Barang-barang Wajib untuk Liburan Naik Gunung

Travel

Liburan naik gunung harus dengan persiapan yang matang, Anda sebagai pendaki pemula ini barang-barang yang harus dibawa saat liburan naik gunung.

Sebagai pendaki pemula seringkali bingung apa saja sih barang-barang yang wajib dibawa untuk mendaki gunung. Selain membutuhkan fisik dan pengetahuan yang cukup, yang paling penting perlengakapan liburan naik gunung harus lengkap dan bisa menunjang segala aktivitas pendakian Anda.

Hobi mendaki gunung bisa dibilang suatu kegiatan yang cukup mempunyai risiko, karena bisa-bisa Anda dihadapkan dengan kondisi alam dan cuaca yang menantang dan esktrem walaupun tidak bisa diprediksi sebelumnya. Tapi hal seperti itu tidak harus membuat Anda berhenti untuk melakukan hobi ini.

Baca Juga: Pastikan Traveling Anda Menyenangkan dengan 5 Hal Ini

Untuk Anda sebagai pemula yang ingin mendaki gunung, ini barang-barang yang wajib dibawa.

Tas Gunung (Carrier)

Barang utama yang pasti harus dibawa ada tas, jangan tas ransel biasa ya melainkan tas gunung atau carrier. Fungsi dari tas gunung adalah membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan seperti pakaian, kebutuhan logistik, dan barang-barang pribadi selama berada di alam terbuka. Jika perjalanan pendakian membutuhkan waktu dua hari satu malam Anda bisa menggunakan carrier dengan ukuran 40 liter.

Pilihlah tas gunung atau carrier yang membuat Anda nyaman dan kuat, karena dengan begitu membuat pendakian Anda lebih mudah. Jangan lupakan juga rain cover-nya untuk melindungi dari hujan, biasanya satu paket dengan tasnya.

Sepatu atau Sendal Gunung

Namanya juga mendaki gunung dengan menggunakan kaki, pastinya pijakan kita harus aman. Anda bisa memilih sepatu gunung atau sendal gunung, yang peting membuat Anda nyaman dan tentunya aman karena didesain untuk jalur pendakian dengan cengkeraman yang kuat.

Sleeping Bag

Kenapa sleeping bag diperlukan untuk mendaki gunung, cuaca yang dingin begitu berada di alam terbuka pastinya ingin waktu istirahat Anda juga nyaman. Kegunaan sleeping bag di sini bisa menahan serta memantulkan panas yang berasal dari tubuh kita sendiri.

Sleeping bag akan bekerja dengan baik apabila pemakainya bisa mengeluarkan panas tubuh. Perhatikan juga dalam memilih sleeping bag yang dapat menutup tubuh Anda pada bagian ujung kaki untuk dapat nmemberikan kehangatan yang cukup.

Jas Hujan

Bawa Jas hujan saat sedang mendaki, karena Anda tidak akan mengetahui perubahan cuaca yang tiba-tiba. Tidak hanya berfungsi ketika Anda sedang naik motor tapi juga dapat melindungi tenda dari hujan deras ketika tenda mulai rembes untuk melindungi bagian tenda yang terkena rembesan air.

Makanan dan Minuman Beserta Alat Makan dan Minum

Selain membawa persiapan makanan atau minuman dan logistikc lainnya selama Anda berada di gunung, bawa juga peralatan makan yang multifungi misalnya sendok yang ujungnya seperti garpu, gelas, dan botol air untuk minuman yang portable dan terbuat dari aluminium hal ini akan lebih praktis awet dan tidak akan pecah.

Obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang sekiranya akan Anda hadapi dengan pegunungan, seperti balsam oles untuk nyeri sendi, obat luka, dan juga plester, obat flu, obat anti alergi, obat sakit perut, minyak kayu putih, dan obat anti-masuk angin.

Senter dan Headlamp

Bawalah senter dengan lampu LED karena dapat menembus kabut atau cahaya kuning, dengan itu akan membantu Anda untuk menemukan track jalan. Juga siapkan head lamp yaitu senter kepala.

Baterai Cadangan

Gunanya di sini adalah untuk keadaan darurat saat butuh sumber daya, seperti baterai handphone, baterai senter, baterai lampu tenda dll.

Trekking Pole

Kegunaan tongkat ini adalah untuk memberikan keseimbangan tambahan di jalur pendakian, bisa menjadi penopang ketika melewati tanjakan atau turunan. Dengan tongkat ini akan memberikan Anda kenyamanan saat melewati jalur pendakian dengan aman.

Baca Anda: 4 Cara Agar Bisa Liburan Hemat

Kantong Plastik untuk Sampah dan Pakaian Kotor atau Basah

Pentingnya untuk membawa kantong palstik pakaian kotor, supaya tidak tercampur dengan barang-barang yang ada di dalam tas carrier. Sedangkan plastik sampah untuk mengumpulkan sampah-sampah yang telah kita hasilkan di gunung, agar tidak buang sembarang sayangilah alam, maka alam akan menyayangi Anda.

Tenda

Jika Anda berencana menginap di gunung tentu saja tenda wajib dibawa. Tenda sebagai tempat yang akan melindungi kita dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lain. Bila Anda mendaki secara berkelompok pilihlah tenda yang sesuai dengan jumlah orangnya

Lain-Lain

Hal-hal lainnya yang harus Anda persiapkan juga adalah kupluk, masker, decker, pisau, peralatan kebersihan diri, hingga alat navigasi.

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready!

liburan naik gunung

Sekarang saatnya Anda mempersiapkan semua perlengkapan barang -barang untuk naik gunung. Anda yang sedang merencanakan perjalanan liburan naik gunung, jangan lupakan juga ya dengan asuransi perjalanan atau kecelakaannya temukan yang sesuai kebutuhan Anda di Futuready asuransi online, cara belanjanya mudah dan tidak ribet.

Leave a Reply