Serunya Harbin Ice Festival Ke-36 Tahun

Travel

Apakah Anda pernah mendengar Harbin Ice Festival? Jika belum, yuk ketahui betapa indahnya salah satu festival es terbesar di dunia ini.

Bagi masyarakat Tiongkok, fetival es ini sudah bukan hal baru. Pasalnya, festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1963 dan kota Harbin selalu menajdi tuan rumah untuk festival besar ini. Harbin merupakan ibu kota dari provinsi Heilongjiang yang berada di timur laut daratan Cina. Mengapa kota ini pilih untuk menggelar festival tersebut karena Harbin memiliki suhu yang sangat dingin, bahkan di bulan Januari siang hari pun suhu bisa mencapai minus 13 sampai 23 celcius.

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

Pada tahun 2020, tepatnya di bulan Januari ini, Harbin Ice Festival memasuki umur ke-36. Berarti festival ini sudah 36 kali diselenggarakan. Festival ini resmi dibuka pada tanggal 5 Januari 2020. Untuk konsep dan kegiatannya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya saja pada tahun ini, patung-patung dibuat dari blok-blok es yang diambil dari Sungai Songhua, sungai yang ada di dekat tempat festival. Untuk membuat berbagai macam instalasi ini, dibutuhkan sekitar 220.000 meter kubik blok es.

wahana harbin ice festival

Tedapat beberapa jenis patung-patung es raksasa yang dipahat langsung oleh para seniman. Pahatan mulai dari hewan berbentuk imut hingga bangunan raksasa akan memanjakan mata pengunjung. Pada malam hari, lampu yang ditempatkan dalam bangunan dan patung es akan dinyalakan sehingga menghasilkan perpaduan warna yang indah bagi para wisatawan.

Festival ini akan berlangsung hingga awal Maret 2020 mendatang. Pengunjung akan disuguhkan dengan beragam permainan termasuk seluncur es raksasa dan 15 lintasan balap.  Festival Es dan Salju Harbin juga akan dimeriahkan dengan kompetisi pahatan es dan salju internasional hingga peragaan busana. Nah, sebelum berkunjung ke festival es ini, yuk lengkapi persiapan wisata Anda dengan asuransi perjalanan dari Futuready.

Kegiatan-Kegiatan di Harbin Ice Festival

Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival 2020 ini dibagi menjadi empat taman tematik, seperti Sun Island International Snow Sculpture Art Expo, Harbin Wanda Ice Lantern World, Zhaolin Park Ice Lantern Fair, dan yang paling populer adalah Harbin Ice and Snow World.

Pada festival ini, para pengunjung bisa menemukan banyak kegiatan dan acara menarik, seperti karnaval es dan salju, penampilan lentera es, berseluncur, skating, ski es, pameran lukisan dan foto, penampilan lagu dan tarian, serta masih banyak lagi. Selain itu, ada juga ada kompetisi patung es internasional dan salah satu pesertanya ada yang dari Indonesia

Pada tahun ini, Indonesia diwakili dua tim yang langsung dikirim ke kompertisi patung es. Tim ini masing-masing beranggotakan empat pemahat. Semuanya berasal dari Bali. Tim Indonesia 1 merupakan gabungan dari Himpunan Seniman Pecatu dan Desa Ungasan. Tim ini terdiri dari I Nyoman Sungada, I Putu Andre Putra Yoga, Eka Budi Ariadee, dan I Made Sumerta Yasa. Mereka berhasil memenangi kategori Best Skill dengan patung salju bertemakan Pengantin Bali.

Kemudian, tim Indonesia 2 berasal dari komunitas Bali Talent Artist. Tim ini terdiri dari I Ketut Suaryana, I Made Mardiawan, I Komang Karim, dan I Kadek Arya Undiyana. Keempatnya adalah perwakilan dari komunitas Bali Talent Artist. Komunitas ini merupakan komunitas anak sekolah jurusan perhotelan untuk peminatan kitchen artist. Mereka berhasil memenangi kategori Excellent, bersamaan dengan tim dari India dan Rusia. Tema patung yang diambil oleh Tim Indonesia 2 adalah Frog Surfing.

Mengurus Visa ke China

wisata harbin ice festival

Harbin termasuk salah satu kota yang ada di negara Tirai Bambu. Tentu untuk mengujungi perhelatan satu iniada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah visa. Visa ke China termasuk salah satu jenis visa yang cukup mudah. Bisa dikatakan, 80% masyarakat yang apply visa ini disetujui. Namun, dengan catatan harus melengkapi semua persyaratan yang diberikan.

Nah, bagi Anda yang berencana mengunjungi festival tersebut, berikut ini syarat-syarat dan proses apply visa ke China.

Dokumen Utama

Paspor asli berserta foto kopinya. Jika Anda pernah ke China sebelumnya, paspor dihalaman tersebut juga harus Anda foto kopi.

  1. Formulir pengajuan visa
  2. Foto ukuran 48mm x 33mm dengan background warna Putih atau Biru dua lembar
  3. Foto kopi KTP, KK, Akte nikah (jika sudah menikah)
  4. Tiket pesawat pulang pergi
  5. Bukti booking hotel selama di sana
  6. Itinerary

Untuk memudahkan, Anda bisa mengajukan visa ke China melalui online dengan masuk ke situ website www.visaforchina.org.

Membuat Appointment

Sangat disarankan untuk Anda membuat online appointment setelah melakukan pengajuan visa. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan kepastian mengenai slot waktu. Untuk membuat appointment bisa dilakukan diwebsite tersebut. Jika sudah membuatnya, lalu diprint bukti tersebut. Tujuan dari appointment ini juga Anda bisa diwakili oleh pihak ketiga tanpa perlu membuat surat kuasa jika Anda tidak bisa datang diwaktu yang sudah ditentukan.

Biaya Visa

Selanjutnya, syarat visa ke China, yaitu pembayaran. Untuk pembayaran visa, ada dua jenis, pertama Rp300.000 untuk single entry atau Rp600.000 untuk multi entry ditambah dngan biaya service CVASC (China Visa Application Service Center) selaku agen pembuatan visa China sebesar Rp240.000. Proses pembayaran ini dilakukan ketika pemgambilan paspor.

Proses Pembuatan Visa China

mengunjungi harbin ice festival

Normalnya, visa Anda bisa diambil dalam lima hari kerja setelah Anda melakukan pengajuan.  Biasanya, pihak kedutaan akan menghubungi Anda apakah visa Anda ditolak atau disetuju. Tentu, visa akan 100 % diterima jika syarat visa ke China Anda sesuai yang dianjurkan. Jadi, jika Anda merasa semua dokumen yang diberikan sudah sesuai syarat, jangan takut untuk ditolak ya visanya.

Comments are closed.