Sebelum Berobat ke Luar Negeri Perhatikan 5 Hal Ini!

Travel

Berobat ke luar negeri masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai dana yang cukup. Tapi, sebelum memutuskan untuk pergi ke luar negeri, alangkah baiknya Anda cari tahu dan pelajari secara mendalam. Agar proses pengobatan berjalan lancar dan aman serta tidak menghabiskan biaya dan waktu yang terlampau banyak.

cara membuat surat dokter

Meski telah berkembang pesat dan memiliki teknologi yang canggih, nyatanya masyarakat di Indonesia lebih memilih berobat ke negara lain daripada di negeri sendiri. Khususnya, untuk orang dengan kemampuan finansial yang memadai. Salah satu faktor mengapa minat masyarakat berobat di luar negeri tinggi adalah pengalaman yang mereka rasakan dan dapatkan.

Hal ini membuat jumlah pasien asal Indonesia yang berobat di luar negeri meningkat setiap tahunnya. Bahkan, pada 2015, Kemenkes RI mencatat bahwa pasien tanah air yang pergi berobat sebanyak 600.000 pasien. Sebenarnya, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan penanganan medis yang memadai, karena di Indonesia pun sudah banyak rumah sakit yang memiliki pelayanan dan teknologi berstandar internasional.

Tapi, jika Anda mempunyai keinginan untuk berobat ke negara lain, pastikan Anda telah mempertimbangkannya dengan sangat matang. Selain itu, ada hal yang perlu Anda siapkan sebelum berangkat. Apa saja hal tersebut?

Baca juga: Tangani Penyakit Serius dengan Pengobatan Rawat Jalan

Ingin berobat di negara lain? simak tip di bawah ini ya!

Cari Informasi Mendalam

Di negara dan rumah sakit mana Anda akan berobat, dengan dokter siapa Anda ingin ditangani, dan bagaimana penanganan yang Anda inginkan? Pertanyaan ini tentu menjadi hal mendasar yang wajib Anda dapatkan jawabannya. Pastikan Anda mendapatkan rumah sakit, dokter, dan penanganan yang tepat. Kalau tidak, tentu akan semakin banyak biaya dan waktu yang harus Anda keluarkan.

Jadi, langkah bijak yang harus Anda lakukan adalah cari dan kumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu. Informasi ini mencakup banyak hal, seperti negara dan rumah sakit yang akan Anda datangi, layanan apa saja yang bisa dan akan Anda dapatkan, berapa total biaya yang harus Anda keluarkan, dan lainnya.

Cek Layanan Asuransi Kesehatan Anda

klaim asuransi kesehatan

Bagi Anda yang memiliki asuransi kesehatan, tentu hal ini dapat mengurangi beban biaya yang harus Anda keluarkan untuk berobat. Makanya, Anda perlu menghubungi perusahaan asuransi kesehatan yang Anda gunakan dan menanyakan segala sesuatunya dengan detail.

Anda juga diizinkan untuk menanyakan pertanggungan apa saja yang didapatkan saat melakukan pengecekan kesehatan. Jika semua informasi ini sudah Anda dapatkan, Anda dapat membuat anggaran yang harus Anda sediakan untuk rencana penyembuhan di luar negeri yang tidak dijamin oleh asuransi kesehatan Anda.

Baca juga: Alur Rekam Medis Rawat Jalan dan Inap di Rumah Sakit

Siapkan Dokumen Perjalanan Sebelum Berobat ke Luar Negeri

Bila dua langkah di atas sudah Anda selesaikan, selanjutnya adalah persiapkan dokumen perjalanan secara lengkap, termasuk surat rujukan dari dokter Anda di Indonesia. Untuk penyakit tertentu, Anda mungkin akan membutuhkan surat keterangan izin terbang dari pihak rumah sakit atau dokter.

Jangan lupa untuk menghubungi rumah sakit atau dokter yang akan Anda kunjungi di luar negeri dan tanyakan secara jelas dokumen apa saja yang Anda butuhkan untuk pengobatan yang akan Anda terima di sana. Serta jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan sebelum pergi ke luar negeri. Agar perjalanan Anda semakin aman dan nyaman.

Bawa Semua Rekam Medis Anda

mengenal buku besar

Dokter di rumah sakit yang Anda tuju di luar negeri harus mengetahui sejarah kesehatan Anda secara menyeluruh untuk bisa melakukan pemeriksaan dan penanganan. Bawa semua rekam medis yang Anda dapatkan dari rumah sakit di Indonesia. Seperti hasil pemeriksaan laboratorium dan salinan resep dan jangan lupa, Anda juga perlu surat keterangan dokter untuk obat-obatan yang perlu diminum dalam perjalanan.

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Hubungi Maskapai Penerbangan

Setiap maskapai punya regulasi tentang penumpang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Biasanya, mereka menetapkan persyaratan yang ketat karena membawa penumpang sakit itu sangatlah berisiko. Maka, tanyakan secara detail kepada maskapai yang akan Anda gunakan. Seperti syarat terbang bagi penumpang sakit, layanan pendampingan, dan fasilitas apa saja yang tersedia di dalam pesawat.

Dengan mempersiapkan hal terlebih dulu terlebih dulu, Anda akan semakin tenang dan aman saat melakukan pengobatan di luar negeri. Tapi, semoga Anda sehat selalu dan terhindar dari berbagai penyakit ya!

Comments are closed.