Anda Warga Bogor, Ini Persyaratan Pembuatan Paspor yang Harus Anda Siapkan

Travel

Untuk Anda yang berdomisili di Bogor, berikut ini persyaratan pembuatan paspor yang harus Anda siapkan

Paspor merupakan salah satu syarat yang harus Anda miliki ketika ingin berpergian ke luar negeri. Pasalnya, kegunaan paspor ini sebagai bentuk identitas Anda selama di negara lain dalam artian menggantikan KTP. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui untuk membuat paspor, seperti domisili Anda tinggal. Alangkah baiknya jika Anda membuat paspor di Kantor Imigrasi sesuai alamat yang tertera pada KTP, misalnya Anda tinggal di Bogor. Jadi, Anda bisa langsung datang ke Kantor Imigrasi Kelas I di Bogor.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan pembuatan paspor. Pasalnya, masih ada diantara kalian yang permohonan pembuatan paspornya ditolak karena kurang lengkapnya persyaratan yang harus disiapkan. Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi pada Anda, berikut ini beberapa persyaratan pembuatan paspor di Bogor yang harus Anda siapakan.

Dokumen Persyaratan Pembuatan Paspor

KTP (kartu tanda penduduk)

Setiap warga negara Indonesia pasti memiliki dokumen yang satu ini. Pasalnya, dokumen ini yang menunjukkan kalau Anda memang berkewarganegaraan Indonesia. Ada minimum usia untuk mendapatkan KTP, yaitu mulai dari 17 tahun karena umur segitu sudah dinyatakan cukup dewasa.

Kartu Keluarga

Jangan lupa juga Anda menyertakan kartu keluarga disaat pembuatan paspor. Karena kartu keluarga menjadi dokumen untuk meperkuat jika Anda berkewarganegaraan Indonesia dan berhak membuat paspor Indonesia.

Akta Kelahiran

Jika Anda tidak memiliki akta atau hilang, persyaratan pembuatan paspor poin ini bisa diganti juga menggunakan ijazah ataupun buku nikah (jika sudah menikah).

Kartu Pelajar

Dokumen ini harus Anda lampirkan jika masih berstatus pelajar dan berusia dibawah 17 tahun. Otomatis belum memiliki KTP. Jadi, Anda bisa menggunakan kartu pelajar untuk pengganti KTP.

Surat Rekomendasi

Untuk memperkuat persyaratan pembuatan paspor, Anda bisa melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan tempat Anda bekerja. Surat ini menerangkan bahwa Anda berstatus sebagaii karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Paspor Lama

Paspor lama ini berlaku untuk yang hendak mengganti paspor lama dengan e-paspor atau perpanjang paspor. Jadi, jika ini pertama kali Anda pengajuan paspor, tentu dokumen ini tidak perlu disiapkan.

Pastikan dokumen-dokumen di atas sudah Anda siapkan sebelum pergi ke kantor Imigrasi. Sekedar informasi, Anda bisa mendaftar langsung ke kantor ataupun melalui website www.imigrasi.go.id. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut juga harus Anda fotokopi degan ukuran besar, yaitu kertas A4. Jika tidak difotokopi sesuai ketentuan, maka pihak imigrasi bisa saja mengembalikan dokumen tersebut dan menyatakan pengajuan paspor Anda ditolak. Namun, jika lupa Anda tidak perlu khawatir, karena di kantor imigrasi ada jasa fotokopi yang sudah mengetahui prosedur tersebut.

BACA JUGA: TATA CARA DAN PERSYARATAN PEMBUATAN PASPOR DENGAN MUDAH

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.