Bukit Bintang dan Fakta Menarik yang Perlu Anda Ketahui

Travel

Bukit Bintang menjadi salah satu objek wisata yang digilai banyak orang sekarang ini. Jangan hanya menikmati indahnya, cari tahu juga faktanya!

Siapa yang tidak tahu Bandung? Nama ibu kota provinsi Jawa Barat ini memang sudah dikenal oleh para pecinta traveling di tanah air. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Bandung memiliki segudang tempat wisata yang menarik, mulai dari kuliner hingga wisata alamnya.

Soal wisata alam, Bandung pun punya banyak sekali objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing, terlebih saat akhir pekan. Tak melulu Lembang dan Ciwidey, nyatanya Bandung punya tempat wisata yang tak kalah menarik saat ini, yakni Bukit Bintang.

Bukit yang berlokasi tak jauh dari pusat kota ini bisa jadi opsi. Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tempat ini pun terbilang asri, sehingga pengunjung akan merasakan kesejukan alami. Di balik keindahannya, Bukit Bintang juga memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui. Penasaran? Yuk, kita simak bersama di bawah ini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Glamping di Bandung

Fakta Menarik Bukit Bintang

Dahulunya Cuma Hutan Pinus Sadapan

Dahulunya, tempat ini hanyalah hamparan hutan pinus sadapan yang dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara dan hanya dimanfaatkan getahnya saja. Baru pada 2014, pengelola mulai membuka area kawasan hutan pinus untuk dikomersilkan dan diberi tambahan fasilitas yang memadai dengan tampilan wajah baru yang menarik. Pembukaannya sendiri diresmikan oleh kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten pada 23 September 2016 yang lalu.

Spot Favorit Bagi Pemburu Senja

Berada di ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut membuat Bukit Bintang menjadi spot menarik untuk menikmati keindahan panorama tenggelamnya matahari atau sunset. Selain itu, kela-kelip lampu di kota Bandung yang mulai menyala menyambut senja juga turut menambah pesonanya. Ditambah lagi siluet pepohonan pinus yang terkena cahaya temaram kemerahan senja mungkin tak akan didapatkan di tempat lain.

Suhu Udara yang Dingin dan Berkabut

Lokasi tempat ini berada di 1.442 mdpl. Hal ini membuat Bukit ini selalu berhawa sejuk dan cenderung dingin serta berkabut. Oleh karena itu, jika ingin berkunjung salah satu spot wisata terbaru di wilayah Bandung ini jangan lupa membawa jaket agar tak menggigil kedinginan.

Selain itu, udaranya masih sangat bersih, karena belum banyak polusi yang masuk dan juga pohon-pohon pinus di sepanjang kiri dan kanan menambah pasokan oksigen sehingga terasa begitu segar.

Sering Disebut Bukit Moko

Letaknya yang berdekatan dengan kawasan Bukit Moko membuat Bukit Bintang sering salah disebutkan sebagai Bukit Moko oleh warga atau pengunjung yang datang. Hal ini sebetulnya karena objek wisata Bukit Moko yang selain letaknya hanya beberapa ratus meter saja dari Bukit Bintang namun memang sudah lebih dulu dikenal luas oleh para wisatawan. Meskipun demikian, hal tersebut tak lantas membuat pengunjung berkurang untuk mengunjungi bukit ini.

Baca juga: 8 Pemandian Air Panas di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Camping Ground yang Menarik

Bagi pengunjung yang hobi melakukan kamping atau kemah, berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat sebab pengelola juga menyediakan area untuk kamping. Sambil berkemah, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian yang tak mungkin bisa dinikmati jika berada dekat.

Namun, karena belum menggunakan sistem pemesanan, saat Anda ingin kamping ke Bukit Bintang, Anda bisa langsung datang dan melakukan pembayaran. Setiap pengunjung yang ingin kamping akan dikenakan biaya Rp20.000,00 tiap orang, dengan biaya parkir sebesar Rp15.000,00.

Tempat Foto dengan Spot yang Indah

Bukit Bintang memiliki banyak spot yang sangat menarik serta menakjubkan dan bisa dikatakan Instagramable. Destinasi wisata ini sering kali dikunjungi saat hari menjelang sore hingga tengah malam. Tentunya ingin berburu pemandangan cantiknya saat matahari terbenam dan juga malam hari yang bertabur bintang.

Bintang di Kota Bandung

Sesungguhnya penamaan Bukit Bintang tak lepas dari letaknya yang berada di ketinggian dan jauh dari keramaian kota. Sehingga mudah memandang bintang di langit. Namun, selain itu, ada sebuah ikon bintang di Bukit Bintang yang semakin menegaskan namanya sebagai Bukit Bintang. Tak hanya dapat melihat keindahan bintang yang bertaburan di langit, tapi juga “bintang” yang ada di bumi. “Bintang” tersebut adalah kelap-kelip hamparan hiruk-pikuk lampu kota Bandung yang seakan tak ada matinya.

Akses yang Butuh Perjuangan

Jalan menuju Bukit ini bisa dibilang butuh perjuangan, sebab kontur tanah perbukitan yang naik turun serta jalan yang licin dan sempit akan membuat pengunjung sedikit kesulitan untuk mencapai tempat ini. Terlebih rute akses menuju Bukit Bintang yang melalui jalan Padasuka memang dikenal memiliki tanjakan curam dan kelokan yang disa dikatakan tajam. Sehingga, jika ingin melalui jalan tersebut diperlukan kemampuan mengemudi yang mumpuni dan kehati-hatian yang tinggi agar selamat sampai tujuan.

Baca juga: Wow Keren! Yuk, ke 7 Daftar Tempat Wisata ‘Gratis’ Ini!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Romantis di Malam Hari

Jika di siang hari Bukit Bintang tak begitu menarik dan hampir tak terlihat sisi romatisnya, maka coba datang di sore menjelang malam hari. Cahaya siluet dari matahari terbenam disambut gemerlap bintang di langit dan kelip cahaya lampu dari kota Bandung akan membangkitkan suasana romantis. Tak heran jika banyak muda-mudi yang mengunjungi destinasi wisata terbaru di kota Bandung ini bersama pasangan.

Sulit untuk Lihat Matahari Terbit

Tak seperti berburu sunset yang cukup mudah, saat di Bukit Bintang, pengunjung akan sedikit kesulitan saat ingin mengabadikan momen terbitnya matahari dari ufuk timur.

Hal ini karena wilayah perbukitan di sekitar tempat ini sedikit menghalangi pandangan ketika matahari mulai terbit. Oleh karena itu, jika ingin melihat matahari terbit, sebaiknya jangan menuju tempat ini. Tapi, pemandangan pohon pinus setelah matahari terbit di tempat ini tak kalah menarik untuk dipandang.

Dari fakta menarik yang diungkapkan di atas, mana yang sudah Anda ketahui sebelumnya? Nah, bagi Anda yang belum pernah ke Bukit Bintang, siapkan waktu untuk berkunjung ke sana dengan orang terdekat!

Comments are closed.