Couchsurfing Indonesia: Ini Tip Amannya untuk Para Traveler

Travel

Couchsurfing Indonesia merupakan salah satu komunitas untuk para traveller yang ingin berlibur dan menjelajahi wilayah-wilayah di pelosok Indonesia.

Beberapa tahun silam ini, mungkin istilah couchsurfing sudah bukan hal tabu lagi. Setelah sukses menarik perhatian, couchsurfing menjadi pilihan setiap orang yang ingin melakuan traveling. CouchSurfing adalah situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau jaringan silaturahmi. Saat ini, jumlah anggota couchSurfing sudah tersebar di berbagai negara dan wilayah, khususnya Indonesia. Mengapa couchsurfing menjadi pilihan orang ketika traveling? Hal ini dikarenakan Anda bisa menikmati liburan atau pergi ke suatu tempat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk urusan penginapan. Dengan kata lain, Anda yang ingin mencari akomodasi di destinasi tujuan bisa “menumpang” di rumah warga lokal. Sebuah pengalaman menjadi warga lokal, tanpa harus mengeluarkan biaya penginapan. Selama adanya couchsurfing, memang banyak kejadian buruk yang timbul, mulai dari kasus pemerkosaan yang dilakukan host kepada wisatawan hingga pembunuhan. Namun, tidak selamanya couchsurfing itu berisiko buruk bagi wisatawan ataupun host yang bersangkutan. Ada juga couchsurfing yang berujung pada pertemanan dan persaudaraan. Namun, tidak adanya Anda mengantisipasi untuk meminimalisirkan risiko buruk yang terjadi dengan cara di bawah ini!

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

Tip Aman  Couchsurfing

Utamakan Keselamatan

Keselamatan harus menjadi poin utama yang diperhatikan. Meskipun tidak selamanya couchsurfing itu berbahaya, tetapi namanya kejahatan bisa terjadi kapan saja selagi ada peluang. Jika Anda tertarik untuk liburan dengan ala couchsurfing, langkah pertama, pilihlah situs Couchsurfing atau BeWelcome yang punya anggota di banyak negara. Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan foto profil diri host dari situs Couchsurfing. Para perempuan diimbau untuk tidak menggunakan foto terlalu seksi, sedangkan para pria juga disarankan tidak memajang foto “agresif” atau terlalu memperlihatkan jati diri yang gemar berpesta. Saat mencari host, Anda juga harus memperhatikan host tersebut mendapat banyak respon positif atau tidak dari para wisatawan. Selain itu, apakah mereka mengunggah banyak foto bersama tamu lain, dan juga alamat serta lokasi host juga penting untuk diketahui. Pasalnya banyak host yang tidak menyantumkan alamat secara lengkap dan Anda wajib menghindari hal-hal semacam itu. Anda bisa mengecek di Google Maps dan mencari tahu transportasi umum apa saja yang dekat dengan rumah host tersebut.

Melakukan Pertemuan

Saat Anda dan host memutuskan untuk bertemu, jangan langsung mendatangi rumahnya. Cobalah tentukan kafe atau meeting point yang biasa didatangi banyak orang. Dari pertemuan itu, Anda bisa memastikan apakah orang tersebut benar-benar baik atau memiliki niat jahat di baliknya. Perhatikan gerak gerik dan cara berbicaranya. Selanjutnya, sebelum atau pada saat tiba di rumah host couchsurfing, coba kirimkan alamat lengkap kepada orang kepercayaan (orang tua, teman dekat, atau pasangan). Jika punya akses internet, send location lewat aplikasi Whatsapp juga akan sangat berguna. Hanya untuk berjaga-jaga jika Anda hilang kontak dalam jangka waktu lama.

Perempuan, Pelajar, dan Keluarga

Jika Anda seorang wanita, ada baiknya memilih host yang juga adalah wanita. Bahkan sangat disarankan untuk mencari host couchsurfing-nya yang masih pelajar atau sudah berkeluarga. Sebab, wanita yang berstatus pelajar dan juga ibu rumah tangga, kemungkinan kecil sekali untuk bertindak kejahatan. Namun, jangan jadikan ini sebagai patokan mutlak yang harus diikuti. Anda juga harus tetap melakukan penilaian dan juga pemilihan sesuai dengan kepercayaan.

Teliti dalam Mencari Host Couchsurfing

Terakhir, sebelum memutuskan untuk memilih host couchsurfing di negara tujuan, ada baiknya Anda membuka tab personal safety tip pada situs resminya. Bacalah dengan teliti poin-poin yang perlu diperhatikan saat mencari host, serta pentingnya mengontak dan mengobrol dengan host sebelum memutuskan akan tinggal di rumahnya. Jika saat menginap Anda merasa tidak aman, jangan sungkan mengontak pihak kepolisian setempat. Begitu berada di tempat yang aman, Anda bisa mengadukan insiden tersebut kepada Trust and Safety Team dari couchsurfing. Dengan anggota yang tersebar di berbagai negara, couchsurfing memang jadi opsi yang tepat bagi wisatawan. Lewat couchsurfing, Anda akan mendapatkan teman baru sekaligus menghemat biaya penginapan.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Couchsurfing Indonesia

Couchsurfing bukan hanya terkenal di berbagai belahan negara saja, tetapi sistem ini rupanya sering sekali dipilih untuk wisatawan Indonesia yang ingin berlibur ke pelosok Indonesia. Couchsurfing Indonesia sudah berdiri sejak 2004. Dimulai dari seorang gadis Indonesia yang gemar sekali liburan, yaitu Nancy Margareta yang kini sudah tinggal di Jerman. Ia adalah seorang inisiator CS yang awalnya menggemparkan couchsurfing di Indonesia dengan membuat banyak event maupun festival untuk menarik banyak orang agar ikut bergabung di komunitas ini. Tidak sulit untuk bergabung menjadi anggota dari komunitas ini. Couchsurfing Indonesia bisa diikuti oleh segala umur dengan batas minimum 18 tahun. Dikarenakan pada umur 18 tahun seseorang sudah bisa dianggap dewasa. Seleksi untuk bergabung di komunitas ini dilakukan secara secara personal. Anda hanya diharuskan untuk membuat akun di website Couchsurfing dan setelah itu mengisi data-data diri kita secara lengkap dan jujur karena data tersebutlah yang nantinya akan dilihat oleh member Couchsurfing di seluruh dunia.

Baca juga: Kasus Deportasi Aneh yang Pernah Terjadi, Bikin Geleng-geleng Kepala

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Di dalam couchsurfing ini sendiri terdapat 3 inti kegiatan, yaitu menerima tamu, menjadi teman jalan-jalan couchsurfer yang sedang datang di kotanya atau menjadi traveler. Dalam kegiatan Anda sebagai penerima tamu couchsurfing, rumah Anda pun akan dibuka untuk orang yang datang ke kota tempat tinggal Anda. Begitu pun sebaliknya, jika Anda ingin pergi ke kota lain, Anda bisa memilih salah satu dari member couchsurfing yang bersedia untuk menerima kita tinggal sementara atau menginap di rumahnya. Jika sudah mengetahui banyak informasi tentang couchsurfing, apakah Anda tertarik untuk mencoba menjadi host atau wisatawan yang menggunakan jasa couchsurfing?

Comments are closed.