Lokasi Syuting Film James Bond, Ada Lokasi Film Terbarunya!

Travel

Lokasi syuting James Bond seringkali berlatarkan gedung-gedung keren, di film terbarunya kota Gravina di Italia menjadi latar yang tak kalah menarik, ingin tahu?

Daya tarik Daniel Craig dalam melakukan aksi yang menantang dan kehebatannya dalam mengalahkan musuh dengan stateginya, memang sukses menghipnotis penonton untuk seketika jatuh cinta pada karakter James Bond.

Tak heran, film James Bond terbaru selalu menjadi film yang paling di nanti-nanti penggemarnya. Bukan hanya karena aksinya yang keren, cerita dan latar suasana yang dibangun menjadi padu padan yang pas dilihat dari sebuah layar. Karenanya, lokasi syuting menjadi salah satu penunjang penting dalam pembuatan film.

Baca juga: Keliling Eropa: Hindari 7 Kesalahan Ini!

Lokasi Syuting Film James Bond

Dengan kecerdikannya, Bond kerap mengelabui musuh untuk masuk ke dalam markasnya. Meski begitu, misinya tak selalu berlangsung mulus, terkadang Anda dikagetkan oleh setiap gerakan yang dekat dengan risiko berbahaya.

Di balik film action tersebut, terdapat beberapa gedung dari seluruh dunia yang dipilih menjadi lokasi syuting film. Berikut ini beberapa gedung dengan desain arsitektural keren di balik film mata-mata karismatik ini, di antaranya:

Hotel ESO Residencia di Paranal, Chile

Gedung yang pernah meraih penghargaan ini memiliki struktur yang dibangun dibawah tanah. Di film Quantum of Solace terdapat adegan ketika Bond hendak ke gurun Atacama Chile untuk berkunjung ke hotel ramah lingkungan milik Dominic Greene. Di film itu Dominic Greene dikisahkan sebagai “pengusaha lingkungan” yang berniat jahat mengontrol suplai air di Bolivia.

Dalam kenyatannya, hotel tersebut adalah penginapan untuk para ilmuwan dan teknisi Paranal Observatory. Para turis diperbolehkan untuk melakukan tur keliling kompleks residensial ini, namun tidak dapat menginap kecuali para pekerja saja.

Piz Gloria di Pegunungan Alpen Swiss

mengunjungi lokasi film james bond

Dalam film keenam Bond yang berjudul “On Her Majesty’s Secret Service”, Bond menjalankan misi masuk ke dalam klinik riset alergi yang terletak di puncak gunung Swiss Alps. Klinik tersebut menjadi markas dari Ernst Stavro Blofeld, yang merupakan pemimpin organisasi kriminal global bernama Specre.

Bond yang dikelabui oleh orang Australia George Lazenby, sempat terjebak namun melarikan diri dengan melakukan ski ke daerah Piz Gloria. Kenyataannya, markas tersebut adalah restoran 360-degree revolving yang bisa berputar 360 derajat dengan pemandangan pegunungan yang indah. Restoran ini hanya bisa dijangkau menggunakan kereta gantung.

Hasmima, Jepang

Pada bulan Juni 2015, para turis mengunjungi bagian dari pulau Hashima yang juga dikenal dengan nama Gunkanjima yang artinya Pulau Kapal perang, dekat dari Nagasaki, Jepang Selatan. Di film Skyfall, James Bond berlayar menuju pulau sepi di Macau di mana dia hendak dipenjara oleh penjahat Raoul Silva.

Silva yang diperankan oleh aktor Javier Bardem adalah mantan karyawan MI6 yang beralih profesi menjadi seorang teroris cyber yang perannya mirip seperti Joker di film Batman. Pulau kecil tersebut sebenarnya terletak hanya 15 kilometer dari kota Nagasaki Jepang. Dahulu pada 1880 sempat menjadi lokasi pertambangan batu bara dan semakin lama ramai ditempati oleh penduduk setempat.

Di akhir tahun 1970an, pertambangan tersebut ditutup dan warganya dipaksa untuk meninggalkan pulau tersebut. Kini bangunan tua pun terlihat masih berdiri dengan kondisi yang rusak.

Reynolds Bauxite Pier, Jamaika

Markas milik Dr. No Lair sebenarnya adalah pertambangan bauksit di kawasan Jamaika. Bond yang ketika itu diperankan oleh Sean Connery, menjalankan misi ke daerah tropis Jamaika untuk menginvestigasi hilangnya Pimpinan Intelejen Inggris.

lokasi syuting film james bond

Di Jamaika, Bond kemudian ditawan oleh penjahat bernama Dr. No yang tinggal di pulau fiksi bernama Crab Key, yang aslinya terletak di kawasan Ocho Rios. Pengambilan gambar diambil dekat Ocho Rios di kawasan Reynolds Pier, pertambangan bauksit dimana Bond melarikan diri dengan Bond Girl bernama Honey Ryder.

Rumah Elrod, Palm Springs

Di film Diamonds Are Forever, Elrod House digambarkan sebagai villa eksklusif milik Willard Whyte’s yang menjadi lokasi tawanan Bond. Ketika hendak tiba di rumah, Bond yang diperankan oleh Sean Connery langsung disambut oleh serangan fisik dari dua bodyguard Ernst Stavro.

Adu fisik tersebut dimulai dari ruang loungeroom yang ada dirumah, sebelum Bond tercebur di kolam renang luar ruangan yang memukau. Elrod House adalah rumah ikonik yang terletak di Palm Spring, di desain oleh arsitek Amerika John Lautner pada 1968.

Taj Lake Palace

Hotel mengambang ini adalah markas penjahat utama dalam film Octopussy. Kerajaan Taj Lake spektakuler ini terletak di Udaipur India, yang menjadi rumah musuh Bond dan pencuri perhiasan Octopussy.

Baca juga: 10 Kota Di Dunia Paling Popular di Instagram

Dijuluki “istana mengambang”, bangunan rumah ini menjadi rumah dari “Octopus Cult”, markas gerombolan wanita penjahat yang sangat loyal kepada pemimpinnya, Octopussy. Bond berhasil menyusup ke istana tersebut dengan cara berenang dan menyamar sebagai buaya. Kenyatannya, istana yang menjadi lokasi syuting James Bond pada 1983 ini adalah hotel mewah bintang lima yang dilengkapi oleh 83 ruangan.

Lokasi Syuting Film Terbaru James Bond ke-25 – Kota Gravina, Puglia

James Bond menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu bagi para penikmat seri film action. Sebab, film ke-25 James Bond ini akan menjadi film terakhir yang dibintangi oleh Daniel Craig yang berperan sebagai agen 007.

Bahkan, film yang masih belum dipastikan judulnya ini mencuri banyak perhatian pecinta film serial si agen rahasia, sejak nama-nama pemainnya diumumkan satu persatu. Selain nama-nama pemerannya, lokasi syuting film ini pun membuat penasaran. Pada film ini aktor ternama disertakan seperti Rami Malek, Naomie Harris, Lea Saydoux, Ben Whishaw dan tentu saja Daniel Craig.

Dilansir Travel and Leisure, film terakhir Daniel Craig sebagai Bond ini akan mengambil lokasi syuting di sebuah kota kecil di bagian selatan Italia. Direncanakan rilis pada April 2020, awak kru film kini tengah melakukan pengambilan gambar di kota Gravina, Puglia, Italia. Film yang menampilkan Daniel Craig sebagai tokoh utama Bond untuk terakhir kalinya ini akan dimulai proses syutingnya sedari bulan Juli hingga Agustus 2019.

lokasi james bond

Lantas apa daya tarik sesungguhnya kota ini? Gravina dikenal sebab aneka bangunannya nan estetik dengan kelindan arsitektur Romawi kuno nya nan menawan. Kota Gravina di Puglia terkenal dengan bangunan berarsitektur Romawi kuno, seperti jembatan dua tingkat yang membentang di sungai serta beberapa katedral dan gereja.

Menyambangi kota ini, para wisatawan dapat menyimak cantiknya jembatan dua tingkat yang membentang di seberang sungai dengan deretan katedral dan gereja nan memesona. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menelusuri apiknya terowongan kuno bersejarah, Gravina Sotterranea yang kerap jadi destinasi favorit wisatawan.

Kata Gravina berasal dari bahasa latin yang artinya batu, poros, atau erosi sungai. Menurut sejarah, kaisar Frederick II pergi ke Gravina karena ingin memperluas daerah kekuasaan dan adanya potensi gandum. Dia juga memutuskan memberi nama kota ini sebagai Grana dat et vina, artinya tempat yang menawarkan gandum dan anggur. Gravina adalah rumah dari Taman Nasional Alta Murgia.

Selain Gravina, akan ada beberapa negara lain yang dipilih sebagai lokasi pengambilan gambar film 007. Namun, Italia menjadi satu-satunya negara terjauh untuk pembuatan film mata-mata satu ini. Anda juga bisa traveling ala agen 007 serta menemukan berbagai tempat ikonik saat agen M16 memerangi kejahatan. Hingga sampai di museum James Bond yang ada di Pegunungan Alpen, Swiss.

Semenarik filmnya, ternyata lokasi syuting James Bond pun tak kalah menarik. Pemilihan latar yang tepat memang bisa mendukung suasana cerita yang mendukung. Tempat-tempat di atas tadi bisa juga lho Anda kunjungi. Lengkapi persiapan perjalanan Anda berikutnya dengan proteksi liburan dari Futuready, agar Anda dapat menikmati wisata dengan tenang.

Baca juga: Aturan Membawa Cairan Ke Bagasi Pesawat

Comments are closed.