Gunung Tertinggi di Dunia, Tingginya Lebih dari 5.000 meter!

Travel

Banyak sekali gunung yang ada di dunia. Namun, hanya beberapa yang masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia. Penasaran?

Gunung merupakan salah satu kekayaan alam yang ada di dunia. Hampir setiap negara memiliki gunung yang menjadi primadoa masyarakat setempat maupun wisatawan asing. Bahkan, sekarang ini, semakin banyak orang yang menghabiskan liburannya dengan mendaki gunung.

Bisa mencapai titik tertinggi sebuah gunung adalah sebuah hal yang sangat membanggakan bagi para pecinta alam. Sebab, untuk dapat menginjakkan kaki di puncak gunung, banyak sekali hal yang harus dilewati terlebih dahulu, seperti medan yang sulit dan ketinggian gunung yang membuat tubuh terasa lelah.

Tapi, faktanya, semakin tinggi sebuah gunung, semakin banyak pula orang yang ingin menaklukkannya. Tak heran jika para pecinta alam di dunia pergi ke suatu negara yang memiliki gunung yang tinggi untuk didaki dan menginjakkan kakinya di puncak tertingginya.

Dari sekian banyak gunung yang tinggi, terdapat beberapa gunung yang masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia. Ketinggiannya tidak main-main, ada yang melebihi 5.000 meter di atas permukaan laut! Gunung apa sajakah itu?

Mari kita simak gunung tertinggi di dunia di bawah ini!

Gunung Everest

Gunung Everest adalah pemuncak daftar gunung tertinggi di dunia. Gunung yang terletak di perbatasan Nepal dan Tibet ini memiliki ketinggian yang sangat luar biasa, yaitu 8.850 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika para pecinta alam berlomba-lomba untuk berdiri di puncak gunung satu ini.

Tapi, untuk mencapai puncaknya, medan yang harus ditempuh sangatlah sulit. Hal ini diperparah dengan rendahnya suhu dan oksigen di gunung tersebut. Tapi, hal ini bukanlah menjadi halangan bagi para pecinta alam. Bahkan, gunung tertinggi di dunia ini pertama kali ditaklukkan pada 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay.

Gunung McKinley

Amerika Serikat turut menyumbangkan gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung McKinley. Gunung satu ini berada di barisan pegunungan di Alaska.. Uniknya, gunung ini memiliki dua puncak yang terbagi dua, satu berada di bagian daerah Amerika Utara, satu lagi di Amerika Serikat.

Puncak tertinggi dari Gunung McKinley berada pada ketinggian 6.118 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh tim yang dipimpin oleh Hudson Stuck dan Harry Karstens yang beranggotakan Robert Tatum dan Walter harper.

Gunung Kilimanjaro

Beralih ke benua Afrika, Gunung Kilimanjaro menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia. Gunung ini berada di timur laut Tanzania. Gunung ini juga memiliki nama lain yang biasa disebutkan oleh masyarakat setempat, yaitu Gunung Putih. Puncak tertinggi gunung ini berada pada ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut.

Uniknya, gunung ini dulunya merupakan gunung berapi yang aktif. Tapi, semenjak dinyatakan tidak lagi aktif, gunung ini menjadi gunung yang cukup banyak diburu para pendaki. Sayangnya, setelah terjadi longsor pada 2006 silam, gunung ini tidak boleh lagi didaki karena takut menimbulkan korban jiwa.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Gunung tersebut tidak hanya indah di mata masyarakat setempat, melainkan juga wisatawan asing. Lalu, apa gunung tertinggi yang pernah Anda daki?

Comments are closed.