Bukan Animasi, Ini Dia Lokasi Adegan Film Star Wars!

Travel

Siap menjelajah tempat asli adegan di film Star Wars? Jangan kaget sebab lokasinya yang menakjubkan. Penasaran?

Dibantu dengan banyak teknik animasi yang canggih, tak membuat kru film mengabaikan latar suasana yang nyata. Karenanya, banyak proses produksi sebuah film menggunakan lokasi nyata yang disesuaikan dengan latar cerita di dalam film. Salah satunya film Star Wars yang tetap melakukan syuting adegannya di lokasi dengan pemandangan yang menakjubkan. Bersama tim produksinya, kru telah memilih beberapa negara yang memiliki lokasi bertema pas dengan kisah karya George Lucas itu.

Jika Anda penggemar berat Star Wars maka Anda pasti sudah menonton film ini, berbagai adegan yang ditampilan menggugah naluri untuk membayangkan jika berada di dalam adegannya. Star Wars selalu memberikan kejutan tentang kehidupan di luar angkasa dan penggambaran planet-planet asing.

Anda pasti akan mengira bahwa itu hanyalah hasil efek khusus. Tetapi ternyata tidak semuanya menggunakan efek khusus yang dikerjakan dibelakang komputer saja. Ada beberapa lokasi syuting yang benar-benar ada di dunia nyata dan bisa Anda kunjungi tanpa harus berkhayal-khayal lagi. Lokasi-lokasi yang dipilih tim produksi film satu ini akhirnya ikut populer sebagai objek wisata baru, lho. Sebelum berkunjung ke lokasi-lokasi berikut, tidak ada salahnya melengkapi perjalanan Anda dengan asuransi dari Futuready, loh!

Baca juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan ke Eropa & Luar Negeri

Lokasi Syuting Terpopuler Film Star Wars

tak lagi khayalan, kini tempat-tempat keren di serial Star Wars ini bisa Anda kunjungi dan nikmati dengan nyata. Menariknya, beberapa tempat ini menjadi lokasi yang populer sebagai objek wisata. Berikut lokasi yang bisa Anda kunjungi, diantaranya:

Wadi Rum, Yordania

lokasi film star wars

Lokasi Wadi Rum memiliki lingkungan yang hampir sama dengan Mars. Banyak formasi bebatuan yang sangat cocok dijadikan sebagai planet rumah Lukas dan Anakin Skywalker.

Tempat ini muncul pada sekuel The Rogue One. Dalam film, lokasi ini dinamakan dengan The Moon of Jedhu yang menggambarkan suatu daerah yang sangat luas dan berpasir.

Pulau Skellig Michael, Irlandia

Skellig merupakan sebuah situs warisan dunia yang diakui UNESCO. Pulau Skellig berada 12 kilometer dari lepas pantai barat daya Irlandia. Dalam film ini, Pulau Skellig menjadi markas orang-orang Jedi. Lokasi ini sempat menampilkan adegan akhir yang dramatis dalam “The Force Awakens” dan muncul lagi sebagai rumah Luke Skywalker dalam ” The Last Jedi”.

Sebelum dipilih menjadi lokasi syuting, pulau Skellig Michael tak ada yang mengunjungi. Tak ada kehidupan juga di dalamnya. Saat ini, semakin banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket ke pulau ini. Turis yang datang pun dibatasi, demi menjaga kelestarian alamnya.

Redwood National and State Park, California

Dalam sekuel Return of the Jedi, pasti Anda tak asing dengan lokasi satu ini. Saat Luke dan timnya menuju ke hutan Endor dan bertemu dengan suku Ewoks. Hutan yang sesungguhnya adalah Redwood National and State Parks yang terletak di California, Amerika Serikat.

Baca juga: Keliling Eropa: Hindari 7 Kesalahan Ini!

La Grande Dune, Tunisia

Tunisia memang negara yang paling sering digunakan untuk lokasi syuting Star Wars. Salah satunya La Grande Dune yang menjadi sebuah pelabuhan kota antariksa, lokasi Anakin ditemukan, yang bernama Mos Espa. Hingga kini, bangunan bebatuan ini masih bisa ditemukan di sekitar kota Nefta, Tunisia.

Hotel Sidi Driss, Tunisia

Masih ingat dengan salah satu adegan dalam “Attack of the Clones”, ketika menceritakan rumah yang masa kecil Skywalker? Nah, rumah itu sebenarnya sebuah hotel yang terletak di Matmata, Tunisia. Namanya Hotel Sidi Driss. Tertarik menginap di rumah masa kecilnya Skywalker?

Death Valley National Park, California

Tidak hanya Tunisia saja yang banyak digunakan untuk menjadi lokasi syuting flm ini. Dalam episode “A New Hope”, taman nasional Death Valley di California yang menjadi lokasi syutingnya. Lokasi ini menjadi pengambilan adegan Obi-Wan bertemu Luke. Anda pasti ingat kan?

Puzzlewood, Inggris

wisata film star wars

Dalam sekuel The Force Awaken, masih ingat dengan adegan pertarungan sengit antara Rey dan Kylo Ren di sebuah hutan misterus? Nah, lokasi syutingnya ternyata ada di Inggris lho. Hutan aslinya bernama Puzzlewood. Sebelum menjadi lokasi syuting, hutan ini sempat menjadi inspirasi film “Lord of The Rings” dan “Harry Potter”.

Finse, Norwegia

Di kota kecil yang cukup terisolasi yang ada di antara Oslo dan Bergen ini jadi lokasi syuting untuk beberapa adegan di “Star Wars: Episode V The Empire Strikes Back”. Dilansir dari Mental Floss, sutradara Irvin Kershner membuat cuaca buruk jadi keuntungan. Saat ada badai salju, dia melakukan syuting untuk adegan penting di luar hotel Finse 1222. Adegan tersebut adalah saat Luke melarikan diri dari Wampa Cave dan dia berinteraksi dengan roh Obi-Wan Kenobi sebelum Han Solo menyelamatkannya.

Studio Longcross, London

Ketika Rey menjemput Luke Skywalker di Ahch-to, ia memarkirkan pesawat Millennium Falcon di sebuah dataran hijau. Dataran hijau tersebut sebenarnya berlokasi di Studio Longcross yang berada di London. Studio ini memiliki lahan luas yang dikelilingi pepohonan, sehingga suasananya cocok dengan penggambaran Ahch-to.

Studio Longcross sempat menjadi pembicaraan di media sosial, karena ketahuan menjadi tempat parkir Millennium Falcon sebelum kabar pembuatan film ‘The Last Jedi’ tersiar. Kabar tersebut berembus saat pengguna Google Earth tak sengaja menemukan pesawat tersebut dalam pencariannya.

Salar de Uyuni, Bolivia

Adegan pertempuran di akhir sekuel The Last Jedi terlihat sangat dramatis. Adegan tersebut dikisahkan berlangsung di Crait, planet bertanah garam warna putih yang dapat berubah warna menjadi merah saat terhempas.

Syuting adegan tersebut dilakukan di Salar de Uyuni, yang memang benar bertanah garam namun tak akan memerah jika terhempas. Lokasi ini telah lama menjadi destinasi wisata bagi turis yang menggemari fotografi alam karena pemandangannya yang dramatis.

Phang Nga Bay, Thailand

lokasi syuting film star wars

Lokasi wisata ini sebenarnya sudah cukup terkenal sebelum Hollywood datang untuk menjadikannya sebagai lokasi syuting. Ketenarannya makin memuncak setelah orang-orang mengetahui tempat indah ini. Phang Nga Bay dijadikan sebagai Plance Kashyyyk, tempat kelahiran Chewbacca. Dilansir dari Mental Floss, ada gambar Guilin, China, yang dikombinasikan dengan gambar di Phang Nga Bay untuk membuat tekstur visual yang lebih kaya dan epic.

Jika berniat mengunjungi beberapa tempat keren di atas, jangan sampai ketinggalan mengabadikan potret nyata keindahan dan keunikan lokasi syuting Star Wars itu ya!

Baca juga: Ini Cara Liburan Hemat untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Comments are closed.