Apa Bedanya Sumpit Korea, Jepang, dan China?

Travel

Meskipun terlihat seperti sama, nyatanya ada beberapa perbedaan yang signifikan dari sumpit Korea, Jepang, dan China. Kira-kira apa saja ya?

Bukan hanya warna kulit, bentuk mata, dan juga bahasa yang membuat Korea, Jepang, dan China ini terlihat sama. Tetapi, kesamaan itu juga terlihat dari jenis makanan hingga alat makan yang digunakan sehari-hari, yaitu sumpit.

Sumpit sudah bukan menjadi barang yang baru jika Anda berkunjung ke restoran Korea, Jepang, dan China. Pasalnya, benda ini akan menjadi alat makan yang akan Anda gunakan. Akan tetapi, dari persamaan itu, jika Anda perhatikan lebih detail lagi, nyatanya ada banyak perbedaan yang signifikan antara sumpit Korea, Jepang, dan China. Lalu, apa saja ya yang menjadi perbedaan antara sumpit Korea, Jepang, dan China?

Sumpit Korea

Menurut sejarah, sumpit Korea itu berasal dari orang China yang membawa barang ini ke Korea, lho. Namun, perbedaan yang paling mencolok dari sumpit Korea ini, yaitu material yang digunakan. Sumpit Korea menggunakan bahan yang terbuat dari logam bahkan pada masa kerajaan di Korea, sumpit yang digunakan terbuat dari emas, perak, dan kuningan.
[quads id=2]
Nyatanya, di balik material yang dipilih ada alasan yang tersirat, yaitu secara historis orang kaya di sana sengaja membuat sumpit dari perak yang konon bereaksi dengan bahan-bahan kimia beracun sehingga dapat menggagalkan upaya pembunuhan seseorang.

Sumpit Jepang

Sumpit Jepang atau yang disebut Hashi ini memiliki ukuran yang paling pendek dibandingkan sumpit Korea dan China. Hal ini dikarenakan, banyaknya orang Jepang yang terbiasa makan berdekatan dengan mangkuk, sehingga tidak membutuhkan sumpit yang panjang. Selain itu, sumpit Jepang lebih terbuat dari bamboo atau kayu dan memiliki ujung yang lancip. Mengapa lancip? Karena orang Jepang gemar sekali makan ikan dan ujungnya yang lancip memudahkannya untuk mengambil tulang ikan.
[quads id=5]

Sumpit China

Berbeda dari yang lain, sumpit China memiliki bentuk yang panjang serta bagian ujungnya seperti sumpit Korea, yaitu tumpul. Untuk material yang digunakan, sumpit China memiliki dua bahan, yaitu bambu dan juga melamin. Sebenarnya, dulu sumpit China ini digunakan untuk memasak dan menyajikan makanan oleh karena itu memiliki ukuran yang panjang. Namun, seiring perkembangan waktu, hingga kini sumpit juga menjadi salah satu alat makan dan bentuknya menjadi lebih pendek.

Setelah membaca artikel ini, jadi bertambah ya pengetahuannya. Meksipun sama-sama menjadi alat makan yang utama, tetapi ada banyak sekali perbedaan.

Comments are closed.