Daftar Barang Bawaan saat Liburan: Yuk, Cek!

Travel

Apa saja ya daftar barang bawaan saat liburan yang wajib Anda bawa? Terus tip berkemas seperti apa yang biasa Anda lakukan?

Last minute packing? Acungkan tangan Anda tinggi-tinggi kalau untuk urusan packing alias berkemas selalu menunggu.. “Nanti saja deh, jangan sekarang”. Rasanya, banyak yang akan mengacungkan tangan nih!

Liburan yang menyenangkan bukan hanya tiket, akomodasi, dan perfect itinerary yang sudah Anda susun. Kalau mau liburan nyaman tanpa tangguan, tentunya Anda harus mempersiapkan daftar barang bawaan saat liburan yang sempurna dan tak ada yang tertinggal.

Jadi, meski berkemas ini rasanya malas sekali Anda lakukan tapi jadi hal yang sangat penting. Bayangkan saja, bila ada barang bawaan wajib yang tertinggal bisa jadi acara liburan Anda kacau. Apalagi kalau yang dibawa malah barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda perlukan. Nah, Anda yang sudah berencana liburan, apa saja ya barang bawaan saat liburan yang wajib dipersiapkan? Futuready berikan daftarnya sekaligus tip-tip cerdas berkemas barang bawaan Anda!

Dokumen-dokumen Penting

Barang bawaan saat liburan yang biasanya Anda gunakan itu berbentuk dokumen. Mulai dari paspor, visa, bukti pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, atau tiket transportasi lainnya, kartu identitas, hingga mungkin Anda terbiasa membawa buku panduang perjalanan. Tip berkemas untuk dokumen-dokumen ini sebaiknya:

  1. Masukkan ke dalam satu tempat yang sama seperti tas, pouch, atau map yang terbuat dari plastik. Dengan menempatkannya di dalam satu tempat, Anda tidak perlu mengacak-acak seluruh isi tas bila suatu saat dokumen itu diperlukan.
  2. Sebagian besar dokumen ini berbahan dasar dari kertas, ada baiknya Anda menggunakan pelapis plastik atau pelindung lainnya sebagai pengaman bila hujan atau tidak sengaja tertumpa minuman.
  3. Tempatkan di bagian yang aman. Bila Anda menggunakan tas atau pouch pastikan ritsleting tas berfungsi dengan baik.

Keperluan Pribadi

Daftar barang bawaan saat liburan yang masuk dalam kategori keperluan pribadi ini mulai dari toiletries, kosmetik, produk kecantikan, handuk, kacamata, hingga alat-alat pembersih kacamata Anda.

Tip berkemas untuk barang bawaan dalam kategori keperluan pribadi ini sebaiknya:

  1. Barang-barang ini biasanya dikemas dalam botol yang mungkin saja terbuat dari barang-barang yang mudah pecah. Sebaiknya tempatkan dalam botol khusus dengan ukuran yang lebih kecil untuk setiap produknya.
  2. Bila nantinya Anda berencana untuk memasukkannya dalam koper, sebaiknya Anda tempatkan lebih dulu semua produk tersebut ke dalam tas kecil untuk setiap kategori produknya. Jadi saat butuh Anda cukup mengambil satu tas.

Pakaian dan Aksesori

Daftar barang bawaan saat liburan ini jumlahnya bisa Anda perkirakan sesuai periode rencana liburan Anda. Dalam satu hari mungkin Anda butuh satu hingga dua pasang baju dan celana, satu pakaian tidur, jaket, sweater, hingga syal yang Anda butuhkan saat udara dingin. Sepasang sepatu, sandal, hingga aksesori seperti topi dan ikat pinggang.

Tip berkemas untuk pakaian dan aksesori ini sebaiknya:

  1. Anda bisa menyusunya berdasarkan kategori semisal celana, baju, jaket, masing-masing disimpan dalam satu tempat.
  2. Anda juga bisa menyimpannya setelah disusun harian. Jadi setiap kantong penyimpanan berisi pakaian yang akan Anda gunakan di tanggal itu.

Gadget dan Perangkat Elektronik

Setiap kali jalan-jalan atau liburan Anda tentu saja ingin mengabadikan setiap momennya. Maka kamera berserta perlengkapannya seperti lensa, memory card, hingga baterai cadangan pasti masuk dalam daftar barang bawaan Anda. Termasuk juga laptop bila Anda dalam perjalanan bisnis. Oh ya, bila Anda liburan ke luar negeri jangan lupa untuk menyediakan travel adapter plug. Travel adapter plug ini sangat Anda butuhkan karena saat bepergian ke luar negeri biasanya memiliki lubang charger yang beda. Tip berkemas untuk gadget dan perangkat elektronik Anda ini sebaiknya: Lindungi dengan memasang sarung pelindung gadget atau tas khusus perangkat alat elektroniknya. Jadi gadget dan perangkat elektronik terlindung dari air atau benturan selama perjalanan.

Obat- obatan

Jangan sampai agenda liburan Anda jadi terbengkalai karena kondisi dan kesehatan menurun di saat liburan. Jauh hari sebelum bepergian, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan ke dokter pribadi Anda. Dari dokter itu Anda akan tahu kesehatan Anda apakah prima atau butuh asupan obat tertentu untuk tetap menjaga kondisi tubuh sehat. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda perihal tujuan, keperluan, dan kendala apa yang biasanya Anda hadapi ketika bepergian. Jadi, dokter bisa menyarankan obat-obatan yang sesuai untuk Anda bawa. Usahakan mengecek kembali barang bawaan obat-obatan Anda saat berkemas. Dan lengkapi dengan obat-obatan ringan yang biasanya ada di kotak P3K. Seperti obat anti-mabuk perjalanan, vitamin, suplemen, perban, kapas, obat luka, hingga obat tetes mata.

Makanan Ringan

Di mana pun dan kapan pun ketika bepergian jangan biarkan perut Anda kosong. Sebisa mungkin, siapkan makanan ringan di dalam tas Anda. Hindari makanan yang berkalori tinggi dan pedas agar Anda tidak ingin “absen” terus ke toilet. Anda sediakan buah-buahan atau biskuit dan air mineral secukupnya.

Leave a Reply