Cara Aman Tukar Uang di Luar Negeri

Travel

Saat bepergian ke luar negeri, tentu kita harus menggunakan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Namun, menukarkan uang tidaklah semudah membelanjakannya. Perlu pengetahuan dasar yang baik agar aman saat ingin tukar uang di luar negeri.

Liburan ke luar negeri merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan yang diinginkan oleh setiap orang, termasuk Anda. Sebab, banyak sekali destinasi liburan di luar negeri yang amat memikat hati dan beberapa di antaranya tak ada di Indonesia. Jadi, untuk dapat menikmati destinasi tersebut, kita harus pergi ke luar negeri terlebih dulu.

Namun, faktanya, berlibur ke luar negeri tak semudah yang dibayangkan. Banyak persiapan yang harus dilakukan terlebih dulu, seperti menyiapkan barang bawaan, paspor, visa, dan sebagainya. Satu hal yang tak boleh dilewatkan tak lain adalah menukarkan uang. Hal ini sangatlah krusial karena mata uang yang kita gunakan di Indonesia sudah pasti berbeda dengan di luar negeri. Jadi, tentu kita tidak dapat menggunakan rupiah di destinasi yang kita tuju. Oleh karena itu, hal yang harus kita lakukan adalah menukarkan uang kita dengan mata uang yang digunakan di negara tersebut.

Memang, sebaiknya kita sudah menukar uang di dalam negeri agar lebih mudah dan aman. Namun, jika kita sudah terlanjur sampai di negara tersebut, kita masih tetap bisa menukarkan uang yang kita miliki.

Lalu, bagaimana cara menukarkan uang di luar negeri agar tidak menyebabkan kerugian? Simak tips menukarkan uang di luar negeri berikut ini!

Cari Tahu Nilai Mata Uang Sebelum Tukar Uang

Menukar uang di luar negeri memanglah bukan hal yang mudah, sebab Anda harus mencari tahu di mana tempat penukaran uang yang lengkap, tentunya yang dapat menukarkan rupiah menjadi mata uang lain. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah mencari tahu nilai mata uang saat ini.

Baca juga: Mengenal Lebih Mendalam Mata Uang Dunia dari Setiap Negara

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kita dari kerugian yang besar karena ketidaktahuan kita akan nilai mata uang yang berlaku saat ini. Setidaknya, jika sudah mengetahui nilai mata uang yang berlaku, barulah kita tukar uang yang kita gunakan dengan mata uang di negara tersebut.

Tukar Uang Secukupnya

Meski Anda membawa rupiah dalam jumlah banyak ke luar negeri, jangan tukarkan semua uang Anda menjadi mata uang yang berlaku di sana. Tukarlah secukupnya saja. Sebab, jika uang yang sudah Anda tukarkan tidak terpakai, untuk menukarkannya kembali ke rupiah, akan ada perubahan nilai yang terjadi.

Beruntung jika perubahan nilai tersebut lebih tinggi, tapi biasanya yang terjadi adalah nilai uang menjadi lebih rendah. Hal ini akan membuat uang yang Anda miliki akan semakin berkurang.

Pilihlah Tempat Tukar Uang yang Tepat

Ada sangat banyak tempat untuk menukarkan uang di luar negeri. Tapi, sebagian besar dari tempat penukaran tersebut biasanya tak memiliki nilai yang tepat dalam menukarkan uang. Mereka hanya mengandalkan pengetahuan mereka dalam menukarkan uang. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi Anda.

Baca juga: Penyebab Biaya Hidup di Singapura Lebih Mahal Daripada Indonesia

Oleh karena itu, menukarkan uang di tempat yang tepat adalah hal yang mutlak Anda lakukan. Sebab, mereka menggunakan kurs yang berlaku di hari penukaran. Jadi, nilai mata uang yang Anda tukarkan tidak akan jauh berbeda dari nilai aslinya.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Menukarkan uang di negara lain memang susah-susah gampang. Jika tidak mengetahui caranya, kerugian yang signifikan akan Anda rasakan.

Comments are closed.