Fakta Unik ini Hanya Ada di Myeongdong Korea Selatan

Travel

Distrik Myeongdong, Korea Selatan sering menawarkan diskon besar untuk produk fashion dan kecantikan.Cocok dikunjungi para penggila belanja.

Para penggila skin care Korea Selatan pasti sudah akrab dengan Myeongdong. Kawasan yang dekat dengan Seoul ini dikenal sebagai surga belanja. Selain dipenuhi dengan butik dan toko-toko kecantikan ternama, di sini Anda juga akan menemukan tempat makan terbaik di Seoul. Banyak restoran favorit para pelancong berdiri di sini.

Tidak butuh waktu lama untuk menjelajahi Myeongdong Korea Selatan, khusus Anda yang tengah berlibur singkat ke Korea. Apa saja hal menarik tentang Myeongdong yang membuatnya layak dikunjungi?

Fakta Menarik Myeongdong Korea Selatan

Surganya Shooping Centre

Tempat belanja di Myeongdong

Saat menjejakkan kaki sipenjang Myeongdong Anda akan disuguhi dengan butik-butik berkelas. Area yang punya luas lebih dari 1km ini memang dikenal sebagai kiblatnya fashion Seoul. Tak heran butik dari harga murah hingga mahal mudah ditemui di sini. Selain butik beragam toko kecantikan juga membanjiri jalanan ini.

Laneige, skin foof, IOPE, Innisfree, Stylenanda 3CE, Olive Young, Boots, Aritaum, Nature Republic, Primera, Etude House, sebagian dari merek yang banyak dijual di sini. Sementara untuk merek-merek premium lainnya, seperti Sulwhasoo, History of Whoo, Hera, Amore Pacific, bisa ditemui di Lotte Department Store.

Jika Anda adalah penggemar produk kecantikan Korea, jangan lewatkan berbelanja di sini karena banyak toko memberikan diskon besar-besaran.

Baca juga: Ini Biaya Visa Korea Selatan yang Harus Disiapkan

Teater Tanpa Bahasa

Selain butik dan toko kecantikan, di Myeongdong Anda juga bisa menikmati pertunjukkan teater diam, Nanta Theatre. Tempat ini sering menampilkan pertunjukkan komedi tanpa dialog, jadi Anda yang tidak bisa bahasa Korea tetap bisa menikmati alur ceritanya. Satu hal yang unik dari Nanta ini adalah penguin peralatan dapur untuk memainkan musik.

Panci, penggorengan, pisau, sendok, dan alat alat dapur lainnya beradu menghasiilkan ritme dan ketukan. Pertunjukkannya adalah gabungan dari atraksi akrobat, trik sulap, komedi, pantomim, dan partisipasi dari penonton.

Sementara ritme yang biasa dimainkan oleh Nanta adalah Samulnori, yaitu musik tradisional Korea. Organisasi Pariwisata Korea juga memasukkan Nanta ke dalam daftar 10 tempat di Seoul yang wajib dikunjungi.

Bagaimana caranya ke sini? Naik Seoul Metro Line 2 ke Stasiun Euljiro 1-ga. Keluar stasiun menggunakan Exit 6. Jalanlah ke arah selatan di sepanjang Namdaemun-ro ke Myeongdong-gil dan belok kiri. Ikuti Myeongdong-gil satu blok, dan Anda akan menemukan teater di sebelah kanan Anda.

Katedral Khas Eropa

gereja di Myeongdong

Ketika berkeliling Myeongdong Korea Selatan Anda akan dikejutkan dengan sebuah katedral yang bangunannya khas Eropa. Sejenak mungkin Anda berpikir katedral ini lebih selaras dengan kota Eropa kuno daripada kota metropolitan Asia, seperti Seoul. Wajar, katedral ini memang dibangun oleh komunitas Katolik Roma pada akhir abad ke-19. Gereja inipun jadi bangunan gotik pertama yang dibangun di Korea Selatan.

Jika ingin berkunjung ke sini, Naik ke Jalur 4 Metro Seoul, keluar dari Stasiun Myeong-dong. Dari Pintu Keluar 6, belok kiri ke Myeongdong 8-gil (Jalan Perbelanjaan Myeongdong). Di Myeongdong-gil (sekitar 350 meter di depan), belok kanan. Dalam waktu kurang dari 200 meter Anda akan melihat katedral di sebelah kanan.

Baca juga: 5 Minuman Khas Korea Dicintai Wisatawan Dunia

Mie dan Pangsit Terbaik di Seoul

Salah satu alasan utama untuk mengunjungi Myeongdong adalah makanannya yang unik. Restoran yang paling terkenal adalah Myeongdong Kyoja (Gyoja). Sudar berdiri sejak empat tahun silam, Myeongdong Kyoja menyajikan beberapa mie dan pangsit terbaik Seoul.

Hidangan khas di sini adalah kalguksu, sup berisi mie gandum yang dipotong sendiri dan kaldu yang diisi penuh dengan daging, kue, dan sayuran. Selain itu, maakanan favorit lainnya di Myeongdong Kyoja adalah bibimguksu (mie pedas), kongguksu (sup kacang kedelai dingin dengan mie), dan mandu.

Sementara pangsitnya mirip seperti buatan Cina dengan karakter yang halus dan dibumbui dengan bahan-bahan, seperti daging babi, bawang hijau, minyak wijen, dan jahe.

Dulunya hanya Perumahaan Biasa

Sebelum menjadi sebuah distrik perbelanjaan, Myeongdong Korea Selatan hanyalah sebuah area perumahan biasa. Nama Myeongdong pun sebenarnya bukan nama asli distrik ini. Dulu, selama era Dinasti Joseon, sebagian besar kawasan ini merupakan distrik perumahan yang disebut Myeongryebang. Kemudian, di bawah penjajahan Jepang, namanya diubah menjadi Myeongchijeong yang merujuk pada distrik komersial selama periode kolonial itu. Akhirnya namanya diubah kembali menjadi Myeong-dong pada 1946, setelah kemerdekaan.

Toko Bebas Pajak

pertokoan di Myeongdong

Sebagian besar toko di Myeongdong Korea Selatan menawarkan klaim bebas pajak. Kasir akan memberi Anda satu kwitansi  dan satu slip pengembalian pajak dalam amplop untuk setiap pembelian di mana Anda menghabiskan setidaknya KRW 30.000. Anda hanya perlu menunjukkan paspor atau nomor penerbangan untuk mendapatkannya. Proses bebas pajak ini memudahkan barang bawaan Anda memasuki bagasi pesawat.

Bandara Internasional Incheon, Anda dapat menemukan penghitung pengembalian dana di lantai tiga, lantai keberangkatan, di depan gerbang 28. Pajak yang dapat dikembalikan adalah PPN (10%). Ada juga beberapa pajak khusus untuk produk-produk mahal. Jika jumlah produk belanja Anda lebih dari 1.000 KRW, Anda harus menunjukkannya kepada bea cukai. Untuk pengembalian uang tunai, Anda memerlukan paspor, kartu kredit, kwitansi, dan klip pengembalian pajak.

Myeongdong Korea Selatan, Kawasan Penuh Inspirasi

Berjalan di Myeongdong Korea Selatan memberikan vibes tersendiri, terlebih ketika malam hari. Disinilah para anak muda Seoul dan band-band atau Korean-Pop Amatir berkumpul serta tampil di depan pengujung. Tidak perlu memberikan uang karena pertunjukkan yang mereka lakukan gratis.

Ya, Myeongdong di malam hari penuh dengan hiburan musik yang memberi kesan Korea modern dan energik. Anda bisa mencari inspirasi soal musik, seni, dan pertunjukkan dengan berjalan santai di malam hari. Orang-orang di sini juga sangat terbuka sehingga Anda bisa belajar banyak dari Mereka.

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya! 

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Soal penampilan, biarpun masih amatiran, tapi untuk fashion mereka tetap tampilkan yang terbaik sesuai dengan citra Myeongdong sebagai pusat fashion Korea Selatan. Jadi, tak perlu ragu untuk bereksperimen saat mengunjungi tempat ini.

Beberapa kali dalam setahun, di sini diadakan festival khusus musik, tarian, dan pertunjukan. Carilah info di beberapa website Korea Selatan, di sana Anda bisa menemukan daftar pertunjukkan yang akan berlangsung.

Selain penuh dengan hiburan landscape Myeongdong Korea Selatan di malam hari juga sangat cantik. Sangat cocok dijadikan latar foto yang penuh estetika. Lampu-lampu yang berkilauan dan barisan toko yang cantik akan membuat Anda jatuh cinta dengan distrik ini.

Comments are closed.