Cara Membuat Paspor Online Sekarang Lebih Praktis dan Mudah

Travel

Bagi Anda yang mempunyai rencana traveling ke luar negeri dan belum memiliki paspor, sekarang lebih mudah dengan paspor online. Berikut ini caranya!

Saat ini Kementrian Keiimigrasian Indonesia mulai memberlakukan sistem pembuatan paspor secara online. Prosesnya yang lebih praktis dan mudah, sehingga bisa menghemat waktu. Tentu saja yang paling utama untuk menghindari calo, Anda bisa melakukan registrasi secara online. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat paspor online. Cara pertama via website dan yang kedua via aplikasi berbasis chat Whats App.

Namun, sebelumnya Anda harus mempersiapkan dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan.

Seperti.

  • KTP (e-KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Akte Lahir/ ijazah / buku nikah
  • Paspor Lama (khusus perpanjang paspor)
  • Untuk Paspor Anak atau perpanjangan paspor anak, siapkan juga:
  • KTP Kedua orangtua
  • Buku Nikah orangtua
  • Paspor orangtua

Setelah Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen penting tersebut, kini saatnya untuk registrasi secara online. Seperti yang diketahui sekarang pihak Imgirasi Indonesia yang mempunyai otoritas untuk mengeluarkan paspor, menyediakan dua acara. Cara online via website dan cara online via Whats App.

Cara Membuat Paspor Online Via Website

Anda bisa membuka website imigrasi di www.imigrasi.go.id . Setelah situs sudah terbuka Anda bisa memilh menu Layanan Publik kemudian ke layanan paspor online. Lalu Anda bisa memilih tabel pra pemohonan personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan. Pilihannya Ada membuat paspor baru, penggantian habis berlaku atau halaman penuh.

Setelah itu Anda bisa memilih lokasi kantor Imigrasi terdekat yang akan Anda datangi untuk membuat paspor. Pada tahap selanjutnya ada halaman dimana Anda diharuskan untuk mengisi data diri dengan lengkap. Hingga sampai pada biaya yang harus dibayarkan

  • Biaya Paspor (48 halaman) Rp. 355.000
  • Biaya Paspor elektronik Rp. 695.000

Untuk proses pembayaran, Anda akan menerima email berisi surat pengantar ke bank untuk proses pembayaran. Anda juga bisa memilih pembayaran melalui ATM BNI, pilih menu Pembayaran kemudian Imigrasi. Lalu masukan nomor permohonan dan kode pembayaran. Jika semua tahap pembayaran telah selesai lakukan verifikasi pembayaran.

Cara Membuat Paspor Online via WhatsApp

Untuk cara membuat  paspor online yang berikut bisa menggunakan aplikasi chat WhatsApp. Direktorat Keimigrasian, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan sebuah cara atas antrean Panjang pengurusan paspor.

Berikut ini langkah-langkahnya.

–           Langkah pertama kirim pesan nomor WhatsApp imigrasi (wilayah sesuai domisili). Misal Imigrasi Jakarta, nomor WA adalah 0812-9900-4406.

–           Ketik data diri dengan format #NAMA#TGLLAHIR (DDMMYYYY) #TGLLAYANAN (DDMMYYYY) misal:  #Budi Utama#05081975#29092017

–           Kemudian akan ada balasan berupa barcode yang berisi kode booking. Berikut dengan jadwal dan jam ke kantor imigrasi sesuai kode booking.

–           Tunjukan kode booking saat datang ke kantor Imigrasi. Pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Bila Anda datang terlambat, maka kode booking akan hangus dan harus daftar ulang lagi.

–           Pastikan persyaratan dokumen Anda lengkap. Jika tidak lengkap atau kurang maka pengajuan paspor akan dikembalikan atau ditolak.

–           Anda wajib membawa dokumen asli dan memastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama.

–           Pendaftaran via Whats App ini tidak berlaku untuk pengurusan paspor rusak atau hilang.

Setelah semua tahap dari ke-2 cara di atas telah dijelaskan sekarang langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor imigirasi. Anda bisa datag ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tentunya dengan berpakaian rapi, membawa semua dokumen, mengambil nomor antrean, verifikasi berkas, melengkapi persayaratan. Kemudian melakukan wawancara atas keperluan Anda untuk membuat paspor. Setelah telah selesai semunaya saatnya mengambil paspor, biasanya setelah semuanya sudah lengkap paspor dapat diambil setelah 3 hari kerja.

Cara Membuat Paspor Online untuk Umrah

Seiring bertambahnya masyarakat Indonesia yang pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umrah, tentu membuat pihak-pihak terkait ingin memberikan pelayanan yang semakin mudah dan cepat. Salah satu hal yang sudah dirasakan kemajuannya adalah pembuatan paspor online. Cara membuat paspor online untuk umrah sangatlah mudah. Berikut ini beberapa tahapan yang harus Anda lakukan agar cara pembuatan paspor online untuk umrah berjalan dengan lancar.

Unduh Aplikasi

Salah satu cara pembuatan paspor online yang harus dilakukan adalah mengunduh atau download aplikasi paspor online melalui Google Play atau App Store. Untuk registrasi hampir sama dengan aplikasi laginnya, Anda hanya masukkan alamat email, nomo telepon, dan ikut step step berikutnya.

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi data dan isi sesuai dengan kartu identitas yang berlaku dengan benar. Jika data sudah terkonfimasi dengan baik, step berikutnya Anda pilih kantoe imigrasi unutk melakukan permohonan paspor. Saat ini Anda bisa memilih bebas kantor imigrasi dan tidak berdasarkan domisili yang tertera pada kartu identitas. Misalnya, domisili Anda berada di Bogor tetapi kerja di Jakarta, tentu Anda bisa memilih kantor imigrasi yang dekat dengan tempat kerja Anda.

Setelah memilih kantor imigrasi, jangan lupa masukkan tanggal dan jam berapa Anda datang ke kantor imigrasi untuk proses pembuatan paspor berikutnya. Jika permohonan pembuatan paspor ini disetujui makan Anda akan menerima sebuah file berformat pdf yang harus diunduh dan kemudian dicetak karena harus dibawa ketika Anda datang ke kantor imigrasi.

Dokumen Persyaratan Pembuatan Paspor Online

Cara pembuatan paspor online beirkutnya adalah mengumpulkan dokumen penting sebagai persyaratan utama. Selain file yang menyatakan bahwa permohonan pembuatan paspor Anda disetujui, berikut ini dokumen lainnya.

  1. KTP (Kartu Identitas)
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. Akta kelahiran
  4. Akta perkawinan atau buku nikah (jika sudah menikah)
  5. Ijazah

Semua dokumen di atas harus Anda bawa sebaiknya yang asli bukan fotokopi.

Datang ke Kantor Imigrasi

Meskipun Anda membuat paspor secara online, tetapi tetap disuruh untuk datang ke kantor imigrasi sebagai proses selanjutnya. Anda bisa datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah Anda ajukan sebelumnya. Agar cara pembuatan paspor online untuk umrah ini berjalan dengan lancar, pastikan dokumen yang menjadi persyaratan tersebut Anda bawa dan siapkan jawaban-jawaban yang jujur untuk proses wawancara.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.