Menjelajah George Town di Penang Malaysia, Dijamin Seru!

Travel

Datang ke George Town Penang, keseruan yang akan dirasakan pasti tak akan ada habisnya. Tak percaya? Yuk cari tahu sebabnya.

Pulau Penang atau Pinang merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia dan beribukota di George Town. Wilayah ini terdiri dari Pulau Penang itu sendiri dan Seberang Perai. Banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Penang sebagai destinasi alternatif apabila bosan jalan-jalan di Kuala Lumpur.

Perjalanan menuju Penang dapat ditempuh melalui darat atau udara. Dari Kuala Lumpur membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam menggunakan bus atau mobil, sedangkan 3,5 sampai 4 jam dengan kereta api ETS (Electric Train Service) dan hanya sekitar 30 menit apabila naik pesawat dari KLIA atau KLIA2.

George Town menjadi satu tempat wisata di Penang yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri saat liburan ke Malaysia. Ada beberapa alasan kenapa Anda tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi kawasan ini di Penang. Beragam pesona yang disuguhkan dari George Town, Penang akan membuat Anda sayang untuk melewatkan liburan ke tempat ini. Jangan lupa cek ragam asuransi perjalanan dari Futuready untuk melengkapi persiapan liburan Anda!

Kegiatan-kegiatan Seru Menjelajah George Town di Penang

george town malaysia

Saatnya liburan, tentu Anda punya ekspektasi tinggi pada tempat yang akan Anda kunjungi. Apabila Anda datang ke George Town di Penang, untuk merasakan keasyikkannya maka jangan lupa untuk melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini:

Menikmati Bangunan Tua Situs Warisan Dunia Unesco

George Town pada awalnya adalah sebuah desa kecil yang sudah ada sejak 500 tahun yang lalu dan berkembang menjadi sekarang ini. Kota ini menjadi saksi sejarah dengan warisan yang unik karena hasil dari pengaruh Asia dan Eropa di satu tempat.

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Pesawat Beragam Maskapai

Kota yang menjadi saksi sejarah, pada tahun 2008 kota ini diputuskan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota ini memiliki lebih dari 12.000 bangunan tua yang terdiri dari rumah toko Cina, dermaga tempat tinggal, gereja, kuil, masjid, dan kantor dan monumen pemerintah kolonial Inggris yang megah.

Ibukota Penang ini terletak di sisi timur Pulau Penang. Begitu menginjakkan kaki di kota ini, Anda akan dibawa ke dimensi lain di masa lalu. Jika Anda pecinta sejarah, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun masih kokoh berdiri dan difungsikan sebagai sekolah, museum, bank dan hotel. Gaya arsitekturnya pun beragam, mulai dari India, China, hingga kolonial Inggris. Tak heran jika kota ini (bersama Melaka) ditetapkan sebagai World Heritage Site atau situs warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2008.

Di sini banyak sekali bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun yang berdiri kokoh dan difungsikan sebagai sekolah, museum, bank maupun hotel. Gaya arsitekturnya pun menarik dan beragam, mulai dari China, India hingga kolonial Inggris.

Menikmati Kuliner Lezat

kuliner george town

Jalan-jalan ke sebuah tempat yang baru, tentu hal yang wajib dicoba adalah sensasi kuliner khasnya. Selain terkenal dengan mural di jalanannya, Penang juga populer dengan kuliner lezatnya. Street food di Penang dikenal sebagai street food terenak di Asia. Di kawasan Geroge Town Anda bisa mencoba beragam kuliner enak seperti ayam laksa, char kway teow, pasenbur, popiah hingga nasi kandar.

Jajaran makanan khas dan lezat pas rasanya dinikmati saat Anda lelah seharian berkeliling melihat indahnya kota satu ini. Menyantap hidangan nikmat, mengisi perut dengan lahap sambil berbincang dengan teman travelling Anda pasti akan menutup satu hari Anda dengan lebih mengesankan.

Menyambangi Little India

Di Kawasan ini, terdapat area Little India, kota kecil yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yang tak kalah menawan dengan Little India di berbagai negara. Mengunjungi Little India di kota ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan jalanan yang pernuh warna dengan toko-toko penjual kain sari.

Tidak hanya itu, toko-toko kelontong khas India yang menjual bumbu-bumbu masakannya bisa tercium di kawasan ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Little India adalah pada malam hari. Pemandangan yang ditawarkan pada malam hari sangat menakjubkan dengan lampu gantung warna-warni menerangi jalan-jalan dan kios-kios menjual permen India dan camilan lainnya.

Mengenal Destinasi Bersejarah

Menjadi satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, liburan ke kota ini, Anda akan menemukan beragam destinasi bersejarah. Beberapa tempat yang tidak boleh Anda lewatkan seperti The Cenotaph War Memorial, Fort Cornwallis hingga Logan Heritage Building. Selain itu, masih ada beberapa tempat bersejarah di sini untuk Anda datangi seperti Queen Victoria Memorial Clock Tower dan Cheong Fatt Tze.

Mencoba Warung Kopi Legendaris

Seperti banyak kota di Asia, Anda bisa menemukan banyak kedai kopi yang ada di berbagai tempat di jalanan. Di kawasan ini Anda bisa menikmati kopi yang diolah secara tradisional sehingga menawarkan aroma dan rasa yang khas. Salah satu jenis kopi yang sering dicoba oleh wisatawan adalah Kopi Putih Ipoh yang membuat banyak penikmat kopi ketagihan.

Baca juga: Wisata Seru dan Asyik di Genting Highland, Malaysia

Mendatangi Khoo Kongsi

Selain menjelajah kegiatan menarik di atas tadi, Anda juga bisa menemukan banyak rumah-rumah ala Tiongkok, museum, toko souvenir dan barang antik. Salah satunya adalah Khoo Kongsi, rumah bergaya arsitektur khas Tiongkok yang selesai dibangun tahun 1906. Bangunan ini salah satu yang favorit dikunjungi wisatawan.

Berfoto Ria di Avatar Secret Garden

Tempat instagramable lainnya adalah Avatar Secret Garden, datangi malam hari dan Anda akan dibuat terkagum-kagum. Lokasi Avatar Secret Garden ini berada di Tanjung Tokong. Untuk turis yang memilih menggunakan bis sebagai sarana transportasi, tak perlu khawatir. Anda hanya perlu menaiki bus dari kota, ke naik ke arah Batu Feringghi. Setelahnya tinggal berjalan kaki selama 10 menitan dari Halte Tesco. Yang membawa kendaraan pribadi disarankan di lokasi ini juga. Karena masih baru, makin malam taman indah ini akan semakin dipenuhi pengunjung.

Anda akan dibuat takjub dengan lampu-lampu yang dipasang pada pepohohan di taman ini. Pemandangan seperti ini akan mengingatkan dengan suasana hutan di dalam film Avatar. Karena itulah tempat ini dinamakan Avatar Secret Garden. Datanglah saat malam hari sehingga bisa menikmati kerlap-kerlipnya dengan maksimal. Tiket masuk ke taman ini juga gratis lho!

Mural Art Street yang Mengagumkan

george town penang

Di kawasan ini, Anda juga akan menemukan beragam mural-mural keren yang ada di dinding-dinding bangunan tuanya. Beberapa karya dari seniman terkenal seperti Ernest Zacharevic dan Julia Volchkova bisa Anda temukan di dinding bangunan sekitar kota ini. Mural Art Street inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini saat berada di Penang.

Dalam setiap karya muralnya di dinding-dinding bangunan, Zacharevic memadukannya dengan beragam properti seperti sepeda, motor dan ayunan sehingga memberikan kesan ‘hidup’. Tak jarang wisatawan melakukan pose-pose unik di depan mural-mural tersebut. Anda juga wajib melakukannya ya!

Baca juga: Ketinggalan Pesawat, Lakukan Langkah Ini!

Menyambangi tempat-tempat unik di atas, dijamin liburan Anda akan sangat mengesankan. Selain bisa menikmati kuliner dan mural – mural indah, Anda juga bisa punya segudang foto instagramable yang layak unggah setelah pergi ke Avatar Secret Garden. Selamat menjelajah ya!

Comments are closed.