai tujuan lokal dan domestik lainnya. Rute penerbangan awal dari maskapai ini adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Adapun penambahan rutu baru adalah Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandung, Balikpapan, Solo, dan Makassar.

Fasilitas Terbaik AirAsia

Alasan mengapa AirAsia banyak diminati dan dipilih oleh masyarakat, lantaran tarif penerbangan yang relatif murah.  AirAsia memang mengusung ide low cost carrier yang mana tarif  penerbangan yang ditawarkan relatif murah. Berbasis di Asia, tapi juga melayani penerbangan hingga kancah Australia. Tercatat ada 120 tujuan penerbangan yang ditawarkan AirAsia di Asia dan Australia.

Mengusung konsep low cost carrier, tentu saat melakukan penerbangan dengan AirAsia Anda tidak akan menemukan fasilitas hiburan maupun entertainment di dalam pesawat, seperti layar pada bagian belakang kursi guna memutar film atau musik. Pihak perusahaan beralasan bahwa konsep utama yang diusung adalah memindahkan seorang dari titik satu ke titik lainnya dengan mudah dan aman. Sebab, dengan memberikan fasilitas berlebihan tentu akan membengkakkan beban cost sehingga tariff yang ditawarkan tidak bisa dijangkau oleh calon penumpang.

Meksipun menawarkan harga rendah, tetapi pelayanan yang diberikan tidak murahan. Perlu diapresiasi bahwa maskapai AirAsia telah meraih predikat pertama sebagai otoritas penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan terbaik. Pelayanan yang ditawarkan pun sangat baik. Maskapai penerbangan yang berpusat di Kuala Lumpur ini menggunakan pesawat Airbus A320-200 dan Airbus A320 Neo.

Kelas Penerbangan Maskapai AirAsia Indonesia

Dalam segi pelayanannya, maskapai bertarif murah ini menyediakan kelas ekonomi dan juga bisnis. Khusus kelas bisnis dilayani oleh AirAsia X yang melayani rute penerbangan internasional, sedangkan kelas ekonomi dengan mudah Anda temui di hampir semua penerbangan AirAsia.

Bicara soal fasilitas apa saja yang akan didapat di AirAsia, sangatlah basic, yaitu bebas bagasi kabin maksimal 7 Kg. Namun, tidak ada makanan dan minuman yang diberikan secara gratis. Jadi, jika ingin mengkonsumsi makanan berat maupun ringan, Anda harus membelinya di atas pesawat. Tentu ini berbeda dengan AirAsia X yang melayani kelas bisnis, Sebab ada beberapa fasilitas yang tersedia sebagai berikut ini.

  1. Tersedia layanan Red Carpet dengan fasilitas check in di Privacy Room.
  2. Lounge yang dapat diakses secara gratis.
  3. Dapat masuk ke jalur antrian cepat.
  4. Memilih kursi.
  5. Free bagasi hingga 40 Kg.
  6. Mendapatkan layanan bagasi prioritas.
  7. Free makanan dan minuman.
  8. Nilai plusnya tersedia premium flat bed dengan lebar 20 inci beseta bantal dan selimut. Tambahannya celah antara tempat duduk adalah 60 inci dan jarak ketika dalam posisi berbaring, yaitu 77 inci.

Web Check-in

Web Check-in merupakan inovasi baru check in selain dengan cara go show atau langsung ke counter yang tersedia di Bandara. Adanya web check in ini tentu akan mempermudah Anda mendapatkan tiket pesawat. Khusus AirAsia, link web check in nya adalah https://www.airasia.com/check-in/en/gb .

Web check in sebenarnya sangat membantu mempercepat dan memudahkan calon penumpang. Namun, apabila lupa melakukan Web Check in, calon penumpang masih dapat melakukan di Airport Check in.  Untuk maskapai Air Asia, Airport Check in ini biasanya akan dibuka tiga jam sebelum penerbangan dan ditutup 45 menit sebelum penerbangan.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah selama proses check in adalah membawa, memperlihatkan tiket, dan kartu identitas yang masih berlaku kepada pihak yang bertugas. Kemudian, boarding pass secara langsung diproses oleh petugas yang bersangkutan.

Adapun yang ingin mengetahui cara check in mudah melalui web resmi AirAsia, berikut langkang-langkahnya.

  1. Pertama, tentu masuk terlebih dulu ke web check in resminya di https://www.airasia.com/check-in/en/gb .
  2. Kemudian isi data penerbangan pada kolom yang tersedia. Data penerbangan beris Derparture (kota keberangkatan), Booking Number (nomor reservasi), dan Family Name/Surname (Nama calon penumpang), baru kemudian pilih Check-in.
  3. Tunggu sebentar hingga muncul lima halaman berikutnya yang terdiri dari Flights & Guest(s), Add-ons (pilihan nomor kursi), Confirmation (mencantumkan alamat email), Important Notice, dan terakhir e-tiket untuk dicetak nantinya saat Boarding Pass. Kelima halaman inilah nantinya yang perlu Anda isi sesuai petunjuk yang tertera.

Keunggulan melakukan web check in untuk suatu penerbangan banyak, diantaranya sebagai berikut.

  1. Maskapai AirAsia memberikan pelayanan 24 jam Web Check in, sehingga calon penumpang tidak perlu khawatir. Layanan ini pun berlaku untuk rute penerbangan mana pun baik domestik maupun internasional.
  2. Anda bisa melakukan web Check in dimana pun dan kapan pun baik itu di rumah atau di perjalanan menuju bandara untuk menghemat waktu.
  3. Gampangnya lagi, Anda bisa menggunakan PC atau mobile untuk melakukan web Check in. Khusus mobile, check in dapat dilakukan melalui aplikasi AirAsia yang diluncurkan pada bulan Mei 2015 lalu.
  4. Pelayanan web Check in yang ditawarkan AirAsia bisa dilakukan 24 jam sebelum pemberangkatan dan akan ditutup 60 menit sebelum pemberangkatan.

Tentu dengan berkembangnya kecanggihan teknologi, AirAsia turut berkontribusi memberikan kemudahan check in bagi calon penumpang. Itulah pembahasan mengenai maskapai penerbangan bertarif terjangkau dengan pelayanan terbaik AirAsia.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Informasi ini kurang lebihnya dapat membantu Anda mengetahui fasilitas, kelas, dan juga cara check in dari maskapai AirAsia. Informasi lebih lanjut terkait penerbangan, seperti informasi pesawat, tempat duduk, dan cabin dapat Anda dapatkan melalui situs web resmi AirAsia. Selamat menikmati perjalanan Anda nantinya!

Comments are closed.