Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Disneyland, Sudah Tahu?

Travel

Disneyland merupakan salah satu taman hiburan terpopuler di dunia. Tak heran jika banyak peraturan yang harus dipatuhi untuk kenyamanan seluruh pengunjung.

Siapa yang tidak tahu taman hiburan Disneyland? Taman hiburan buatan The Walt Disney Company ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata paling populer di dunia. Tak hanya orang dewasa, taman hiburan ini juga menyediakan banyak wahana yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Bahkan, jumlah wahana untuk anak-anak jauh lebih banyak di taman hiburan ini.

Tapi, seperti taman hiburan lainnya, tentu Disneyland memiliki berbagai peraturan yang patut diikuti oleh setiap pengunjungnya, yakni hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sana. Tujuan dari dijalankannya peraturan tersebut tak lain untuk kenyamanan seluruh pengunjung yang ada di sana. Penasaran apa saja peraturan tersebut? Yuk, simak di bawah ini!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Disneyland

Menerbangkan Drone

Aturan ini sebenarnya sangat masuk akal, drone memiliki banyak potensi untuk membahayakan baik pengunjung maupun membahayakan fasilitas wahana di Disneyland.

Selain itu, privasi pengunjung juga menjadi salah satu alasan aturan ini diberlakukan. Anda pasti tidak mau kan, kalau Anda direkam oleh seseorang tanpa seizin Anda. Apalagi jika itu untuk tujuan yang tidak baik.

Selain masalah privasi, drone berpotensi jatuh atau menabrak seseorang yang sedang menikmati wahana. Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya jika drone ini menabrak dan terjepit di antara roda roller coaster, bisa jatuh korban jiwa.

Menggunakan Kursi Lipat

Bawa kursinya boleh, duduknya jangan. Aturan ini bertujuan supaya tidak ada pegunjung yang membawa kursi lipat dan menggunakannya di tengah kerumunan orang atau di tengah antrean.

Disneyland sangat memperhatikan kenyamanan pengunjungnya, oleh karena itu segala hal, bahkan yang sepele seperti ini pun tidak diperbolehkan. Pengunjung hanya diperbolehkan duduk di kursi-kursi yang disediakan oleh Disneyland.

Menggunakan Kostum Bertema Disney untuk Pengunjung Dewasa

Satu-satunya yang diperbolehkan menggunakan kostum (utamanya karakter Disney) adalah para pegawai taman hiburan itu sendiri dan pengunjung yang masih kanak-kanak.

Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang bisa saja terjadi karena adanya penyalahgunaan kostum yang notabene merupakan seragam wajib bagi para pegawai “cast member” Disneyland.

Memakai Topeng

Aturan ini ada karena pihak Disneyland tidak ingin ada pengunjung yang bertingkah seperti petugas mereka hanya karena ia memakai topeng Mickey Mouse atau topeng yang menyerupai karakter Disney lainnya. Tapi, hal ini tidak berlaku jika topeng itu digunakan untuk alasan kesehatan seperti masalah kulit ataupun alergi terhadap cahaya matahari dan lainnya.

Membawa Toples Kaca

Ditakutkan pecahannya akan menyebar dan melukai diri sendiri maupun pengunjung lainnya. Daripada mengambil risiko, maka pihak Disneyland melarang setiap pengunjung untuk membawa toples kaca sebagai tempat makanan. Tapi, hal ini justru tidak berlaku bila toples kaca tersebut digunakan untuk menyimpan makanan bayi.

Menggunakan Tongsis

Tongsis dianggap bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Seperti halnya drone, tongsis dianggap memiliki potensi untuk merusak fasilitas wahana dan mengakibatkan kerugian baik harta maupun jiwa.

Tapi, jika Anda terlanjur membawa tongsis, Anda bisa menitipkan tongsis di bagian penitipan barang dekat gerbang masuk. Anda bisa mengambilnya lagi di tempat yang sama saat Anda pulang.

Mengaktifkan Flash Kamera dalam Wahana Indoor

Cahaya yang berada di dalam wahana indoor sudah diatur sedemikian rupa dan sesempurna mungkin oleh tim ahli Disneyland. Menggunakan flash di dalam wahana indoor akan menganggu orang lain dalam menikmati pengaturan cahaya tersebut dan juga hal ini akan menganggu penglihatan mereka dan membuat mereka menjadi tidak nyaman.

Membawa Tas atau Koper Berukuran Besar

Standar batas ukuran tas atau koper yang diijinkan oleh Disneyland adalah 24 x 15 x 18 inch. Lebih dari itu maka tas Anda akan dianggap melewati batas dan tidak diizinkan untuk dibawa masuk ke dalam area Disneyland.

Selain makan tempat, hal seperti ini juga bisa menimbulkan kecemasan pengunjung yang mengaitkan tas besar seperti itu dengan serangan teroris. Oleh karena itulah, aturan ini akhirnya dibuat.

Membawa Kereta Bayi Berukuran Besar

Standar batas ukuran kereta bayi yang diizinkan oleh Disneyland adalah 36 x 52 inch. Jika membawa bayi kembar, harap membawa dua stroller kecil yang terpisah jika tetap ingin diizinkan masuk ke dalam area taman hiburan.

Memperlihatkan Tato yang Tidak Sopan

Tatoo yang baik gambar ataupun tulisannya mengandung unsur kekerasan ataupun pornografi tidak diizinkan untuk terlihat di seluruh area Disneyland.

Disneyland adalah taman hiburan yang memiliki tujuan utama sebagai taman hiburan yang ramah bagi anak-anak kecil. Jadi, jika Anda punya tatoo seperti ini di tubuh Anda, pastikan Anda menutupinya selama berada di area Disneyland.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Merekam Pengalaman Naik Wahana Roller Coaster

Entah itu merekam untuk diunggah secara live ataupun untuk keperluan saluran YouTube Anda, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan hal ini.

Selain karena bisa menimbulkan bahaya dan kerugian bila handphone Anda terjatuh. Hal ini juga akan merugikan Disneyland, karena akan menurunkan minat orang menaiki wahana tersebut karena sudah menonton video Anda tersebut.

Membawa Tripod Berukuran Besar

Tidak seperti kereta bayi dan tas yang memiliki batas ukuran, tripod tidak diberikan batas ukuran khusus sehingga harus Anda sendiri yang memperkirakan apakah ukurannya wajar atau tidak.

Dan kalau ternyata ukuran tripod Anda lebih besar dari (atau sangat melebihi) ukuran tripod normal, ada kemungkinan petugas Disneyland akan menahan tripod Anda untuk selanjutnya disimpan di bagian penitipan barang.

Sejatinya, hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Disneyland di atas masih masuk dalam tahap wajar, bukan? Jadi, sebelum Anda pergi ke sana, sebaiknya pahami dulu agar tidak ditegur oleh pihak sana ya!

 

Comments are closed.