Bagaimana Cara Mengajukan Visa Dubai?

Travel

Dubai memang menjadi destinasi yang akan memberikan pengalaman berbeda. Namun, pastikan semua kelengkapan untuk mengunjungi Dubai sudah terselesaikan, khususnya untuk visa Dubai.

Tidak dipungkiri memang sejak beberapa tahun silam, Dubai memang menjadi sorotan dunia dari berbagai aspek, salah satunya dari sisi pariwisata. Semenjak berkembangnya pariwisata Dubai, hampir semua wisatawan asing berbondong-bondong untuk berkunjung dan menikmati keindahan Dubai. Dubai merupakan salah satu dari tujuh kota terpadat di Uni Emirat Arab. Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab, Dubai termasuk kota metropolitan yang berkembang sangat pesat.

Ada banyak sekali tempat mewah yang sangat menakjubkan dan terkenal di seluruh di dunia, sebut saja Burj Al Arab yang merupakan salah satu hotel di Dubai dengan konsep dan arsitektur mewah. Bagaimana tidak menakjubkan dunia, pasalnya hotel ini dibangun di atas sebuah pulau buatan dengan memiliki ketinggian mencapai 321 meter. Bukan hanya itu, Burj Khalifa yang digadang-gadang sebagai menara tertinggi di dunia ini menjadi destinasi yang wajib sekali dikunjungi oleh turis mancanegara.

Masih ada banyak sekali tempat wisata di Dubai yang harus disinggahi. Tidak heran jika setiap tahunnya, wisatawan yang berkunjung ke Dubai selalu meningkat. Bagi Anda masyarakat Indonesia yang ingin berlibur ke Dubai, tentu sangat bisa sekali. Namun, seperti negara lainnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah visa Dubai. Pasalnya, untuk menginjakkan kaki di Dubai, para turis harus memiliki visa. Lalu, bagaimana caranya untuk mengajukan permohonan pembuatan visa Dubai?

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Cara mengajukan permohonan visa Dubai Anda

VFS masih menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mengajukan permohonan visa Dubai. Sebenarnya untuk pengajuan visa Dubai ini hampir sama dengan pengajuan visa ke negara lain. Namun, untuk visa ke Dubai ini mungkin persyaratannya jauh lebih mudah untuk dipenuhi. Nah, kira-kira apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa ke Dubai?

Formulir Permohonan

Syarat pengajuan visa Dubai yang pertama, Anda harus mengunduh formulir permohonan visa di website resmi VFS secara online atau Anda juga datang langsung ke kantor VFS yang berada di Kuningan City Mall.

Siapkan Pas Foto

Setelah mendapatkan formulir, siapkan dua pas foto ukuran 3.5 cm x 4.5 cm berlatar putih dengan gaya foto formal. Pastikan telinga Anda terlihat saat difoto. Siapkan foto ini sebelum menyerahkan formulir guna mempercepat proses pembuatan visa.

Siapkan Paspor

Setiap wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya membutuhkan sebuah paspor. Paspor adalah identitas Anda selama berada di luar negeri. Siapkan paspor asli maupun fotokopi untuk diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Bukti Keuangan

Syarat visa ke Dubai berikutnya adalah membawa bukti keuangan dengan melampirkan rekening koran dengan jangka waktu tiga bulan terakhir. Anda dapat mencetak di bank terkait kemudian meminta legalisir. Hal ini didasarkan untuk menanggung biaya yang dibutuhkan serta bukti keadaan keuangan pemohon yang ingin ke luar negeri. Meski begitu, pihak kedutaan tidak pernah menyebutkan secara pasti jumlah saldo minimum.

Untuk syarat yang satu ini, usahakan untuk tidak memberikan keterangan yang palsu. Misalnya, secara medadak Anda mendapatkan transfer dana yang besar hanya untuk disetujuinya pengajuan visa. Padahal, cara ini bisa membuat kecurigaan yang besar dari phak kedutaan. Jadi, Anda harus hindari cara tersebut.

Baca juga: Membuat Visa Rusia Sulit? Tidak Sama Sekali!

Bukti Reservasi Tiket Pesawat

Syarat pengajuan visa ke Dubai selanjutnya adalah tiket pesawat. Jangan lupa untuk lampirkan reservasi atau bukti bahwa Anda sudah memiliki tiket pesawat. Satu hal yang penting, Anda harus membeli tiket pesawat pulang-pergi.

Bukti Reservasi Penginapan

Selain bukti tiket pesawat, Anda juga harus menyerahkan bukti reservasi penginapan yang akan Anda tempati selama di Dubai. Namun, jika Anda mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal di sana, Anda hanya perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Walikota setempat, surat pernyataan berapa lama Anda tinggal di sana, serta alamat lengkap tempat Anda menginap di sana.

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah syarat visa yang menjadi jaminan jika Anda memiliki pekerjaan di Indonesia dan akan balik lagi ke Indonesia sesuai waktu yang ditentukan. Surat ini juga sebagai bukti bahwa Anda mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia sehingga tidak akan melarikan diri ke negara terkait untuk mencari kerja atau menjadi seorang imigran gelap. Bila Anda seorang pengusaha atau profesional, Anda perlu melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha atau Profesi. Untuk Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga, Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan suami bekerja. Sementara itu bagi Anda seorang pelajar, Anda perlu melampirkan surat keterangan kampus atau sekolah terkait.

Membuat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Intinerary atau rencana perjalanan juga menjadi syarat visa Dubai. Buatlah rencana perjalanan sedetail mungkin baik dari tanggal dan jamnya. Agar pihak kedutaan tahu kegiatan dan tempat mana saja yang akan Anda kunjungi selama di Dubai.

Aturan dan Ketentuan Pengajuan Visa Dubai

  1. Biaya visa harus dibayar pada saat pengajuan.
  2. Biaya visa tidak dapat dikembalikan.
  3. Waktu pemrosesan visa kurang lebih tiga hingga empat hari kerja.
  4. Izin masuk ke UEA tergantung pada persetujuan imigrasi.

Selama liburan ataupun melakukan perjalanan di Dubai, proteksi perjalanan Anda dengan memiliki asuransi perjalanan yang bisa Anda beli di Futuready.com. Agar perjalanan semakin aman dan nyaman.

Comments are closed.