Bukan Cuma Kuil, ini 7 Wisata Populer di Chiang Mai

Travel

Chiang Mai menghadirkan wisata sejarah dan alam yang luar biasa. Budaya dan kota tuanya adalah daya tarik utama wisatawan asing maupun lokal.

Chiang Mai baru-baru ini menjadi sorotan, sering dikunjungi para backpacker yang membuatnya dikenal sebagai tempat wisata yang ramah untuk mereka yang berkantong tipis. Terletak di salah satu bagian dari negara Thailand, kota ini adalah tuan rumah bagi puluhan kuil, museum dan situs menarik lainnya.

Jika Anda adalah tipikal orang yang suka berjalan jauh, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi. Karena punya beberapa lokasi wisata unik seperti taman nasional atau situs-situs bersejarah. Penasaran dengan tempat wisata inii? Berikut objek wisatanya.

Baca juga: Ingin Liburan ke Thailand? Catat Destinasi Wisata dan Belanja Asuransi Perjalanan ke Thailand

7 Objek Wisata Populer di Chiang Mai

Doi Suthep

Dibuka mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore Doi Suthep merupakan salah satu kuil paling suci di Thailand utara, dan legenda pendiriannya dipelajari oleh setiap anak sekolah. Salah satu bangunan ikonik dengan arsitektur khas Thailand utara. Untuk sampai dipuncak ada 306 anak tangga yang harus didaki, diapit oleh bangunan berbentuk naga. Pendakiannya sendiri dimaksudkan sebagai salah satu upaya mendapatkan pahala bagi umat Budha.

Old City Temples

Sering disebut sebagai museum hidup, Od City Temples menyajikan pemandangan kuil-kuil idah, ruko-ruko tua dan bangunan bersejarah, semua dikelilingi oleh tembok kuno dan parit yang runtuh. Old City Temples merupakan tempat kecil yang padat sehingga bisa kita telusuri dengan berjalan kaki saja. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan tenang dan menikmati pemandangan alam dengan santai.

Night Safari

Chiang Mai Night Safari

Mulai beroperasi dari pukul 11 siang sampai 11 malam,Night Safari ini memang jadi destinasi favorit unik sekaligus menantang. Kebun binatang yang bisa Anda kunjungi pada malam hari ini memiliki tiga zona hewan – Savanna Safari, Predator Prowl, Jaguar Trail. Tur melihat binatang disana bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan trem.

Nikmati berbagai kegiatan yang dirancang untuk membuat Anda tetap terhibur sepanjang kunjungan Anda, mulai dari memberi makan binatang liar dan mengelus-elus anak harimau hingga pertunjukan sinar laser dan air mancur ‘menari’.

Baca juga: 5 Kebun Binatang Terbaik di Dunia

Wiang Kum Kam, The Underground Ancient City

Berjarak 5km dari selatan kota, Wiang Kum Kam merupakan kota kuno yang berasal dari Kerajaan Haripunchai abad ke-8. Kota yang terletak di sepanjang Sungai Ping ini memperlihatkan banyak benda dan struktur menarik seperti tablet batu dengan prasasti Mon, patung dan arsitektur Buddha serta berbagai tembikar dengan aksen khas. Naik kereta kuda adalah cara populer untuk menikmati reruntuhan bangunan kota kuno ini.

Elephant Jungle Sanctuary

Elephant Jungle Sanctuary diklaim sebagai Suaka Gajah pertama di Thailand yang mengutamakan kesejahteraan hewan. Lingkungan alami yang dibutuhkan gajah mereka sediakan. Biasanya gajah-gajah yang tinggal disini adalah eks industri pariwisata, korban penebangan hutan maupun hasil penjualan ilegal.

Karena mengedepankan keselamatannya, pihak pengelola tidak membolehkan pengunjung menaiki gajah. Salah satu kegiatan populer disini adalah berinteraksi dengan memandikan gajah disungai. Menarik bukan?

Doi Inthanon National Park

Doi Inthanon Chiang Mai

Doi Inthanon, merupakan puncak tertinggi di Thailand, sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut. Dikenal sebagai tempat perlindungan bagi berbagai spesies hewan dan mungkin tempat terbaik di Thailand untuk mengamati burung, taman ini memiliki sekitar 362 spesies berbeda, banyak di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di Thailand. Doi Inthanon adalah tujuan populer, tidak hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena signifikansi historisnya.

Karen Long Neck Tribe & Chiang Dao Cave

Di destinasi yang satu ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan goa-goa yang membentang dari satu gunung ke gunung lain. Namun dari sekian banyak goa, hanya ada dua yang memungkinkan untuk dijelajahi yakni Tham Phra Nawn dan Tham Seua Dao. Untuk berjelajah disini Anda harus bersama pemandu karena bagian dalam goa yang hitam pekat. Ada beberapa formasi batu kapur yang spektakuler dan tempat pemujaan Budha di gua-gua ini.

Selain menyuguhkan pemandangan alam dan budaya yang kental, ada banyak destinasi menarik terutama wisata malamnya yang wajib Anda cicip. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi lokasi ini.

Mengapa Anda Harus Mengunjungi Tempat ini?

Kaya akan Sejarah dan Budaya

Bangkok memiliki tempat menarik, tetapi di kota ini, Anda akan menemukan Thailand yang lebih tradisional dan kaya akan budaya. Kota ini telah mengalami perkembangan kota yang pesat dengan pembangunan kondominium dan mal, tetapi tidak meninggalkan akarnya di Thailand. Bangunan-bangunan modern dan restoran cepat saji berdiri berdampingan dengan rumah-rumah jati yang terpelihara dengan baik, diukir dengan cermat, dan situs-situs kuno yang telah berusia lebih dari 700 tahun di sebuah kota yang pernah menjadi pusat Kerajaan Lanna yang memerintah Thailand utara.

Kota Ramah Pejalan Kaki

Kurang dari 1 juta orang tinggal di kota ini, menjadikannya kota yang lebih santai tanpa kekacauan dan kabut lalu lintas seperti di Bangkok. Tak heran suasand di kota kecil ini lebih tenang dan rileks. Anda bisa menghabiska siang dan malam dengan berjalan kaki mengitari kafe dan bar santai di sepanjang Sungai Ping. Kunjungi Sunday Market (Night Bazaar) di Kota Tua di mana segala sesuatu mulai dari pernak-pernik dan pakaian dapat ditawar hingga harga murah.

Ratusan Kuil

kuil-kuil di Chiang Mai

Dengan lebih dari 300 kuil (wats) yang tersebar di seluruh kota dan di sekitarnya, daerah ini adalah representasi dari agama Buddha. Temple Hopping misalnya, hanya perlu 20 menit berkendara dari satu sisi kota ke sisi lainnya. Kompleks keagamaan ini dirancang dengan indah dalam berbagai gaya arsitektur yang mencerminkan berbagai kerajaan yang mendominasi wilayah ini selama berabad-abad, terutama kerajaan Lanna dan Burma. Dihiasi dengan stupa emas dan tangga ular, kuil-kuil Buddha disini lebih kecil dan lebih tua daripada di Bangkok.

Baca juga: Cara Mudah Travelling ke Thailand untuk Pemula

Harga yang Bersahabat

Thailand dikenal di seluruh dunia karena biaya hidupnya yang rendah, tetapi tahukah Anda bahwa biaya hidup di tempat ini lebih terjangkau daripada Bangkok? Baik soal makan, akomodasi, bahkan biaya kesehatan tersedia dengan harga murah namun berkualitas tinggi. Selain itu berkeliling di berbagai tempat wisata disini bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sehingga dompet tidak tersedot untuk persoalan akomodasi.

Iklim yang Nyaman

Chiang Mai berada di ketinggian yang lebih tinggi dari Bangkok, sehingga memberikan suhu yang lebih dingin dan kelembaban yang lebih rendah. Tidak akan membuat Anda kegerahan ketika berkeliling dari satu kuil ke kuil lain. Namun para pelancong dari Eropa sangat menghindari berkunjung kemari pada bulan April, inilah bulan dengan suhu terpanas. Juga ada Juli-September yang kerap dihindari karena sedang musim hujan.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat ini di liburan berikutnya?

Comments are closed.