Jangan Salah! Ini Panduan Cara Naik Pesawat yang Benar

Travel

Bepergian dengan pesawat, tentu ada beberapa ketentuan yang harus diketahui selama perjalanan. Berikut ini beberapa cara naik pesawat yang benar.

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang terbilang cukup memberikan kenyamanan. Selain kenyamanan dalam perjalanan, menggunakan moda transportasi ini juga Anda bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan dibandingkan menggunakan transportasi lain. Tidak heran jika harga tiket pesawat lebih mahal daripada transportasi lain. Namun, jangan pandang sebelah mata. Harga tersebut cukup sebanding dengan fasilitas yang Anda dapatkan

Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang tentunya sudah sangat biasa bagi sebagian orang. Tetapi bagaimana jika ini merupakan pengalaman yang pertama untuk Anda? Tentu berbagai spekulasi akan hadir dalam pikiran Anda. Seperti bagaimana caranya untuk check in, menitipkan bagasi, syarat yang harus dipenuhi ketika di dalam pesawat, dan hal-hal lainnya. Meksipun naik pesawat terbilang cukup cepat, tetapi ada segelintir hal yang wajib dilakukan oleh para penumpang dan ini menjadi sangat membingungkan untuk yang baru pertama kali naik pesawat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, melalui artikel ini akan dikupas secara tuntas cara naik pesawat yang benar untuk para pemula.

Baca juga: Bercita-cita Jadi Pramugari, Perhatikan Betul 8 Hal Berikut Ini

Cara Naik Pesawat untuk Pemula

Persiapan Sebelum Keberangkatan

Sebelum melakukan keberangkatan, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan, seperti tiket pesawat, barang yang akan dibawa, kemudian Anda juga harus menentukan waktu keberangkatan, paspor (jika perginya ke luar negeri), dan lainnya. untuk lebih jelas lagi, berikut ini akan dijabarkan dari amsing-masing poin.

naik pesawat di bandara

Pesan Tiket Pesawat

Untuk sekarang, Anda sudah dimanjakan dengan kecagihan teknologi yang sangat pesat. Salah satu yang bisa Anda rasakan adalah pemesanan tiket pesawat yang sudah bisa dilakukan secara online. Tentu membeli tiket pesawat kini sudah sangat mudah dibandingkan zaman dahulu yang mengharuskan Anda untuk mendatangi travel agent ataupun kantor pemasaran dari maskapai tersebut.

Ada banyak e-commerce yang bisa Anda pilih untuk mencari tiket pesawat tersebut. Namun, untuk mendapatkan harga yang sesuai kantong, tidak ada salahnya bila Anda melakukan berbagai perbandingan.

Perhatikan Peraturan Bagasi

Perlu diingat bahwa setiap maskapai memiliki peraturan bagasinya masing-masing. Ada yang memberikan bagasi secara gratis ataupun bayar. Jadi, untuk menghindari kesalahpahaman ini, Anda harus tanyakan kepada pihak maskapai mengenai peraturan bagasi tersebut. Namun, untuk di bagasi kabin semua maskapai akan memberikan gratis dengan maksimal berat 7 kilogram per penumpang.

Ketahui Terminal Keberangkatan Maskapai Anda

Perlu Anda ketahui, di setiap bandara memiliki beberapa terminal keberangkatan. Biasanya, terminal ini dibedakan berdasarkan rute keberangkatan dan juga maskapai. Setiap maskapai dan juga rute tujuan memiliki terminal yang berbeda-beda. Contoh saja, maskapai Garuda Indonesia untuk segala rute semuanya berada di Terminal III Bandara International Soekarno Hatta. Berbeda dengan Citilink atau Lion Air yang terbesar di Terminial I ataupun II. Bahkan ada juga beberapa rute yang tersedia di Bandara Halim Perdana Kusuma.

Baca juga: Istilah Penerbangan yang Perlu Anda Ketahui

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui terminal keberangkatan? Informasi mengenai terminal keberangkatan bisa dilihat di tiket yang telah terbit.

Hari Keberangkatan

menunggu pesawat

Akhirnya hari keberangkatan yang dinanti-nanti pun tiba. Setelah semua persiapan sebelum keberangkatan sudah Anda selesaikan, kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara naik pesawat ketika sudah di bandara. Untuk lebih rinci lagi, berikut ini akan dijelaskan poin per poin.

Tiba Lebih Awal di bandara

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlambat check-in bandara atau tertinggal pesawat, hingga kemacetan yang tidak kenal waktu, Anda sebaiknya datang satu atau dua jam sebelum jadwal penerbangan. Ini salah satu prosedur yang memang diharuskan. Apalagi jika Anda pergi ke luar negeri yang mengharuskan untuk datang ke bandara minimal dua jam sebelum keberangkatan. Hal ini dikarenakan ada serangkaian prosedur yang harus dilakukan, seperti check in, imigrasi, dan hal lainnya.

Siapkan Tiket dan Kartu Identitas

Salah satu keperluan check in di bandara adalah Anda harus menunjukan tiket pesawat yang sudah dipesan dan kartu identitas yang masih berlaku, bisa KTP, SIM, atau paspor. Untuk tiket, Anda bisa tunjukan dari pesan yang dikirimkan ke e-mail perbadi Anda. Biasanya, beberapa e-commerce akan mengirimkan e-tiket ke e-mail Anda jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk mencetak.

Hindari Membawa Barang Terlarang

Saat pertama kali naik pesawat, Anda perlu tahu bahwa terdapat barang-barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat tapi masih mungkin disimpan di bagasi. Dibawa masuk ke dalam kabin artinya barang tersebut tidak Anda daftarkan sebagai bagasi saat check in di bandara. Namun, ada pula benda-benda yang memang tak diizinkan masuk ke kabin ataupun bagasi, seperti benda tajam, benda mengandung gas yang mudah meledak, senjata, dan benda-benda lainnya.

Daftarkan Bagasi Saat Check In

Jika Anda memang membawa banyak barang atau membawa koper yang besar, Anda bisa daftarkan koper tersebut saat check in. Hal ini tentu sangat memudahkan pergerakan Anda selama berada di bandara atau pesawat nanti. Ingat ya, Anda punya jatah bagasi sesuai dengan kebijakan maskapai yang digunakan. Jadi, Anda cukup membawa satu ada dua tas ke kabin yang berisi barang-barang penting dan berharga, seperti smartphone, perhiasan, dompet, dan sebagainya. Namun, jika bagasi atau koper Anda melebihi batas maksimal, Anda bisa membeli bagasi tambahan dengan tarif sesuai ketentuan tiap maskapai.

Mengetahui Gate Keberangkatan

Sangat penting untuk tahu di gate mana Anda harus menunggu agar tidak salah pesawat. Biasanya, ketika check in di bandara, Anda akan diberikan selembar boarding pass yang merupakan ‘tiket’ menaiki pesawat. Boarding pass berisi informasi nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan. Pastikan Anda menunggu di area gate yang tepat, karena nantinya Anda akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini.

Patuhi Peraturan di Dalam Pesawat

Ketika sudah berada dalam pesawat, Anda patuhi semua peraturan yang ada. Seperti sesaat setelah boarding (naik pesawat), Anda akan diminta mematikan handphone agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat. Selain itu, Anda akan diminta kenakan sabuk pengaman sesuai yang diperintahkan. Satu lagi, perhatikan demo keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh awak kabin.

Baca juga: Ini Pekerjaan Utama Pilot Pesawat yang Belum Banyak Diketahui

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sesampainya di Bandara Tujuan

Peraturan yang berlaku tidak hanya sampai Anda mendarat saja, tetapi masih ada prosedur yang harus Anda lakukan ketika sampai di bandara tujuan. Berikut ini ulasannya:

Mengambil Barang-barang di Tempat Penitipan Bagasi

Setelah mendarat biasanya Anda akan diarahkan untuk ke pintu keluar atau bagi Anda yang menitipkan bagasi, biasanya Anda diminta untuk menunggu barang-barang tersebut. Anda harus mengambilnya di tempat pengambilan bagasi alias baggage claim. Sebelum masuk ke dalam antrean pengambilan bagasi, cocokkan nomor penerbangan Anda atau kota asal dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat.

bagasi pesawat di bandara

Cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya ditempelkan ke boarding pass. Jangan lupa hitung kembali jumlah koper atau barang bawaan lain yang Anda titipkan tadi untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal atau tertukar.

Cek Imigrasi

Untuk prosedur ini berlaku jika Anda pergi ke luar negeri ya. Biasanya akan dilakukan pengecekan bagi turis asing yang akan memasuki negaranya. Jadi, Anda harus menyiapkan paspor dan juga beberapa informasi yang harus Anda bertahui kepada pihak imigrasi bandara setempat.

Itulah cara naik pesawat yang benar untuk para pemula. Semoga bermanfaat dan liburan pun menjadi menyenangkan. Selamat berlibur!

Comments are closed.