Danau Terluas di Eropa Luasnya Mencapai 17.000 Km Persegi

Travel

Kumpulan danau cantik nan luas di dataran Eropa ini merupakan spot terbaik untuk tujuan wisata. Bahkan, danau terluas di Eropa mencapai 17.000 km2.

Benua Eropa merupakan dataran yang berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik, Arktik, dan Laut Tengah yang merupakan laut terdalam di dunia. Sebagai benua terkecil ke-2 setelah Australia, Eropa memiliki banyak sekali keindahan alam yang tidak ada duanya dibandingkan dari benua lain. Benua Eropa sendiri juga memiliki beberapa danau yang termasuk di dalamnya danu terluas di dunia. Nah, pada artikel ini akan membahas lima danau terluas yang ada di Eropa. Di mana sajakah letaknya? Yuk, simak!

Baca juga: Menyusuri Sungai Mekong, Sungai Panjang yang Sangat Bersejarah 

Berikut 5 Danau Terluas di Eropa

Danau Peipsi Pihkva

Terdapat lima danau dengan ukuran yang sangat luas di Eropa. Nah, yang pertama kita akan bahas dari urutan kelima dulu yaitu Danau Peipsi Pihkva. Danau ini memiliki luas 3.555 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 15,3 meter. Letakknya berada di negara Estonia dan Rusia, dan memiliki tiga bagian. Pada ketiga bagian tersebut terdiri dari Danau Peipsi bagian utara, selatang dan Danau Teploe yang menghubungkan Utara dan Selatan.

Ada beberapa sungai yang mengairi danau ini, ada Sungai Ema, Sungai Velikaya dengan proses pembentukan awalnya terjadi pada zaman es ratusan tahun lalu. Masyarakat sekitar danau ini sering mengunjungi danau ini sebagai tempat rekreasi.

Baca juga: Burj Khalifa Gedung Tertinggi Dunia

Danau Saimaa

Berikutnya ada Danau Saimaa sebagai danau terluas ke empat di benua Eropa. Letaknya berada di negara Finlandia bagian Tenggara dengan luas 4.400 kilometer persegi, danau ini terbentuk karena adanya gletser yang mencair pada zaman es dahulu. Volume air danau Saimaa ini ada 36 kilometer kubik, dengan sumber airnya berasal dari aliran Sungai Vuoksi dan Sungai Terusan Saimaa.

Pada bagian tengah danau juga terdapat pulau-pulau kecil dan kanal sempit yang bisa membagi danau menjadi beberapa bagian. Nah, pada bagian-bagian tersebut juga memiliki nama sendiri-sendiri seperti Suur-Saimaa, Orivesi, Puruvesi, Haukivesi, Yovesi, Pihlajavesi, dan Pyhaselka. Di bagian kanal Suur juga menghubungkan danau dan teluk Finlandia, di kanal-kanal ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Pada tepi Danau Simaa juga terdapat beberapa kota, seperti Imatra, Mikelli, Joensuu, Varkaus, Savonlinna dan Lappeenrata.

Baca juga: Baca juga: Keliling Eropa: Hindari 7 Kesalahan Ini!

Danau Vanern

Di urutan ketiga ada Danau Vanern yang merupakan salah satu danau dengan luas terbesar di benua Eropa dan merupakan paling besar di Uni Eropa. Lokasinya berada di negara Swedia, tepatnya di Provinsi Vastergotland, Dalsland, dan Varmland. Untuk luas danau Vanern adalah 5.650 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 106 meter. Sedangkan untuk volume air di danau Vanern ini sekitar 153 kilometer kubik dengan sumber air yang berasal dari Sungai Klaralven.

Penduduk dan pemerintah setempat sering mencoba untuk menggalakan program pelestarian ikan, karena kegiatan menangkan ikan ini secara bebas dinilai dapat mengancam habitat ikan. Untuk programm pelestarian ikan ini meliputi budidaya ikan di anak sungai kemudian, penanganan polusi dan sindrom M74. Untuk kegiatan menangkan ikan di Danau Vanern sedang dibuat ijin untuk penangkapan ikan dengan tujuan komersial.

Baca juga: Keliling Eropa Bujet Terbatas? Bisa Kok!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Danau Onega

Danau Onega di Republik Karelia, Leningrad Oblast, dan Vologda Oblast ini mejadi danau terluas kedua di Eropa. Luas danau ini mencapai 9.700 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 30 meter. Dialiri oleh 50 sungai yang diantaranya Sungai Shuya, Sungai Suna, Sungai Vodla, Sungai Vytegra dan Sungai Andoma. Volume air yang dapat ditampung di danau ini sebanyak 285 kilometer kubik, di tengah danau terdapat lebih dari seribu pulau. Salah satu diantarannya adalah Pulau Kizhi yang menjadi sebuah tempat bersejarah berupa gereja-gereja tua. Hingga UNESCO juga menetapkan Pulau Kizhi sebagai situs warisan dunia.

Di Danau Onega ada beberapa jenis satwa yang mendiami hutan tepi danau Ladoga ada rusa, beruang coklat, lynx, luak, serigala, rubah, kelinci, tupai dan musang. Ditambah sekitar 200 spesies burung yang mendiami wilayah sekitar Danau Onega. Di perairan danau ini juga kaya akan spesise ikan, yang terdapat 47 jenis ikan ada ikan mas, lele, salmon, whitefishes, char, pike dan banyak lagi. Beberapa jenis pohon yang tumbuh di hutan ini ada pojon konifer, phon linden, elm dan alder Eropa.

Baca juga: 4 Spot Wisata Bawah Laut Terbaik di Indonesia 

Danau Ladoga

Tiba di urutan pertama danau terluas di Eropa yaitu Danau Lodaga di negara Rusia dan Finlandia. Danau ini sangat luas sekali mencapai 17.700 kilometer persegi dan menjadi danau air tawar terluas ke-15 dunia. Panjangnya mencapai 219 kilometer dengan lebar maksimal mencapai 138 kilometer, kemmudian kedalamannya rata-rata 51 meter. Untuk volume air yanng bisa tertampung di danau Ladoga sebesar 837 kilometer kubik. Dialiri air dari sungai Svir, Sungai Volkhov dan Sunngai Vuoksi. Ada 660 pulau yang berada di tenga Danau Lagoda yang dikenal dengan kepulauan Valaam, Kilpola dan Konevetes di bagian barat laut.

Comments are closed.