Potensi Wisata Archipelago di Laut Jawa

Travel

Disebut sebagai Negara Archipelago membuat Indonesia semakin dipandang dunia sebagai salah satu negara pariwisata yang memiliki keindahan alam luar biasa. Khususnya di pulau Jawa. Setuju?

Indonesia besar sebagai negara archipelago, atau yang sering kali disebut dengan negara kepulauan. Gugusan pulau yang berderet di seluruh penjuru negeri ini, membuat Indonesia menjadi salah satu Negara yang kaya. Baik akan kekayaan alam lautnya, hingga potensi pariwisata yang tak bisa dianggap remeh.

Setidaknya ada lima pulau besar di Indonesia, yang dikelilingi oleh puluhan ribu pulau-pulau kecil. Yaitu, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, dan Irian Jaya. Setiap daerahnya, memiliki kekayaan laut yang berbeda-beda satu sama lain. Ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Baik yang datang dari dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Keindahan laut Indonesia bagian Timur sudah bukan rahasia lagi. Sebagai negara archipelago, Indonesia memang kaya akan wisata alam baharinya. Sebut saja Bunaken dan Raja Ampat. Menyebut dua kawasan tersebut langsung menyiratkan pesona bawah laut yang eksotik, dengan aneka hewan dan tanaman laut yang khas nan cantik.

Namun, perlu ongkos yang tak murah untuk dapat menikmati kedua pesona bawah laut tersebut. Nah, untuk dapat menikmati keindahan bawah laut yang tak kalah cantiknya, masih ada kawasan bawah laut pulau Jawa yang dapat dinikmati.

Baca juga: Pulau Buatan: 10 Daftar Paling Menakjubkan di Dunia

Melihat Pesona Archipelago di Banyuwangi

Jika selama ini yang banyak dikenal dengan wisata alam nan eksotiknya adalah pulau dewata, Bali, cobalah sekali-kali berkunjung ke Banyuwangi. Salah satu kota yang letaknya di bagian paling timur Pulau Jawa ini, menawarkan sejuta keindahan alam archipelago yang tak kalah dengan daerah lain.

Pantai Wedi Ireng

Setidaknya, ada beberapa pantai yang masih terus digali dan dikembangkan potensinya. Salah satu yang paling unik adalah Pantai Wedi Ireng. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Oleh karena belum banyak yang tahu, tak heran jika pantai wedi ireng di Banyuwangi ini masih sangat terjaga keindahan alamnya.

archipelago indonesia

Tak hanya tentang bentangan pasir hitamnya, pantai wedi ireng juga dikelilingi dengan perbukitan hijau yang membuat pemandangan di sekitarnya tambah indah. Sedangkan, warna air laut yang biru, dan hembusan angis sepoi khas tepi pantai, membuat para wisatawan akan betah berlama-lama menikmati pantai ini.

Berselancar di G-Land

Anda gemar berselancar di atas ombak? Ada satu pantai di Banyuwangi yang laik untuk ditaklukkan ombaknya. Yaitu G-Land. Ya, berbeda dengan nama pantai pada umumnya, G-Land memang menawarkan sebuah wisata pantai dengan ombak yang besar namun konstan.

G-Land berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo. Tak hanya menawarkan keindahan pantai dengan tujuh gulungan ombak saja, namun yang menjadikannya unik adalah warna air laut yang merupakan perpaduan antara putih, biru, dan hijau. Selain itu, pantai ini tergolong masih sepi. Sehingga keindahan naturalnya masih sangat asli.

Menyelam di Pulau Tabuhan

Nah, setelah menguak keindahan pantai bagi pecinta surving di Banyuwangi, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke pantai yang memiliki keindahan bawah laut. Ini tentu menjadi kabar baik bagi para wisatawan yang gemar diving atau menyelam. Bagaimana tidak, jika menurut kabar untuk dapat menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa, Anda harus ke Indonesia Timur, ternyata di Banyuwangi pun ada.

Baca juga: 5 Destinasi Favorit Objek Wisata Pulau Sentosa

Pulau Tabuhan, memiliki lokasi di Desa Brangsing, Wongsorejo, Banyuwangi. Ini merupakan pulau yang terletak di Selat Bali. Memiliki air yang jernih dan masih bersih, membuat Pulau Tabuhan tak segan ‘memamerkan’ keindahan bawah lautnya.

Setidaknya ada jutaan ikan aneka jenis dan rupa yang hidup di sana. Belum lagi dengan berbagai bentuk dan warna bunga karang, terumbu karang, dan spesies hewan laut lainnya. Sungguh, sangat cocok bagi Anda yang ingin menyelam tanpa harus menempuh jarak yang terlalu jauh. Dan jika Anda beruntung, Anda akan bertemu dengan sekelompok burung Maleo yang sedang bermigrasi.

Tak suka diving atau snorkeling? Tak apa. Pulau Tabuhan juga dapat dinikmati sunset dan sunrise-nya. Ya, tak sedikit pula wisatawan yang mengunjungi Pulau Tabuhan hanya untuk sekedar berjemur dan bermain air ditepi pantai.

Pesona wisata archipelago di Banyuwangi akan terus bertambah, seiring dengan komitmen pemerintah daerahnya, yang memang sedang terus melakukan pengembangan demi meningkatkan pelayanan dan potensi pariwisatanya.

Diving di Laut Sekitar Ibu Kota, Mengapa Tidak?

Rasanya bukan hal yang masuk akal untuk dapat menikmati pesona bawah laut di Jakarta. Ya, bagaimana mungkin, ibu kota yang padat penduduk itu memiliki keindahan bawah laut yang bisa dinikmati?

Tapi, jangan salah. Jakarta yang dikelilingi oleh gugusan pulau yang terletak di kepulauan seribu ini, masih menawarkan wisata archipelago untuk masyarakat. Ya, sekitar 45 kilometer saja dari ibu kota Jakarta ada beberapa spot menarik untuk diving dan snorkeling. Bagi para pemula, bahkan spot ini sangat ramah. Tak perlu menyelam terlalu dalam untuk mendapat keindahan aneka biota laut.

Baca juga: Pantai Pink di Labuan Bajo dan Beragam Fakta Menariknya

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sebagai negara archipelago yang terdiri dari gugusan pulau-pulau, tak heran jika ada sangat banyak tempat-tempat yang menawarkan keindahan bawah laut di Indonesia. Terkadang, karena fokus pada yang jauh, daerah yang dekat tak terlihat potensinya.

Coba Pulau-pulau Archipelago Ini untuk Berlibur

Begitupula dengan Kepulauan Seribu. Setidaknya, yang paling banyak dikunjungi sepanjang tahun, adalah Pulau Pari dan Pulau Pramuka. Di kawasan laut sekitar pulau tersebut, Anda tak perlu menyelam terlalu dalam. Karena hanya di kedalaman 6 hingga 10 meter saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Nah, bagi Anda yang sudah mahir dan memiliki kemampuan menyelam yang baik, maka Anda dapat menjelajah berbagai pulau-pulau lain di kepulauan seribu, Jakarta. Dengan tingkat kedalaman yang lebih, tentu menawarkan pesona yang jauh lebih menakjubkan. Namun, berhati-hatilah, karena di kedalaman laut yang mencapai puluhan meter itu, arus ombaknya cukup kencang. Jadi, untuk para pemula, jangan coba-coba ya.

Salah satu keuntungan Indonesia sebagai negara archipelago memang datang dari potensi wisata lautnya. Tak hanya tentang pantai dan keindahan bawah lautnya saja. Namun juga berbagai produk yang didapat dari laut, seperti ikan, udang, kepiting, lobster, dan lain sebagainya. Jadi, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga Laut Indonesia.

Comments are closed.