Fakta Menarik dan Keistimewaan Bunga Tulip Belanda

Travel

Bunga tulip Belanda merupakan pelabelan dari banyak pihak karena di negara tersebut banyak sekali varietasnya. Tapi, tahukah Anda fakta menarik bunga ini?

Saat mendengar bunga tulip, pasti yang terlintas pertama di kepala kita semua tak lain adalah Belanda. Ya, Belanda memang memiliki banyak sekali taman dan varietas bunga tulip. Tak heran jika bunga tersebut sering disebut dengan bunga tulip Belanda.

Tapi, faktanya banyak orang yang belum tahu bahwa bunga tulip bukanlah asli dari Belanda. Selain itu, masih banyak fakta lain seputar bunga tersebut yang belum banyak diketahui khalayak. Apa saja? Mari kita lihat di bawah ini!

Baca juga: Persyaratan Wajib untuk Pengajuan Visa Belanda yang Harus Anda Siapkan

Fakta Menarik Seputar Bunga Tulip Belanda

Jumlah Spesies

Jumlah spesies bunga tulip mencapai 150 dengan sekitar 3.000 varietas. Di antara yang paling populer ialah varietas lady tulip, tulip albert heijn, dan tulip zurel.

Asal Mula Bunga Tulip

Tulip adalah tanaman asli pegunungan Himalaya. Namun ia juga tumbuh alami di beberapa kawasan Kaukasus dan Asia Kecil. Migrasi tulip ke Eropa dan Turki baru terjadi pada 1559.

Harganya Sempat Melonjak Tinggi

Sebelum dibudidayakan secara masal, harga bunga tulip sangat mahal. Hanya bangsawan dan saudagar yang dapat membeli tulip untuk hiasan di rumah. Penyebab lain lonjakan harga tulip pada abad ke-17, karena adanya spekulasi para tulip mania. Namun bukan berarti sekarang harga tulip murah. Sekotak tulip berisi 20 tangkai rata-rata dihargai USD30.

Makna Simbol Tulip

Tulip disimbolkan dengan kasih sayang, semangat, dan harapan. Banyak orang yang memberikan hadiah tulip untuk menyampaikan perasaan atau merayakan momen istimewa.

Bunga Valentine

Meskipun perayaan Valentine selalu dikaitkan dengan bunga mawar, ada banyak pasangan yang juga percaya pada kekuatan bunga tulip. Tulip adalah bunga terpopuler ke-2 saat malam Valentine.

Bukan Bunga Terpopuler di Dunia

Mawar adalah bunga terpopuler di dunia, kemudian bunga seruni atau krisan. Sementara tulip menempati urutan ke-3.

Negara Bersimbol Tulip

Iran dan Afghanistan menggunakan tulip sebagai simbol negara karena bunga ini juga tumbuh di sana. Turki punya alasan sendiri, akar kata tulip berasal dari bahasa Turki, yaitu “tulbent” yang berarti turban.

Sejak Perang Dunia II, Tulip Dimakan

Kekacauan akibat perang menyebabkan krisis bahan makanan. Hasilnya, tulip dijadikan bahan makanan utama. Ternyata, hal ini berlanjut hingga sekarang. Belanda punya banyak resep makanan dengan bahan tambahan tulip. Produksi wine di sana juga menggunakan bunga tulip. Jadi, bunga tulip bukan hanya sekadar bunga hiasan saja, melainkan jadi bahan makanan dan minuman.

Ekspor Bunga Tulip Belanda

Ekspor tulip dari Belanda menguasai 77 persen pasar dunia. Ajaibnya, negara tersebut hanya memiliki sekitar 400 perusahaan pertanian bunga. Secara keseluruhan, tahun lalu Belanda memperoleh pendapatan USD3,1 miliar dari jualan bunga.

Keluarga Bunga Lily

Tulip masih satu family dengan bunga lily. Hal itu secara sekilas bisa dilihat dari kesamaan kelopak bunga. Baik bunga lili dan tulip juga sama-sama mekar hanya dalam waktu satu hari.

Baca juga: 9 Festival di Belanda yang Seru dan Unik

Spesies Queen of The Night

Tulip jenis ini menjadi salah satu yang paling diburu penggemar. Warnanya gelap, cenderung hitam dengan saturasi warna ungu atau merah marun. Tulip ini akan tampak menyala dalam gelap. Dengan pamornya tinggi, harganya pun mahal. Sekotak queen of the night isi 10 tangkai harganya mencapai USD20.

Tidak Ada Tulip Biru

Tulip mempunyai banyak varietas dan warna. Tetapi tidak ada yang biru. Tulip biru hanya mungkin diperoleh dengan cara editing foto.

Kota Albany di Amerika Serikat Juga Membudidayakan Tulip

Kota yang merupakan bagian dari New York, Amerika Serikat ini juga dikenal sebagai produsen tulip terkenal. Bibit tulip yang dikapalkan ke Albany konon diseleksi langsung oleh Ratu Wilhelmina. Sekarang produksi tulip di Albany mencapai 200.000 tangkai per tahun.

Banyak Festival Tulip di Amerika Serikat

Masyarakat Amerika Serikat rupanya menyukai bunga tulip. Sedikitnya ada 10 festival tulip di sana setiap tahun. Yang paling terkenal adalah festival tulip di Michigan yang dikunjungi rata-rata 600.000 wisatawan.

Baca juga: Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Manfaat Mengonsumsi Bunga Tulip Belanda

Selain dikenal akan keindahannya, nyatanya bunga tulip Belanda juga dikenal sebagai bahan baku pembuatan makanan dan minuman. Bunga satu ini memiliki cita rasa yang unik. Walau begitu, jika rutin mengonsumsi tulip dalam jumlah yang dianjurkan, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh. Berikut adalah manfaat mengonsumi bunga tulip Belanda yang patut Anda ketahui.

Mencegah Anemia

Manfaat bunga tulip yang pertama adalah mencegah penyakit anemia. Kandungan senyawa yang terdapat dalam bunga ini sangat ampuh untuk meminimalisir timbulnya anemia di tubuh Anda. Anda tidak akan mudah merasakan keletihan.

Mengatasi Memar di Tubuh

Khasiat bunga tulip juga ampuh untuk mengatasi memar yang muncul di tubuh. Memar merupakan akibat dari benturan yang mengenai tubuh Anda dan membuat sebagian darah Anda beku. Bunga cantik ini akan mengatasi pembekuan darah tersebut.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat bunga tulip akan membuat aliran darah Anda menjadi lancar. Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam bunga ini mampu membuat darah Anda menyebar dengan rata ke seluruh tubuh dalam pembuluh darah.

Mencegah Kanker Darah

Khasiat bunga tulip yang tidak kalah pentingnya yaitu ampuh untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker yang menyerang darah di tubuh Anda. Bunga ini punya kandungan alami yang cocok untuk menjadi anti kanker alami.

Mengatasi Sakit Punggung

Manfaat bunga tulip sebagai obat dapat mengatasi sakit yang terasa di punggung Anda. Jika Anda sering mengalami sakit di punggung karena terlalu banyak kegiatan di luar rumah, cobalah untuk menggunakan bunga ini sebagai solusinya.

Obat Pegal Linu

Jika Anda sering mengalami rasa pegal serta linu, Anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan khasiat bunga tulip. Bunga yang tidak hanya cantik ini mempunyai manfaat kesehatan yang akan meredakan nyeri di punggung Anda.

Anti Parasit dalam Darah

Kegunaan bunga tulip dalam darah Anda juga akan membantu dalam mengusir parasit yang masuk ke dalam darah. Parasit dalam darah akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya dengan timbulnya banyak penyakit.

Mencegah Letih dan Lesu

Atasilah letih dan lesu menggunakan bunga tulip. Kandungan sehat yang terdapat dalam bunga ini mampu mencegah rasa letih serta lesu muncul di tubuh Anda. Hasilnya, stamina Anda akan tetap terjaga dan tidak mudah loyo.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Antioksidan Alami

Bunga tulip adalah salah satu bunga dengan sifat antioksidan yang alami. Sifat ini merupakan fungsi untuk melindungi tubuh dari efek yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Beberapa penyakit dari radikal bebas bisa Anda cegah sejak dini.

Mencegah Penyakit Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyakit penyumbatan pembuluh darah dapat menyerang tubuh Anda karena faktor tertentu. Untuk mencegahnya mulai dari sekarang, Anda perlu mencoba khasiat bunga tulip. Bunga ini akan melindungi kesehatan pembuluh darah Anda.

Terlihat jelas bahwa bunga tulip Belanda memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan baik, bukan? Pernahkah Anda mencoba makanan atau minuman yang berbahan dasar bunga satu ini?

Comments are closed.