Deretan Gereja Katedral Paling Bersejarah di Dunia

Travel

Ada banyak daftar gereja katedral di dunia ini. Namun, yang menyimpan banyak sejarah hanyalah sebagiannya saja dan berikut ini beberapa deretan gereja katedral yang paling bersejarah di dunia.

Katedral adalah bagunan keagamaan atau yang disebut geraja bagi umat beragama katolik untuk keperluan peribadatan. Sama halnya dengan masjid, Gereja Katedral juga menjadi tempat suci yang harus dijaga kebersihan dan ketenangannya. Sebab tempat ini harus digunakan sebagai mana fungsinya bagunan untuk tempat beribadah.

Gereja Katedral merupakan salah satu gereja yang pasti ada di setiap negara bahkan suatu daerah dengan berbagai macam bentuk dan juga sejarah di dalamnya. Lalu, apa saja gereja-gereja katedral yang paling bersejarah di dunia?

Daftar Gereja Katredral Paling Bersejarah di Dunia

Notre Dame, Paris

Sebelum dilanda kebakaran besar, Notre Dame merupakan salah satu gereja yang banyak dikunjungi baik itu sebagai tempat untuk beribadah ataupun wisata. Salah satu bagunan yang paling ikonik di Paris ini memiliki segudang sejarah yang mungkin masih banyak yang belum tahu. Bagunan yang sudah berusia 850 tahun ini memiliki aritektur yang sangat menawan dan juga karya seni di dalamnya yang mampu membuat setiap orang jatuh hati karena kecantikannya.

Hagia Sophia, Turki

Jika Paris memiliki Notre Dame, di Turki juga ada Hagia Sophia yang merupakan landmark dari negara ini. Terletak di Ankara, Hagia Sophia adalah bangunan bekas gereja dan masjid tertua di Turki yang diperkirakan dibangun pada 537 M dan rampung pada 1453 M.

Sebelum Hagia Sophia dialihfungsikan sebagai museum sejarah, bagunan ini dulunya pernah dijadikan sebagai rumah peribadatan. Bukan hanya untuk satu agama saja, tapi berganti-ganti sesuai dengan orang-orang yang mendudukinya. Mulai dari bangunan Katedral Ortodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstatinopel, Katedral Katolik Roma kala Perang Salib berlangsung. Bahkan pernah berfungsi sebagai masjid pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani. Meskipun sudah bukan menjadi tempat ibadah lagi, Hagia Sophia ini masih tetap dibuka sebagai museum bagi kalangan umum oleh Pemerintah Turki pada 1935, perharinya dapat dikunjungi hampir 10.000 orang.

Gereja Katedral Trier, Jerman

Katedral Trier merupakan geraja katedral tertua di Jerman yang dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Berdiri di atas bekas istana milik Kaisar Romawi Konstatinus Agung, Katedral Trier dibangun antara 1235 dan 1270 dengan panjang 112 meter dan lebar 41 meter.

Memadukan tiga gaya arsitektur yakni Barok, Gotik, dan Romanesque, Katedral Trier bukan hanya memancarkan keindahan, tetapi juga menjadi bangunan penting untuk umat katolik di Jerman. Hal ini disebabkan gedung ibadah bernama lengkap Katedral Santo Petrus di Trier itu menjadi pusat keuskupan Katolik Kota Trier.

Bukan hanya menawarkan keindahan arsitektur saja, tetapi bagunan ini juga menyimpan artefak penting dan bersejarah yang dikenal sebagai ‘Jubah Suci’, yaitu jubah yang dikenakan Yesus sesaat sebelum penyaliban dilakukan.

Jubah tersebut dibawa oleh St. Helena yang adalah ibu dari Konstantinus Agung ketika ia berkunjung ke Yerusalem. Jubah bersejarah itu disimpan di dalam altar tinggi dan tidak dipamerkan secara sembarangan.

Church of The Holy Sepulchre, Yerusalem

Yerusalem memang dikenal sebagai kota suci yang memiliki sejarah panjang. Kota tertua di dunia ini, terdapat beberapa bagunan bersejarah dan salah satunya adalah Church of the Holy Sepulchre. Church of the Holy Sepulchre dianggap sebagai bangunan bersejarah dan suci. Konstantinus Agung mendirikan Church of the Holt Sepulchre pada 336. Selain itu, bagunan ini juga dikenal sebagai Church of Resurrection atau Gereja Kebangkitan.

Bangunan ini sengaja dibangun di atas lokasi pemakaman Yesus sesaat setelah disalibkan dan kemudian bangkit pada hari ketiga sesuai dengan yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru atau yang dikenal sebagai Bukit Kalvari. Selain Kalvari, gereja yang satu ini juga berada tidak jauh dari Golgota, atau tempat penyaliban Yesus.

Setelah tidak menjadi tempat penyaliban, Golgota kemudian berubah menjadi area tambang batu yang ditinggalkan. Berlokasi di bagian barat laut Kota Tua Yerusalem, Church of The Holy Sepulchre telah beberapa kali mengalami renovasi setelah pembangunannya bahkan Gereja Katedral bersejarah ini  juga sempat dibakar oleh Persia pada 614 Masehi, dipulihkan oleh Modestus, dihancurkan kembali oleh Khalifah Al-Hakim Bi-Amr Allah sekitar tahun 1009, dan kemudian diperbaiki Kaisar Bizantium Constantine IX Monomachus. Lalu pada abad ke-12, tentara salib melakukan renovasi, restorasi, dan remodeling pada bangunan gereja ini.

Gereja Katedral Hallgrimskirkja, Islandia

Jika dilihat sekilas, Hallgrimskirkja terlihat tidak seperti gereja katedral pada umumnya. Gedung yang memiliki bentuk unik dan terlihat nyeleneh ini sengaja didesain oleh Gudjon Samuelsson dan diserahkan ke gereja pada 1937. Bukan hanya bentuk bangunannya saja yang pernah menjadi argumen nasional. Pembangunannya juga bisa dikatakan berjalan lambat dan memakan waktu selama 41 tahun akibat adanya perang.

Belum lagi anggaran biaya yang melonjak tinggi ketika betonnya sempat rusak dan bagian atas menaranya runtuh. Sayang, sang desainer tak sempat melihat sendiri gereja tersebut karena meninggal pada 1950. Pada 1986, Hallgrimskirkja selesai dibangun dan dijadikan sebagai tempat bersejarah sebagaimana inovasi yang dulunya tak dipercaya banyak orang berubah jadi ikon sebuah negara.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Gereja Katedral Sagrada Familia, Spanyol

Berlokasi di Barcelona, Sagrada Familia adalah salah satu Gereja Katedral di Spanyol ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Serta, disebut-sebut sebagai basilika kecil oleh Paulus Benediktus XVI. Didesain oleh arsitek ternama Catalan Antoni Gaudi, gereja ini memiliki nuansa Gotik dan Art Noveau. Hal ini terlihat dari bentuk lengkungan struktural dan kolom yang khas.

Sempat tersendat karena hanya dibangun mengandalkan sumbangan pribadi dan hadirnya Perang Sipil Spanyol. Kini, Sagrada Familia menjadi bangunan gereja tertinggi dan menara tertinggi di dunia. Hingga saat ini Sagrada Familia masih dalam tahapan konstruksi hingga 2026. Diharapkan periode tersebut bertepatan dengan peringatan seratus tahun kematian Gaudi, proyek ini dapat selesai sepenuhnya.

Comments are closed.