10 Gereja Terbesar di Dunia dengan Arsitektur Megah

Travel

Selain sebagai tempat ibadah, geraja juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata. Nah, Anda yang tertarik berwisata ke bagunan berarsitektur megah ini, berikut daftar gereja terbesar di dunia.

Gereja merupakan sebuah tempat beribadah bagi umat Kristen. Gereja dibangun dengan bangunan yang megah dan luas guna menampung seluruh umat yang datang untuk beribadah. Di dunia ini memang banyak bangunan yang dibangun megah dan besar hasil dari peninggalan masa lalu. Termasuk salah satunya adalah bangunan gereja peninggalan sejarah yang dibangun dengan arsitektur yang sangat megah dan juga bangunan yang besar dan luas. Peninggalan bangunan gereja masih terawat dan digunakan hingga hari ini. Bahkan bangunan tersebut menjadi keindahan arsitektur bangunan dan menjadi salah satu tujuan pariwisata para wisatawan.

Daftar Gereja Terbesar di Dunia

St. Peter’s Basilica, Vatican City

Inilah gereja terbesar di dunia yang pernah ada. Terletak di Roma, ibu kota Italia, gereja ini memiliki panjang 730 kaki (220 meter) dan lebar 500 kaki (150 meter). St. Peter’s Basilica memiliki bagian terbesar dari setiap gereja Kristen di dunia, dan menampung hingga 60.000 orang. Gereja ini bergaya arsitektur renaissance dan baroque.

Basilika ini merupakan salah satu situs Kristen yang paling suci dan yang terbesar di antara semua gereja-gereja Kristen. Dibangun dari 1506 sampai 1626 dengan Michelangelo di antara para arsitek. Gedung ini secara resmi dikenal dalam bahasa Italia sebagai Basilica di San Pietro in Vaticano. Gereja ini terkenal sebagai tempat ziarah, karena fungsi dan sejarah liturgi asosiasi.

Baca juga: Menjelajahi Basilika Santo Markus yang Bersejarah

Cathedral of Seville, Spain

Memiliki nama lain Catedral de Santa Maria de la Sede (Cathedral of Saint Mary of the See), Cathedral of Seville diklaim oleh beberapa pihak sebagai katedral Gothic terbesar di dunia. Konstruksinya dimulai pada 1402 dan berlanjut sampai abad ke-16. Luas wilayah mencakup 11.520 meter persegi. Arsitek Kristen kemudian menambahkan dimensi ekstra tinggi. Nave pusatnya naik ke ketinggian 42 meter (137,7 kaki).

Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida, Brazil

Versi baru Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida ini dibangun pada 1955 dan dirancang dalam bentuk salib Yunani. Memiliki panjang 173 meter (567 kaki) dan lebar 168 meter (551 kaki), dan dapat menampung hingga 45.000 orang. Paus Yohanes Paul II menamakan gereja ini the most important National Marian Shrine in Brazil. Secara resmi dinyatakan sebagai “the largest Marian Temple in the World” pada 1984.

Cathedral of Saint John the Divine, United States

The Cathedral Church of Saint John the Divine di Kota dan Keuskupan New York diklaim sebagai yang terbesar dan Anglikan Gereja Katedral dan gereja Kristen masuk ke dalam gereja termegah dan terbesar di dunia. Memiliki panjang 183,2 meter (601 kaki) dan lebar 70,7 meter (232 kaki). Gereja ini pada awalnya dirancang sebagai Bizantium-Romawi tetapi diubah menjadi Gothic. Sebuah kebakaran besar yang merusak gereja pada 2001, konstruksi dan pemulihan masih berlanjut hingga kini sehingga mendapat nama julukannya: St Yohanes Unfinished.

Liverpool Cathedral, United Kingdom

The Cathedral Church of Christ di Liverpool, Inggris adalah gereja Katedral terbesar kelima di dunia. Gereja ini menempati total luas 103.334 kaki persegi (9.600 meter persegi) dan bahan bangunan utama dari batu pasir. Lonceng katedral yang berada di menara merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia yaitu 219 kaki dan berat 31 ton. Lonceng ini yang bernama Bartlett Bells.

Baca juga: Fakta yang Belum Banyak Diketahui Tentang Jalur Sutra

Church of the Most Holy Trinity, Portugal

The Church of the Most Holy Trinity adalah Gereja Katolik terbesar keempat dan keenam gereja Kristen terbesar di dunia. Dibangun antara 2004 dan 2007 dan ditahbiskan pada 12 Oktober 2007, pada kesempatan ulang tahun ke-90 penampakan Fatima. Gereja, ditujukan kepada Tritunggal Mahakudus sepenuhnya dibayar dengan hadiah-hadiah dari para peziarah. Memiliki panjang 95 meter (310 kaki) dan lebar 115 meter (380 kaki), menampung hingga 9.000 orang.

Milan Cathedral, Italy

Milan Cathedral (Duomo di Milano) sering disebut sebagai salah satu gereja terbesar di dunia. Konstruksinya dimulai pada 1386 dan baru selesai pada 1965. Katedral ini memiliki panjang 157 meter (515 kaki) dan lebar 92 meter (302 kaki), menampung 40.000 orang. Ini merupakan Katedral Gothik terbesar di dunia dan salah satu bangunan paling terkenal di Eropa.

Basilica of the Sacred Heart, Belgium

The National Basilica of the Sacred Heart adalah basilika Katolik Roma dan merupakan gereja paroki di Brussels, Belgia. Raja Leopold II meletakkan batu pertama pada 1905 saat perayaan ulang tahun ke-75 Kemerdekaan Belgia. Pembangunan ini sempat dihentikan karena adanya Perang Dunia II, konstruksinya selesai pada 1969. Memiliki panjang 164,5 meter (540 kaki) dan lebar 107,80 meter (353,7 kaki). Gereja ini merupakan gereja Katolik keenam terbesar di dunia dan ketujuh di antara gereja-gereja Kristen.

Baca juga: Hagia Sophia: Dari Gereja Menjadi Masjid Hingga Museum

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Basilica of Our Lady of Peace, Ivory Coast

The Basilica of Our Lady of Peace of Yamoussoukro, sebuah basilika Katolik Roma yang terdaftar oleh Guinness World Records sebagai gereja terbesar di dunia. Luas wilayahnya 30.000 meter persegi (322.917 kaki persegi), menampung 18.000 jamaah. Namun, daerah dihitung secara keseluruhan yang mencakup pastoran dan vila, yang bukan merupakan bagian dari gereja. Basilika dibangun antara 1985 dan 1989 dan ditahbiskan pada 1990 oleh Pope John Paul II.

Sanctuary of Our Lady of Licheń, Poland

The Sanctuary of Our Lady of Lichen adalah gereja terbesar di Polandia, di Eropa urutan ketujuh dan kesepuluh di dunia. Gereja ini dibangun dari 1994 hingga 2004. Memiliki panjang 120 meter (393 kaki) dan lebar 77 meter (252 kaki). Sanctuary of Our Lady of Licheń ini dibangun untuk menghormati Santa Perawan Maria dan merupakan rumah bagi lukisan berumur 200 tahun yang dikenal sebagai “Our Lady of Sorrows, Queen of Poland.” Ini lukisan Our Lady of Sorrows, Queen of Poland dibuat pada 1772.

Comments are closed.