Fakta Menarik Seputar Hutan Amazon

Travel

Hutan Amazon memang memiliki daya tarik tersendiri. Ada banyak fakta menarik yang pastinya harus Anda ketahui. Apa saja ya?

Siapa yang tidak kenal Hutan Amazon? Hutan yang terletak di Amazon, Amerika Serikat, ini merupakan satu satunya hutan tropis paling luas di dunia. Memiliki total luas wilayah hingga tujuh juta kilometer persegi yang terletak di sembilan negara, Brasil (dengan 60 persen hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis ini dinobatkan sebagai “Paru-Paru Dunia” karena menghasilkan 30 persen dari seluruh oksigen di bumi. Bukan hanya itu, Hutan Amazon juga dinobatkan sebagai “Neraka Hijau” dikarenakan setiap tahun sungainya selalu meluap. Lebatnya hutan membuat semua terlihat sama dan yang terakhir karena banyak serangan dari serangga buas yang sebagian besar belum dinamai. Tigapuluh persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini.Beberapa jenis binatang di hutan ini adalah jaguar, tapir, anakonda, boa, kupu-kupu morpho biru, elang harpy, sloth, cainman, babi hutan, ikan, dan masih banyak lagi. Sedangkan berbagai jenis tanaman yang ada di sini adalah pohon kapok, pohon telinga gajah, teratai raksasa, anggrek, jarda, sapodilla, pohon pisang, dan lain-lain. Ada banyak sekali fakta menarik dari hutan ini. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

Fakta-Fakta Hutan Amazon

Banyak Hewan Buas yang Menyakitkan

Jika berbicara Hutan Amazon, pasti langsung terbayangkan keganasan Ikan Piranha maupun ular kobra. Namun, sebenarnya dua hewan buas itu hanya sebagain kecil dari hewan-hewan yang hidup di hutan ini. Ada sekitar 430 spesies mamalia, 378 spesies reptil, 400 spesies amfibi, 3000 spesies ikan dan sekitar 2,5 juta jenis serangga yang mendiami hutan hujan tropis terluas di dunia ini. Salah satunya adalah katak panah beracun yang menjadi makhluk paling mematikan di hutan ini, Jaguar yang merupakan anggota terbesar dari keluarga kucing ini, belut yang mampu menghasilkan tegangan listrik hingga 650 volt, hingga ikan parasit bernama candiru yang bisa masuk ke dalam tubuh kita, dan lain-lain. Meskipun hewan-hewan tersebut berukuran kecil, tetapi jangan dianggap remeh, karena semua hewan tersebut sangat berbahaya dan mematikan. Jadi, jika Anda berniat untuk berkunjung ke hutan ini, siap-siap bertemu hewan-hewan buas tersebut ya.

Menjadi Lokasi Syuting Film

Lokasinya yang masih alami dan belum ada campur tangan pembangunan membuat Sungai Amazon seringkali dijadikan lokasi film. Apalagi dengan adanya hutan tropis terluas di dunia yang bisa membuat elemen di dalamnya menghasilkan film super keren. Sudah ada beberapa film yang berhasil dibuat dengan berlatarbelakangkan tempat ini, seperti Amazonia (2013), The Emerald Forest (1985), The Lost City of Z (2016), Embrace of the Serpent (2015), The Mission (1986), dan masih banyak lagi yang lainnya. Apakah di antara ini ada film favorit Anda?

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Gunung Fuji, Sudah Tahu?

Suku Asli Amazon

Banyak yang berasumsi bahwa suku asli dari Amazon itu sangat berbahaya, salah satunya yang dianggap berbahaya adalah Huaorani. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Cerita tersebut bermula ketika wilayah mereka didatangi pelayar dari Eropa saat abad pertengahan. Suku Huaorani tidak pernah kalah, sekali pun dalam perang, makanya dianggap berbahaya. Padahal faktanya, mereka hanya melindungi tempat tinggal mereka yang terletak di Hutan Amazon di sebelah timur Ekuador. Lambat laun, Suku Huaorani mulai melakukan kontak dengan dunia luar, dimulai pada 1956. Hal tersebut menimbulkan perpecahan internal, karena adanya pro dan kontra. Butuh waktu bagi pemerintah dan suku Huaorani mencapai kesepakatan. Hingga akhirnya Pemerintah Ekuador dan organisasi di Ekuador membuka mata untuk menjaga keberlangsungan hidup suku Huaorani. Salah satunya dengan menjual paket wisata untuk tinggal bersama suku setempat. Nah, jika Anda berniat untuk mengenal lebih jauh suku Huaorani, yuk ikuti paket wisatanya.

Hutan Amazon Sebagai Paru-Paru Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa hutan ini dijuluki sebagai paru-paru dunia karena mampu menghasilkan 30 dari seluruh oksigen yang ada di bumi. Bukan hanya itu saja, sungainya sendiri memproduksi 20 persen air tawar untuk bumi. Jika dilihat dari kontribusinya, tidak salah dong hutan ini mendapatkan julukan seperti itu.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Pulau Komodo, Sudah Tahu?

Destinasi Wisata yang Eksotis

Bukan lagi tempat menyeramkan, bahkan Hutan Amazon sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi orang. Anda bisa menginap di tengah hutan atau bermalam di sebuah kapal mewah menyusuri Sungai Amazon. Jika Anda pernah membaca review orang-orang, tentu ada daya tarik tersendiri untuk berwisata ke sana. Sebab, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah ditemani alam Amazon yang mengagumkan. Hutan Amazon bukan lagi hanya untuk mereka yang cinta petualangan. Kini Amazon bisa dinikmati semua kalangan yang menginginkan liburan antimainstream. Kalau tetarik, Anda bisa menemukan beragam agen perjalanan untuk mengenal Amazon lebih dalam.

Amazon Menjadi Keajaiban Dunia

Meskipun dianggap berbahaya, ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari kawasan Amazon. Mengundang para tamu Oscar ke sini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan betapa besarnya potensi wisata di Amazon. Pada 2011, Amazon telah ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature. Selain besarnya hutan dan panjangnya sungai, Amazon juga memiliki 2,5 juta spesies jenis serangga, 3.000 jenis buah (saat ini yang aman dimakan hanya 200), dan rumah bagi 10 juta senis hewan mulai dari amfibi hingga reptil. Meskipun hanya sekadar hutan, tetapi ada banyak fakta menarik di balik kealamiannya tersebut. Apakah Anda mulai tertarik untuk menjelajahi Amazon? Segera rencanakan perjalanan Anda!

Comments are closed.