5 Fakta Tibet, Negeri Penuh Spiritualitas

Travel

Tibet tidak hanya memiliki pemandangan alam yang cantik, tetapi juga kaya akan budaya. Pas untuk Anda yang ingin berlibur sambil menikmati warisan sejarah dunia. Berbagai fakta Tibet Kami rangkum dalam artikel ini untuk Anda.

Tibet adalah tanah penuh spiritualitas, menjadi rumah bagi tadisi budaya yang berbeda dan dianugerahi pemandangan alam yang menakjubkan. Tibet adalah tujuan utama para pelancong yang mencari petualangan baru. Menjadi rumah para Buddhisme, Tibet menawarkan segudang budaya kuno, arsitektur rumit dan praktik pertanian berusia ratusan tahun.

Wilayah yang masih jadi bagian dari negara Cina tersebut sangat bagus untuk dieskplorasi. Penasaran dengan apa saja yang ada di Tibet?

Baca juga: 5 Fakta Unik Kota Batu Petra

5 Fakta Tibet

Punya Julukan “Atap Dunia”

Tibet terletak di Dataran Tinggi yang merupakan wilayah tertinggi di dunia. Ketinggian adalah rata-rata 4.500 m (14.763 kaki). Karena itulah tak banyak wisatawan yang bisa bertahan mendaki pegunungan di wilayah ini. Banyak perusahaan wisata menawarkan tangki oksigen kecil. Bagi Anda yang punya masalah dengan ketinggian dan pernafasan sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengeksplorasi wilayah ini.

Gunung dan Lembah yang Menakjubkan

ragam fakta tibet

Fakta Tibet lainnya adalag statusnya sebagai rumah bagi puncak tertinggi di dunia, Mt. Everest, serta keindahan alam dari banyak lembah terpencilnya. Geografi dan iklimnya dinamis dan kasar. Karena karakteristik geografisnya yag berupa pegunungan, menjadikannya provinsi dengan populasi paling kecil di Cina.

Himalaya jadi lanskap utamanya, sementara gunung-gunung lain berdiri setidaknya 20ribu kaki. Karena dikelilingi oleh pegunungan tinggi kawasan ini jadi salah satu daerah terpencil di bumi. Akses menuju kesini juga tidak mudah, dari pusat kota Anda memerlukan setidaknya 5 jam perjalanan darat untuk sampai ke daerah pedesaan.

Pembatasan Kunjungan

Tak seperti negara atau kota lain yang bebas dikunjungi turis, Tibet adalah wilayah yang sangat tertutup. Bahkan pertama kalinya turis diizinkan mengunjungi kawasan ini masih tergolong baru yakni pada 1980-an. Anda juga tidak bisa sembarangan berlibur kemari. Pantang datang kemari pada Januari-Februari. Wilayah ini baru terbuka setelah februari berakhir, itupun harus dengan bantuan pemandu karena ada sejumlah izin yang harus Anda katongi untuk bisa mengelilingi wilayah ini.

Hidangan yang Unik

Bidang kuliner juga turut menyumbang fakta Tibet yang tidak diketahui banyak orang. Tibet dikenal punya hidangan atau penganan unik. Makanan yang mereka konsumsi sebagian besar dipengaruhi oleh iklim dan letak geografis. Makanan berbasis beras dan ikan yang sebagian besar dikonsumsi penduduk China selatan jarang ditemui disini. Produk terkenal dikawasan ini adalah olahan Yak.

Selain itu penganan olahan seperti yogurt dan mentega juga sagat populer disini. Jika berkunjung kemari Anda harus mencoba beberapa hidangan favorit seperti tsampa (makanan pokok yang terdiri dari barley), balep (roti), thukpa (sup mie), mentega yak, keju yak, yoghurt, dan daging yak mentah.

Adat Istiadat yang Sangat Kental

Tidak hanya tempat wisata dan panganan, adat istiadat kental turut berkaitan dengan fakta Tibet. Saat berkunjung kemari sebaiknya Anda gunakan pemandu, sebab tidak semua situs membolehkan pengunjung untuk mengambil sesi foto. Beberapa tempat juga sangat melarang wisatawan untuk merokok, makan, atau perilaku yang mengganggu lainnya.Ada juga kode pakaian khusus yang harus diikuti sehubungan dengan sifat suci situs. Celana pendek dan atasan bahu terbuka tidak disarankan.

Banyak kuil melarang pengunjung mengambil foto patung-patung Buddha yang terletak di lokasi-lokasi penting. Kadang-kadang, para pelancong dapat kesempatan untuk memotret para Buddha, tetapi ini jarang sekali terjadi.

Agama Budha Menjadi Dasar Budaya

ragam fakta tibet

Disini, agama Buddha bukan hanya kepercayaan agama tetapi sudah tertanam dalam setiap segi kehidupan. Jangan heran jika saat berkunjung kesana Anda akan menyaksikan ritual kuno dan menjelajahi ruang sakral. dari apotek Tibet kuno (di mana Anda akan belajar filsafat melalui pengobatan) hingga Istana Potala yang megah.

Berbagai peninggalan Budha dari berabad-abad lampau masih terjaga dengan baik. Banyak situs suci dan karya agung seni dan budaya dapat Anda nikmati. Karena sudah menjadi budaya Andapun tidak bisa seenaknya ketika mengunjungi beberapa situs. Ada adab tertentu tentang cara berpakaian dan berperilaku yang harus dijaga.

Baca juga: Traveling ke Kathmandu Belanja Asuransi Perjalanan ke Nepal Biar Makin Aman

Obyek Wisata Menarik di Tibet

Selain punya keunikan budaya Tibet juga dikenal dengan obye wisatanya yang indah dan sulit dilupakan. Nah, bagi Anda yang berenana liburan kesana, jangan hanya jadikan MT Everest sebagai tujuan utama, tapi juga kunjungilah tempat-tempat menarik ini:

Istana Potala

Terletak di sisi Marpo Ri (Gunung Merah), barat laut Kota Lhasa, Istana Potala adalah kompleks bangunan yang besar dan mengesankan. Dibangun pada tahun 637, Istana Potala adalah istana kerajaan Raja Songtsan Gampo. Pada tahun 1645, Lozang Gyatso, Dalai Lama Kelima Besar merekonstruksi Istana Potala menjadi tempat tinggal Dalai Lama dan pusat teokratis Tibet.

Disini Anda akan disuguhi dengan pemandangan 698 murah, 10.000 lukisan, patung, karpet, gorden, porselen, batu giok dan benda-benda yang terbuat dari emas maupun perak yang dulunya menjadi bagian dari kejayaan Dalai Lama. Istana Potala adalah Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Kuil Jokhang – Pusat Spiritual Tibet

Dibangun pada abad ke-7, Kuil Jokhang terletak di Barkhor Square, Lhasa. Ini adalah kuil tertinggi Buddhisme, dan dianggap sebagai kuil paling suci dan penting. Kuil ini dibangun oleh Raja Songtsan Gampo untuk dua pengantinnya: Putri Tang Wencheng dan Putri Nepal Bhrikuti. Gaya arsitektur kuil menggabungkan desain Dinasti Tang Cina dengan desain vihara India dan desain Nepal.

Kedua putri masing-masing membawa patung Sakyamuni dari Cina dan Nepal. Saat ini patung yang dibawa Putri Wencheng masih bertempat di kuil, tetapi patung yang dibawa Putri Bhrikuti bertempat di Kuil Ramoche.

Namtso – Danau Surgawi

Namtso dianggap sebagai salah satu tempat paling indah di Tibet. Terletak di Kabupaten Damxung dan Kabupaten Baingo, Daerah Otonomi Tibet, Danau Namtso adalah danau air asin terbesar kedua di Cina.

Namtso berarti ‘Danau Surga’ dalam bahasa Tibet. Namtso berada di ketinggian sekitar 4.718 meter (15.479 kaki) – benar-benar sebuah danau di langit. Namtso dianggap sebagai danau suci oleh umat Buddha. Banyak orang berziarah ke Danau Namtso.

Yamdrok Lake – Sacred Lake

ragam fakta tibet

Danau Yamdrok (Yamdrok Yumtso) adalah salah satu dari tiga danau suci di Tibet. Terletak di Kabupaten Nagarzê, Prefektur Shannan, Danau Yamdrok berjarak sekitar 70 kilometer dari Lhasa. Danau Yamdrok sering juga disebut sebagai ‘danau giok’. Pemandangan unik terhampar disini dengan adanya danau yang dikelilingi padang rumput, binatang dan tumbuhan liar, biara dan pegunungan bersalju.

Baca juga: Ingin Liburan Ke China? Ini yang Harus Dipersiapkan!

Yarlung Tsangpo Grand Canyon – Ngarai Terindah di Cina

Yarlung Tsangpo Grand Canyon adalah ngarai terdalam di dunia dan dianggap sebagai ngarai terindah di Cina. Membentang 505 km (314 mil), Grand Canyon Yarlung Tsangpo dimulai dari Desa Daduka, Kabupaten Mainling di ketinggian 2.880 meter (9.450 kaki) di utara hingga Desa Pasighat, Kabupaten Mêdog di ketinggian 115 meter (377 kaki) di Selatan.

Comments are closed.