Burj Khalifa Gedung Tertinggi Dunia

Travel

Di Dubai, Anda bisa temukan Burj Khalifa gedung tertinggi dunia, dengan tingginya yang mencapai 828 meter. Sudah tahu semua hal tentang gedung tertinggi ini?

Sebagai gedung yang mendapat predikat gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter atau kurang lebih 2.651 kaki. Jumlah lantai di gedung ini ada sekitar kurang lebih 160 lantai.

Sejarah Pembangunan Burj Khalifa

Cerita awal dibangunnya gedung ini yaitu ketika Uni Emirat Arab, sebagai negara persekutuan yang memiliki tujuh wilayah terdiri dari Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiqain dipimpin oleh seorang presiden. Nah, setiap wilayah di negara ini dipimpin oleh seorang sheikh termasuk presiden pendiri UEA itu sendiri yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang telah wafat pada 2 November 2004.

Sang pencetus ide untuk pembangunan gedung tertinggi dunia ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Ia merupakan pemimpin wilayah Dubai dengan ide awal nama untuk gedung ini bernama Burj Dubai. Proses pembangunan gedung ini dimulai sejak September 2004 yang menghabiskan dana hingga 1,5 miliar USD.

Sempat mengalami kendala pada 2007, saat dunia sedang dilanda krisis keuangan global. Hal ini menyebabkan sang Sheikh mengalami kesulitan keuangan demi melanjutkan pembangunan Burj Dubai. Hingga pada akhirnya presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahayan, ikut membantu dana demi kelangsungan pembangunan gedung ini. Burj Khalifa resmi didirikan dengan pembangunan yang tepat waktu pada Januari 2010.

Saat penamaan untuk gedung ini, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum resmi mengganti nama Burj Dubai dengan Burj Khalifa. Ini merupakan bentuk penghormatan untuk menghormati presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahayan, yang telah membantu terealisasinya gedung ini dengan tepat waktu.

Bagi para turis yang ingin menuju Burj Khalifa, pintu masuknya ada di dalam Mal Dubai. Malnya sangat besar dan luas ini memiliki akuarium raksasa dengan tebal kaca hingga 75 sentimeter. Akuarium ini juga merupakan salah satu akuarium yang berada di dalam mal terbesar di dunia.

Memasuki Burj Khalifa

Jam operasional gedung ini mulai buka pukul 08.00 pagi hingga 23.00 waktu Dubai. Tentunya, turis juga diberi kesempatan untuk menikmati ketinggian pemandangan kota Dubai.

Untuk naik ke lantai atas, para pengunjung atau turis diharuskan membeli tiket sebesar Rp700.000,00 sampai Rp1 juta untuk menuju lantai 124 atau 125. Sementara itu, jika ingin naik ke lantai lebih tinggi lagi di tingkat 148, harus mengeluarkan uang sekitar Rp2 juta.

Setelah membeli tiket masuk, para pengunjung akan diperlihatkan berbagai foto, film, dan maket saat proses pembangunan Burj Khalifa. Gedung ini memiliki tinggi 828 meter dengan 160 lantai. Tak hanya memiliki rekor soal ketinggian, Burj Khalifa juga dikenal memiliki lift paling cepat di dunia. Lantai 124 dapat dicapai hanya dengan waktu 1 menit. Sementara lantai 125 digapai dalam waktu 70 detik.

Lift menuju lantai 124 dan 125 terdiri dari 3 lift. 2 lift khusus berhenti di lantai 124 dengan jumlah pengunjung dibatasi 14 orang. Sementara lift satunya lagi khusus menuju lantai 125 dengan jumlah penumpang maksimal 25 orang.

Bila sampai di kedua lantai inilah, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Dubai dari segala penjuru. Berfoto seakan menjadi hal yang wajib dilakukan di gedung yang dibangun puluhan arsitek dari berbagai negara ini.

Tak ada batasan waktu untuk bisa menikmati lantai 124 dan 124 di Burj Khalifa, jadi Anda bisa memuaskan diri saat memiliki kesempatan untuk mengunjunginya.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

9 Cerita Menarik Burj Khalifa

  • Tingginya yang menjulang hingga 868 meter, jika diukur dari beberapa bangunan tinggi dunia bisa dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.
  • Menurut data arsitektur Burj Khalifa menyatakan bahwa berat beton yang digunakan untuk membangun gedung tersebut setara dengan 100.000 gajah. Adapun jumlah baja untuk strukturnya sama denegan banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380.
  • Dari segi desain bangunannya secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis yang berasa dari Yunani.
  • Sebagai gedung yang memiliki predikat gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa memiliki beberapa rekor sekaligus. Pertama, sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi dunia. Kedua, lantai yang ada di dalam bangunan tertinggi yang dihuni manusia di dunia. Ketiga, memiliki dek observasi outdoor tertinggi di dunia. Keempat, lift berjarak terjauh di dunia.
  • Perancang bangunan ini dari Korea Selatan, yaitu Samsung Engineering dan Construction.
  • Biaya pembangunan Burj Khalifa menghabiskan dana sebesar 1,5 miliar USD.
  • Dengan tingginya yang menjulan 868 meter, Burj Khalifa dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.
  • Pada rencana awal didirikan bangunan ini dinamakan Burj Dubai, kemudian diganti menjadi nama Burj Khalifa untuk memberikan penghormatan kepada Sheik Khalifa bin Zayed al Nahayan. Si penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.
  • Gedung Burj Khalifa dilengkapi oleh 54 lift, dengan kecepatan 6 kilometer perjam.

Selain Burj Khalifa, masih ada beberapa gedung yang memiliki tinggi luar biasa. Walaupun tidak setinggi Burj Khalifa, tapi gedung-gedunng ini merupakan 5 gedung tertinggi di seluruh dunia. Yuk, simak di bawah ini!

7 Gedung Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa

burj khalifa gedung tertinggi dunia

Tentunya hingga saat ini rekor gedung tertinggi dunia masih dipegang oleh Burj Khalifa, yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung ini memiliki ketinggian 829,8 meter dan sampai saat ini belum ada yang mengalahkan gedung pencakar langit yang satu ini.

Shanghai Tower

burj khalifa gedung tertinggi dunia

Di Tiongkok juga ada bangunan pencakar langit yang tinggi yaitu Shanghai Tower, atau Menara Shanghai. Memiliki ketinggian 632 meter, sekaligus mengesahkan gedung ini sebagai gedung tertinggi kedua di dunia.

One World Trade Center

7 gedung tertinggi dunia

Di urutan ketiga gedung tertinggi dunia ada One World Trade Center yang menjulang dengan megah di ketinggian 541,3 meter. Gedung ini berada di New York, Amerikat Serikat yang juga disebut sebagai menara kebebasan.

CTF Finance Center

7 gedung tertinggi dunia

Berikutnya juga masih dari Tiongkok, yang memiliki gedung tertinggi di dunia pada posisi keempat yang bernama CTF Finance Center. Gedung pencakar langit ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi kota Guangzhou.

Shanghai World Financial Center

7 gedung tertinggi dunia

Tiongkok kembali memiliki salah satu gedung tertinggi di dunia, yaitu Shanghai World Financial Center yang juga berdampingan dengan Shanghai Tower. Sebagai dua gedung pencakar langit, dalam satu kota.

International Commerce Center

7 gedung tertinggi dunia

International Commerce Center yang berada di Hong Kong merupakan salah satu gedung yang masuk dalam 7 gedung tertinggi dunia. Terdiri dari 108 lantai, dengan ketinggian 484 meter di atas tanah. Gedung ini juga menjadi kebanggan Hong Kong.

Petronas Tower

7 gedung tertinggi dunia

Malaysia memiliki menara kembar Petronas yang hingga saat ini berada di urutan ketujuh gedung tertinggi dunia. Gedung menara kembar ini merupakan lambang kota Kuala Lumpur Malaysia.

Comments are closed.