Fakta Menarik Seputar Gunung Fuji, Sudah Tahu?

Travel

Gunung Fuji merupakan salah satu gunung paling terkenal di dunia. Tapi, di balik keindahannya, gunung ini menyimpan fakta yang patut kita ketahui.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang jadi destinasi wisata para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya teknologinya, nyatanya Jepang juga memiliki banyak keindahan alam yang dapat membuat Anda betah berlama-lama di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Jepang tak lain adalah Gunung Fuji. Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang. Dilihat dari jauh, gunung ini sangatlah indah dengan puncaknya yang tertutup salju.

Tapi, selain menyajikan keindahan, nyatanya gunung ini menyimpan fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Penasaran? Berikut adalah fakta-faktanya!

Baca juga: Gunung Tertinggi di Dunia, Tingginya Lebih dari 5.000 meter!

Beragam Fakta Menarik Gunung Fuji

Diakui Sebagai Situs Budaya

Banyak orang berpikir mungkin Gunung Fuji masuk dalam situs alam. Padahal, UNESCO telah menempatkan gunung ini sebagai situs warisan budaya. Terdapat 25 situs di sekitar gunung tertinggi di Jepang ini yang merupakan kuil dan rumah penginapan.

Bukan Hanya Satu, Tetapi Tiga Gunung Berapi

Kita pasti setuju saat pertama kali melihat Gunung Fuji, kita akan mengira bahwa gunung ini hanya satu gunung yang berdiri megah dengan salju cantik yang menutupi bagian puncaknya. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Gunung Fuji terdiri dari tiga gunung berapi terpisah, yaitu Komitake di bagian bawah, Kofuji di tengah dan Fuji di bagian atas.

Wanita Dilarang Mendaki Hingga 1868

Gunung Fuji dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Hal ini berimbas pada kaum hawa yang tidak diperbolehkan mendaki gunung ini sampai 1868. Setelah tahun tersebut, barulah wanita diperbolehkan mendaki.

Pendaki wanita pertama gunung cantik ini adalah Lady Fanny Parkes, istri seorang duta besar Inggris, Sir Harry Parkes, yang mendaki setahun setelah gunung ini diperbolehkan untuk didaki oleh wanita, tepatnya pada 1869. Ia mendapat kehormatan menjadi wanita non-Jepang pertama yang melakukan perjalanan ke puncak.

Butuh Waktu 8 Jam untuk Sampai di Puncak

Orang non-Jepang pertama yang naik ke puncak adalah Sir Rutherford Alcock, setahun sebelum Lady Parkes melakukan pendakian. Butuh waktu delapan jam bagi dirinya untuk sampai ke puncak, tetapi hanya tiga jam untuk menuruni gunung indah ini.

Tapi, kini pendakian lebih sedikit mudah karena ada jalur yang ditandai dengan baik dan terdapat empat jalur pendakian yang bisa dipilih. Pendakian Gunung Fuji hanya bisa dilakukan pada Juli hingga September, jadi pergilah ke Jepang di musim panas jika Anda ingin melakukan pendakian di gunung yang menawan ini.

Gunung Berapi yang Masih Aktif

Di balik keindahannya, nyatanya gunung ini menyimpan fakta yang mengerikan. Ya, gunung satu ini merupakan gunung berapi yang masih aktif meski terakhir kali meletus pada 1707. Jadi, gunung ini bisa meletus kapan saja.

Bentuk kerucut keseluruhan yang bisa Anda saksikan sekarang ini terbentuk dari empat fase diidentifikasi aktivitas gunung berapi yang terdeteksi di Gunung Fuji.

Masih Berpotensi untuk Meletus

Meskipun klasifikasi sebagai gunung berapi berisiko rendah, bukti terbaru menunjukkan bahwa tekanan di bawahnya naik setelah gempa bumi dan tsunami 2011 yang menghancurkan Jepang.

Dengan menggunakan sensor seismik, para ilmuwan mengukur apa yang dikenal sebagai “suara seismik”, fluktuasi yang memberitahu mereka tentang gangguan di batuan dasar gunung ini. Apa yang mereka temukan adalah gunung ini menunjukkan “potensi tinggi” untuk terjadinya letusan.

Tapi, tak perlu khawatir. Gunung Fuji berada dalam pengawasan yang ketat para tim ahli geologi. Jadi, jika gunung ini akan meletus, akan ada peringatan atau pertanda sebelumnya berupa alarm.

Dikelilingi Sumber Air Panas

Aktivitas geotermal di daerah tersebut membuat gunung ini dikelilingi sumber air panas. Salah satu hal paling populer yang harus dilakukan dalam perjalanan ke Gunung Fuji adalah bersantai di salah satu mata air panasnya yang terkenal. The Five Lakes adalah pemandian air panas dengan pemandangan spektakuler yang ditawarkan oleh beberapa hotel lokal Fuji. Pilihan sempurna untuk bersantai setelah mendaki hari yang berat.

Baca juga: Ini Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Sekitar Gunung Fuji

Fujikyu Highland

Bagi Anda yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin dan menantang, rasanya Anda perlu mampir ke Taman Bermain Fujikyu Highland. Fujikyu Highland terletak di kaki Gunung Fuji dan memiliki sekitar 40 wahana yang bisa Anda coba.

Selain itu, Fujikyu Highland memiliki roller coaster yang pernah memegang rekor tercepat di dunia. Roller coaster yang ada di Fujikyu Highland ini juga bermacam jenisnya dan sangat tinggi.

Yagisaki Park

Yagisaki Park merupakan taman yang berada di kawasan Kawaguchi, dekat Danau Kawaguchi. Anda bisa melihat berbagai macam bunga dan tumbuhan di sini sesuai dengan musimnya. Di taman ini, sering diadakan festival-festival sesuai musim yang sedang berlangsung.

Contohnya untuk bulan Juni-Juli, festival yang akan berlangsung adalah Kawaguchiko Herb Festival. Bunga Lavender dan tumbuh-tumbuhan herbal lainnya pun sedang berbunga. Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan Gunung Fuji dari sini.

Kawaguchiko Natural Living Center

Sama seperti Yagisaki Park, di sini Anda bisa melihat berbagai macam bunga dan tumbuhan yang indah. Bagi Anda yang mau membeli oleh-oleh, di sini menjadi salah satu surganya suvenir yang bisa Anda hadiahkan kepada kerabat dan saudara.

Baca juga: Liburan Musim Dingin di Jepang Ini Cara Menikmatinya

Kachi-Kachi Ropeway

Kachi-kachi Ropeway merupakan kereta gantung yang membawa Anda dari Danau Kawaguchi ke Gunung Tenjo. Dari puncak Gunung Tenjo ini, Anda bisa melihat keindahan Gunung Fuji beserta Danau Kawaguchiko. Belum banyak turis yang mengetahui mengenai kereta gantung ini. Jadi, Anda tak perlu lama mengantre untuk naik kereta gantung ini.

Lake Kawaguchi

Lake Kawaguchi atau Danau Kawaguchi adalah salah satu danau yang berada di kaki Gunung Fuji. Danau ini menjadi salah satu spot untuk menikmati keindahan gunung ini. Selain itu, Anda bisa naik perahu-perahuan angsa.

Kawaguchiko Music Forest

Di kompleks ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi alat musik seperti organ, kotak musik, dan lain-lain. Anda bisa berkeliling di daerah ini dan menikmati keindahan alam sambil diiringi alunan musik lembut yang bertema vintage.

Nah, sekarang Anda tahu saat Anda berkunjung ke Gunung Fuji, ada banyak destinasi lainnya yang wajib Anda kunjungi.

Comments are closed.