Etika Penumpang di Dalam Pesawat yang Harus Dipatuhi

Travel


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Supaya perjalanan tetap aman dan nyaman, pastikan Anda selalu mematuhi etika penumpang di dalam pesawat. Sebab, jika tidak mematuhi etika tersebut, pasti Anda akan mendapatkan masalah sehingga menyebabkan perjalanan menjadi terganggu.

Setiap transportasi pasti memiliki etika dan peraturan yang harus dipatuhi dan terbilang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Contohnya, menjaga kebersihan, tidak berkata kasar, menjaga privasi penumpang lain dan sebagainya. Itu merupakan etika dasar yang memang harus dilakukan di mana pun Anda berada. Namun, khusus untuk artikel ini, Futuready.com akan menjelaskan mengenai etika penumpang di dalam pesawat yang harus dipatuhi.

Etika Penumpang di Dalam Pesawat

Berbicara etika penumpang di dalam pesawat, mungkin lebih mengarah kepada sikap dan prilaku terhadap awak kabin, fasilitas di dalam pesawat, hingga penumpang lainnya. Etika di sini bukan hanya prilaku, tetapi juga gaya bicara dan bahasa yang harus lebih diperhatikan lagi. Jangan sampai Anda melakukan hal konyol yang dapat merugikan diri sendiri, meskipun itu hanya sekadar becandaan. Oleh karena itu, agar perjalanan Anda menggunakan pesawat tetap aman dan terhidar dari masalah apa pun, pastikan Anda mematuhi semua etika penumpang di dalam pesawat. Nah, untuk Anda yang masih bingung apa saja etika yang harus dipatuhi, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Cek Kode Booking Air Asia

Harus Bersikap Sopan

Masih saja ada penumpang yang nakal dengan menggoda atau berprilaku genit kepada pramugari. Sudah dipastikan perilaku tersebut bukan termasuk etika penumpang di dalam pesawat yang harus dipetahui. Meskipun seorang pramugari bekerja untuk melayani penumpang, bukan berarti Anda bisa bersikap semaunya. Bersikaplah sopan selayaknya Anda lakukan kepada orang lain. Jika memang Anda membutuhkan sesuatu di dalam pesawat, berbicara dan bersikap yang normal tanpa ada unsur dan maksud terselubung. Baca

Bersikap sopan ini juga harus Anda terapkan kepada penumpang lainnya. Pasalnya, penumpang lain pun memiliki hak yang sama seperti Anda. Jaga prilaku dan jangan melakukan hal-hal aneh yang bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Bahkan jika perlu, Anda bisa menegurnya sekadar salam sapa sebagai tanda bahwa Anda menghormati dan menghargainya. (Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor)

Mengontrol Barang Bawaan

Setiap penumpang memang memiliki hak untuk membawa barang dan diletakkan di dalam kabin. Tetapi, satu hal yang perlu diingat bahwa bagasi kabin itu bukan hanya miliki Anda saja tetapi milik semua penumpang pesawat tersebut. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan barang yang Anda bawa tidak melebihi kapasitas sehingga tidak mengambil seluruh tempat bagasi yang harusnya diisi oleh penumpang lain. Selain itu, ada aturan yang memang sudah ditetapkan oleh seluruh maskapai penerbangan mengenai jumlah berat barang yang boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Agar Anda tidak mendapatkan masalah, pastikan etika penumpang di dalam pesawat yang satu ini sangat dipatuhi.

Menghormati Privasi Orang Lain

Sama halnya dengan Anda, setiap orang memiliki privasinya masing-masing. Meskipun jarak antar bangku yang begitu sempit, tetapi Anda harus tetap bisa menjaga privasi penumpang lain yang ada di sebelah Anda. Contohnya, tidak nyalakan lagu dengan volume yang cukup keras, tidak berisik selama penerbangan, dan juga harus menjaga posisi tidur sehingga tidak mengganggu orang lain. Meskipun terlihat sepele, tetapi sikap dan prilaku ini harus dilakukan agar perjalanan pun menjadi nyaman.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Menjaga Kebersihan

Sebenarnya, etika yang satu ini sudah tidak perlu diingatkan lagi. Pasalnya, setiap orang harus sudah memiliki kesadaran tersendiri untuk tetap menjaga kebersihan. Meskipun Anda tidak dilarang membawa makanan dari luar (asalkan sesuai prosedur), tetapi tetap saja sampah-sampah makanan tersebut harus dirapikan dan dibuang di tempat yang benar. Jangan pernah Anda membuang sampah di kursi atau di lantai. Tunggulah sampai ada kru kabin yang berkeliling membawa plastik besar untuk menampung sampah-sampah tersebut.

Comments are closed.