Cara Mengurus Visa ke Korea Selatan Agar Tidak Ditolak

Travel

Sebenarnya, cara mengurus visa ke Korea Selatan itu tidak sulit asalkan Anda mengikuti prosedur dan juga melengkapi syarat yang diharuskan dengan benar.

Hingga saat ini, visa masih menjadi salah satu syarat utama yang harus Anda miliki jika ingin berkunjung ke Korea Selatan. Meksipun, sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkunjung ke Korea Selatan tanpa visa, tetapi sebagian besar masyakarat kurang tertarik dikarenakan caranya yang terlalu ribet. Oleh karena itu, berkunjung ke Korea Selatan menggunakan visa masih menjadi pilihan utama.

Sebenarnya, cara mengurus visa ke Korea Selatan itu tidak sulit seperti yang banyak diperbincangkan. Asalkan Anda mengikuti dan melengkapi semua syarat yang diberikan, pasti visa Anda tidak akan ditolak. Lalu, bagaimana ya caranya agar visa ke Korea Selatan tidakk ditolak? Yuk, ikuti tip dari Futuready berikut ini.

[quads id=2]

Pastikan Syarat Dokumen Lengkap

Cara mengurus visa ke Korea Selatan yang pertama adalah lengkapi semua dokumen yang menjadi persyaratan. Secara umum, syarat dokumen setiap negara hampir sama, hanya saja ada satu atau dua dokumen yang berbeda. Nah, untuk syarat dokumen visa ke Korea Selatan ini tidak sulit seperti syarat dokumen visa ke Schengen. Pastikan dokumen-dokumen di bawah ini sudah dilengkapi dengan benar ya agar visa ke Korea Selatan Anda tidak ditolak.

  • Paspor Indonesia yang asli dan fotokopi.
  • Formulir pengajuan visa Korea yang bisa Anda unduh dari website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.
  • Satu lembar foto berwarna dengan background putih ukuran 3,5cm x 4,5cm.
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi.
  • Surat Keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja.
  • Fotokopi bukti keuangan. Anda bisa memilih dua dari bukti keuangan berikut:
    – Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
    – Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
    – Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
    – Surat keterangan pemegang program jamsostek.
    – Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.

Isi Formulir Pendaftaran

Sebelum Anda datang ke Kedutaan Korea Selatan untuk mengajukan visa, cara mengurus visa ke Korea Selatan yang berikutnya adalah Anda harus mengisi formulir yang bisa diunduh di website resmi Kedutaan Korea Selatan. Jadi, pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan jujur ya.

Waktu Pengajuan Visa

Hingga saat ini, Anda bisa datang ke Kedutaan Besar korea Selatan untuk pengajuan visa pada hari Senin hingga Jumat, pukul 09.00-12.00, sedangkan untuk pengambilan visa Anda bisa datang kembali pada hari Senin hingga Jumat, pukul 13.30-16.30.

[quads id=5]

Biaya Pembuatan Visa

Selain menyerahkan dokumen, Anda juga diharuskan untuk membayar pembuatan visa. Untuk biayanya akan ditentukan dengan jenis visa yang Anda pilih. Seperti format formuir, biaya pembuatan visa juga mengalami perubahan yang tidak menentu waktu, agar tidak salah, Anda bisa cek langsung biaya pembuatan visa di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.

Comments are closed.