Bijak Berbelanja di Toko Duty Free dengan Cara Ini!

Travel

Toko duty free menawarkan berbagai barang dengan harga jauh lebih murah dari toko-toko pada umumnya. Hal ini tak lain karena barang-barang di toko duty free bebas dari pajak. Meskipun begitu, kita tetap harus bijak saat berbelanja di toko tersebut agar tidak menguras isi dompet.

Bagi yang suka bepergian ke luar negeri, salah satu hal yang tak mungkin terlewatkan pasti belanja di toko duty free alias bebas pajak di bandara. Banyak orang yang tertarik untuk menggelontorkan uangnya di toko duty free ini dengan alasan harga barang lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh toko-toko pada umumnya.

Produk yang dijual di toko duty free ini pun beragam, mulai dari suvenir hingga barang-barang mewah dengan harga dan nilai tinggi. Satu hal yang terlintas di kepala saat berbelanja di toko duty free pasti bisa dapatkan barang bagus dengan harga murah karena tak terkena pajak.

Meski menguntungkan, berbelanja di toko duty free haruslah bijak. Sebab harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah, hasrat untuk berbelanja sangatlah besar. Alhasil, uang yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain jadi terpakai.

Agar terhindar dari hal tersebut, baiknya pahami dan terapkan tip aman berbelanja di toko duty free berikut!

Ketahui Aturan Bea Cukai Saat Berbelanja di Duty Free

Saat berbelanja di toko duty free, rasanya kita ingin membeli semua yang kita inginkan. Tapi, jangan kaget jika setibanya di tanah air, petugas bea cukai menahan beberapa barang yang sudah kita beli. Ya, meski berlabel bebas pajak, kita tetap harus memahami batasan yang dibuat oleh bea cukai terkait barang-barang tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya cari tahu lebih dulu barang apa saja dan berapa jumlah yang diperbolehkan oleh bea cukai. Sanksi yang diberikan oleh bea cukai terhadap barang-barang bebas pajak dalam jumlah yang berlebih sangatlah tegas, mulai dari perhitungan pajak sesuai ketentuan yang berlaku, penahanan barang, hingga pemusnahan barang.

Maka dari itu, jangan tidak mempertimbangkan hal tersebut agar belanjaan yang sudah dibeli tidak menimbulkan kendala saat Anda sampai di Indonesia.

Cek Harga Asli Produk

Jika Anda beranggapan bahwa semua harga barang yang dijual di toko duty free lebih murah, Anda salah besar. Jika dicek dengan teliti, Anda akan menemukan barang yang harganya lebih tinggi dari harga resmi bahkan harga pasarannya. Hal ini tentu akan membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Cara terbaik untuk hindari kejadian ini adalah dengan mengecek lebih dulu harga barang yang akan dibeli di situs belanja online resmi dan toko-toko besar lainnya. Kalau harga yang ditawarkan di toko duty free lebih mahal, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli barang tersebut demi keamanan keuangan Anda.

Membuat Daftar Barang yang Ingin Dibeli di Duty Free

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan saat berbelanja di toko duty free adalah tidak membuat daftar barang apa saja yang ingin dibeli sebelumnya. Ketika tiba di toko, mata kita seperti tersihir melihat barang-barang yang disuguhkan oleh toko tersebut.

Dampaknya, apa yang seharusnya tidak kita butuhkan jadi kita beli. Menyesal pun tak ada gunanya ketika barang sudah terlanjur dibeli. Itulah alasan mengapa kita perlu membuat daftar barang apa saja yang ingin dibeli di duty free. Jadi, sejak awal, kita sudah memagari diri dari hasrat belanja berlebih.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Beli Barang yang Berpajak Tinggi di Duty Free

Ketika berkunjung ke duty free, satu hal yang kita inginkan pasti mendapatkan barang dengan harga tinggi dan bebas biaya pajak. Maka dari itu, alangkah baiknya kita tak terburu-buru saat berbelanja di toko tersebut. Kelilingi dulu satu per satu, lihat barang apa saja yang seharusnya terkena nilai pajak tinggi.

Sebaiknya, tak perlu membeli pakaian dari toko duty free, karena pajak pakaian tidaklah besar. Jadi, harganya tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan oleh toko-toko pada umumnya. Belilah barang mewah dan bernilai tinggi, seperti parfum, cerutu, dan tas.

Ingat, tujuan berbelanja di duty free adalah mengeluarkan uang seminimal mungkin dan mendapatkan barang semaksimal mungkin. Mari lebih bijak saat berbelanja untuk keuntungan dan kebaikan Anda sendiri.

Comments are closed.