Tips Berlibur dengan Campervan New Zealand

Travel

Campervan New Zealand memang menyenangkan, tapi salah persiapan bisa buat liburan Anda berantakan. Mulai dari rental van hingga rute asik untuk dijelajahi,  berikut adalah beberapa tips berlibur dengan Campervan di New Zealand.

 Campervan kini sedang hype, aktifitas liburan menjelajani sebuah negara dengan mobil van ini makin popular setelah beberapa selebriti Indonesia melakukan campervand New Zealand. Ada Ringgo Agus Rahman dan keluarga, Ada Ayudia Bing Slamet dan keluarga serta masih banyak lagi. Campervan New Zealand diakui mereka memberikan petualangan berbeda yang bikin ketagihan.

Selain Selandia Baru, sebenarnya ada banyak negara lain yang asik dijelajah dengan campervan. Namun baru Selandia Baru yang diakui banyak petualangan memberikan fasilitas lengkap untuk para campervanning. Mulai dari lokasi stasiun pengisian bahan bakar yang memadai, lokasi parkir khusus campervan dan perkemahan khusus campervan.

Baca juga: Destinasi Liburan ke New Zealand yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda berniat menghabiskan liburan Bersama keluarga dengan campervand New Zealand, jangan lupa lakukan persiapan-persiapan Ini agar liburan tetap aman dan nyaman:

Tips Berlibur dengan Campervan New Zealand

Pesan Campervan Jauh-Jauh Hari

Karena Campervan di New Zealand ini sedang happening, bukan hanya orang Indonesia yang ingin mencoba berkeliling di negara penghasil kiwi tersebut. Anda berebut dengan jutaan pelancong lain yang juga ingin merasakan mengendari van disepanjang hutan Selandia Baru. Karena itu pesanlah campervan dari jauh hari.

tip campervan new zealand

Biasanya pesanan campervan di New Zealand akan memuncak pada musim panas yang berlangsung Desember hingga Februari. Tentunya ini akan memengaruhi harga sewa campervan. Berikut perkiraan biaya sewa campervan di New Zealand:

  • Musim Puncak (Des hingga Feb): $ 120 – $ 420 NZD per hari ($ 82 – $ 288 USD) atau sekitar Rp 1,2 juta – Rp 3,9 juta/hari
  • Musim sepi (Juni hingga Agustus): $ 30 – $ 120 NZD per hari ($ 20 – $ 82 USD) atau sekitar Rp 273.000 – Rp 1,2 juta/hari

Salah satu rental campervan yang bisa Anda pilih adalah Wilderness Motorhomes. Mereka memiliki banyak koleksi campervan yang bisa Anda sesuaikan. Perlu diingat kemungkinan Anda juga harus membayar biaya perkemahan ketika campervan bermalam di area perkemahan.

Jumlah Orang dan Jumlah Campervan

Apakah Anda berencana untuk pergi sendiri atau mengajak beberapa teman dan saudara? Jumlah orang yang ikut akan memengaruhi tipe campervan yang dibutuhkan. Berikut pertimbangannya:

  • Jika pergi sendiri pilihlah kendaraan dengan satu tempat tidur yang dirancang hanya untuk satu orang. Harga sewanya tentu lebih murah dibanding kendaraan dengan 2 tempat tidur.
  • Jika akan ada dua penumpang, tentu saja pilih van dengan dua tempat tidur. Sementara 3-tempat tidur sedikit lebih jarang, dan biasanya ditata sebagai tempat tidur ganda di bawah dengan tempat tidur “gaya-loft” kecil di atas.
  • Jika Anda memiliki 4 penumpang atau lebih, Anda mungkin harus mempertimbangkan apakah Anda ingin semua orang dalam satu kendaraan atau Anda harus membaginya dalam 2 van
  • Jika berencana wisata campervan di New Zealand dengan anak-anak, pilihlah van dengan 4 tempat tidur agar perjalanan lebih nyaman.

Baca juga: Fakta Menarik Suku Maori, Sudah Tahu?

Ketahui Harga Bahan Bakar Di Selandia Baru

Dibanding Indonesia harga bahan bakar kendaraan di Selandia Baru cukup menguras kantong. Anda perlu mempertimbangkan harga bahan bakar saat menganggarkan perjalanan Anda. Bahan bakar tanpa timbal misalnya biasanya harganya sekitar sekitar NZ $ 2 per liter atau sekitar Rp 18.000/liter. Sementara rata-rata satu tangka penuh van menghabiskan NZ $ 90 atau Rp 816.000. Jika ingin biaya bahan bakar yang lebih murah Anda bisa memilih van bermesin diesel.

Rute

wisata campervan new zealand

Selandia Baru adalah tempat yang tak ingin Anda jelajahi terburu-buru. Karena itu buatlah rencana perjalanan sedetail mungkin, dan siapkan waktu minimal satu bulan penuh untuk bisa menjelajahinya. Sebelum memutuskan melakukan wisata campervan di New Zealand sebaiknya Anda sudah menentukan itinerary mengenai lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. Biasanya ada dua rute yang popular dijelajahi yakni North Island dan South Island.

Rute North Island meliputi: Auckland – Waiheke Island – Nikau Cave – Owharoa Falls – Hobbiton Tour- Wellington.

Rute South Island meliputi : Christchurch – Lake Tekapo & Lake Pukaki  – Mount Cook Village – Tasman glacier – Queenstown – Wanaka.

Hati-Hati Saat Mengemudi

Karena kita belum terbiasa mengenderai van khususnya dengan fasilitas 3-4 tempat tidur, cara berkendara Anda benar-benar diuji. Sedikit guncangan dan tikungan tajam akan sangat terasa bagi penumpang. Karena itu pilihlah jenis mesin mobil yang sesuai dengan kemampuan.

Selain itu karakteristik jalanan di Selandia Baru juga sangat menantang. Jalan-jalan di Selandia Baru (khususnya di Pulau Selatan) bisa sangat sempit dan berliku, jika tidak hati-hati Van Anda bisa terguling. Jika ingin menghindari jalanan seperti ini, maka rute South Island harus Anda hapus dalam daftar.

Perhatikan juga jalanan Selandia Baru, karena rata-rata one way. Jika salah berbelok maka Anda harus berputar dua kali lipat untuk menuju rute yang benar. Hal ini akan memengaruhi biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan. Jangan ragu untuk melindungi diri dengan asuransi perjalanan dan asuransi van. Keduanya bisa meringankan pengeluaran jika tiba-tiba mengalami kecelakaan.

Ada baiknya melihat www.DriveSafe.org.nz di mana Anda akan menemukan informasi yang relevan tentang aturan dan etiket jalan Selandia Baru.

Manfaatkan Fasilitas Umum

Van Anda memang dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya dirumah sendiri. Namun para campervanning menyarankan untuk sesedikit mungkin menggunakan toilet di dalam van jika tak ingin cepat-cepat kehabisan persediaan air. Lagipula semakin sering menggunakan toilet artinya Anda juga harus makin sering membersihkan dan mengosongkan tangka kotoran.

Padahal lokasi pembuangan sampah kotoran ini tidak selalu ada disetiap pemberhentian Van. Alhasil Anda harus menaruhnya lebih lama didalam van, yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan membuat perjalanan jadi tidak nyaman. Ada banyak fasilitas umum yang bersih di berbagai SPBU dan tempat perkemahan. Di SPBU biasanya Anda bisa menggunakan toilet secara gratis, namun jika berhenti di area perkemahan bersiap-siaplah mengeluarkan budget tambahan.

Baca juga: Sensasi Mengendarai Campervan untuk Liburan di Selandia Baru

Wajib Memiliki SIM Internasional

kegiatan campervan new zealand

Salah satu hal penting namun sering dilupakan adalah kepemilikan Surat Izin Mengemudi internasional. Tanpa ini Anda tidak diperkenankan melakukan campervanning. Karena itu selain pastikan dulu Anda mengantongi SIM internasional barulah membuat visa dan melakukan campervan ke Selandia Baru.

Comments are closed.