Fakta Menarik Boxing Day yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Travel

Boxing Day sudah sangat melekat dengan sepak bola Inggris. Tak sedikit pula yang menganggap hari tersebut berhubugan dengan olahraga tinju. Faktanya, boxing day tak ada hubungannya sama sekali dengan kedua olahraga tersebut.

Bagi Anda penggemar sepak bola khususnya liga Inggris, pasti Anda tak asing dengan istilah boxing day. Hari tersebut merupakan hari di mana liga Inggris tetap melangsungkan pertandingan meski masih dalam momen liburan Natal. Jadi, tak ada satu pun pemain di klub-klub sepak bola asal Inggris yang merasakan liburan pada boxing day.

Bicara soal boxing day, nyatanya banyak sekali orang yang salah kaprah seputar asal muasal hari tersebut. Tak sedikit orang beranggapan bahwa boxing day berasal dari istilah tinju mengingat namanya yang serupa dengan olahraga adu jotos tersebut.

Baca juga: Profesi yang Bisa Membawa Anda Keliling Dunia

Padahal, boxing day sama sekali tak ada hubungannya dengan olaharaga tinju, hanya namanya saja yang sama. Nyatanya, ada sejarah panjang di balik hadirnya peringatan ini di kehidupan kita saat ini dan tentunya tak ada kaitannya dengan olahraga apa pun, baik sepak bola maupun tinju.

Penasaran bagaimana cerita di balik hari besar yang saat ini identik dengan sepak bola Inggris ini? Yuk, simak fakta menarik seputar hari perayaan ini yang mungkin belum Anda ketahui!

Asal Muasal

buruh pabrik

Sejarah munculnya hari boxing berawal dari kaum pekerja di Inggris Raya pada awal abad ke-19. Mereka yang notabene berada di kasta bawah di Inggris Raya tetap masuk kerja pada tanggal 25 Desember atau tepat saat perayaan Natal. Mereka masuk seperti biasanya untuk melayani orang-orang yang berada di kelas sosial lebih tinggi saat merayakan Natal.

Hal ini membuat sebagian besar masyarakat kasta atas memberikan apresiasi pada kaum pekerja yang merelakan waktu libur Natalnya untuk bekerja. Jadi, mereka yang lebih berada memberikan sebuah kotak berisi uang dan berbagai barang berharga lain untuk pekerja tersebut dan memberikan libur di tanggal 26 Desember.

Sejak itulah hari raya ini resmi dirayakan setiap tahunnya di berbagai belahan dunia, khususnya yang mayoritas masyarakatnya beragama kristen.

Alasan Pemilihan Nama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nama tidak ada hubungannya sama sekali dengan olahraga tinju. Boxing yang dimaksud di sini adalah kerelaan kaum pekerja untuk tetap masuk dan bekerja di hari Natal demi melayani orang-orang dengan kelas yang lebih tinggi tanpa mengeluh dan mengharapkan imbalan. Mereka murni bekerja karena hati. Selain itu, hadiah berbentuk yang dikemas dalam sebuah kotak pun menjadi dasar yang kuat pemilihan nama ini.

Perayaan Di Berbagai Negara

Perayaan satu ini memang lahir di Inggris. Tapi, saat ini, hampir semua negara yang mayoritas masyarakatnya beragama kristen turut merayakan hari kebesaran kaum pekerja ini. Ada beberapa negara yang tetap menggunakan nama ini, namun tak sedikit juga yang punya nama lain untuk merayakan hari tersebut.

buruh

Afrika Selatan memiliki nama lain sebagai pengganti hari raya ini, yaitu Hari Jasa Baik. Lain Afrika Selatan, lain pula Irlandia. Negara satu ini menggunakan nama Hari St. Stephen sebagai penggantinya. Begitu pula dengan Jerman, Belanda, Polandia, negara Skandinavia, dan beberapa negara lain di Eropa yang tak menggunakan istilah ini, melainkan Hari Kedua Natal.

Namun, nama yang berbeda tersebut tak membuat perayaan di setiap negara menjadi berbeda pula. Negara-negara tersebut tetap menjalankan tradisi yang biasa dilakukan di Inggris, yaitu memberi kado pada kaum pekerja,

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sekarang tentu Anda sudah tahu bahwa perayaan ini bukanlah hari tinju atau sepak bola di Inggris, melainkan apresiasi pada kaum pekerja. Jangan salah kaprah lagi ya!

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Comments are closed.