Manfaat Hutan Mangrove dan Lokasinya di Indonesia

Travel

Hutan mangrove bukan hanya sekadar tempat rekreasi. Faktanya, banyak sekali manfaat dari hutan bakau tersebut bagi kehidupan manusia.

Sebagai negara yang berada di daerah tropis, tentu ada banyak hal yang Indonesia miliki dibandingkan dengan negara-negara beriklim sedang dan dingin. Salah satu yang paling jelas terlihat tak lain adalah keberadaan hutan mangrove.

Selain indah, banyak sekali manfaat hutan mangrove, baik bagi Indonesia sendiri dan bahkan negara-negara lain di dunia. Penasaran apa saja manfaat yang dimaksud? Mari kita lihat bersama di bawah ini!

Manfaat Hutan Mangrove

Mencegah Erosi Pantai

Hutan bakau menjadi salah satu tempat yang bisa menjaga perbatasan antara kawasan darah dan laut. Erosi pantai akan terus menggerus permukaan bumi sehingga mengancam lingkungan manusia. Bahkan kondisi serius bisa menjadi bencana alam yang besar. Hutan ini menjadi salah satu sarana yang sangat penting untuk menyematkan garis pantai dari perairan laut.

Habitat Perikanan

Kawasan hutan bakau adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis mahluk hidup dan organisme. Beberapa spesies seperti udang, ikan, dan kepiting. Sementara manusia membutuhkan beberapa mahluk hidup tersebut sebagai sumber nutrisi dan bahan makanan yang penting untuk kesehatan.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Hutan Amazon

Menjadi Katalis Tanah dari Air Laut

Tanah bisa masuk ke dalam air laut secara terus menerus, karena bagian tanah yang bersentuhan secara langsung dengan air laut. Untuk mencegah hal ini jelas terlihat bahwa keberadaan hutan mangrove berfungsi untuk menstabilkan tanah di sekitar laut. Tanah akan menjadi lapisan yang lebih padat dan langkah ini menyelamatkan tanah agar tidak terus tergerus oleh air laut.

Memberikan Dampak Ekonomi yang Luas

Pohon mangrove yang banyak ditanam pada hutan mangrove bisa dipanen seperti jenis tumbuhan lain. Kayu mangrove berguna untuk diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan. Upaya ini sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan standar ekonomi pada daerah tertentu.

Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global memang menjadi ancaman yang sangat serius untuk alam dan manusia. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan bakau. Tanaman mangrove menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut. Selain itu mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir.

Sumber Pakan Ternak

Pohon mangrove juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan ternak. Pohon mangrove yang telah dihancurkan dan digiling menjadi bubuk pakan ternak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan ternak seperti sapi, kambing, dan unggas.

Nutrisi seperti mineral, protein, dan kalori akan meningkatkan perkembangan ternak. Selain itu pohon mangrove juga mengandung tanin dan bahan alami lain.

Sumber Pendapatan untuk Nelayan

Masyarakat yang tinggal di kawasan pantai biasanya banyak bekerja menjadi nelayan. Mereka mencari ikan dan berbagai sumber daya untuk menopang ekonomi keluarga. Kawasan hutan ini menjadi tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang, dan berbagai potensi habitat laut lainnya. Keberadaan hutan bakau telah membantu menjaga ketersediaan sumber daya ikan di laut yang tidak akan habis.

Pengembangan Kawasan Pariwisata

Kawasan hutan bakau bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata. Dengan cara ini, maka hutan mangrove akan menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah maupun mancanegara. Pariwisata akan memberikan dampak ekonomi yang sangat baik untuk masyarakat di sekitarnya dan negara secara khusus.

Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hutan bakau menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan berbagai jenis ilmu pengetahuan dalam bidang kelautan, perikanan, dan kimia. Banyak peneliti yang membutuhkan hutan mangrove dan dijadikan berbagai sumber penelitian. Hutan mangrove akan meningkatkan berbagai jenis penemuan yang bisa disebarkan ke seluruh dunia. Bahkan banyak peneliti asing yang di negaranya tidak memiliki hutan mangrove dan harus datang ke Indonesia.

Menjaga Kualitas Air dan Udara

Kawasan hutan mangrove memiliki fungsi untuk menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun kapal yang berlayar di laut. Tanaman bakau akan menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu, mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih.

Menjaga Iklim dan Cuaca

Perubahan iklim dan cuaca bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah kerusakan sistem dalam alam. Hutan bakau menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai, dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman yang menghindarkan diri dari bencana alam.

Baca juga: Taman Margasatwa Terbesar di Indonesia

Daftar Hutan Mangrove Terbaik di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki banyak sekali hutan mangrove. Bahkan, luasnya pun jauh dibandingkan dengan hutan mangrove di negara tropis lain.
Nah, mari kita lihat daftar hutan mangrove terbaik di Indonesia di bawah ini!

Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Hutan Bakau Pantai Indah Kapuk (PIK) sudah sangat dikenal di Indonesia khususnya warga Jakarta. Hampir setiap akhir pekan atau saat liburan, hutan ini selalu dipadati pengunjung. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini. Mulai dari keliling hutan dengan jalan kaki atau pun dengan boat, spot menarik untuk berfoto, berkunjung ke masjid di atas air, hingga menginap di vila yang disediakan di area ini.

Kebumen, Jawa Tengah

Lokasi hutan satu ini berada di dekat Pantai Ayah, Kebumen. Hutan Bakau Kebumen ini sudah cukup populer di masyarakat indonesia. Buktinya setiap liburan, hutan satu ini selalu dipadati pengunjung. Buat Anda yang hobi selfie, hutan bakau ini bisa disebut sebagai rajanya spot selfie, karena memiliki banyak spot yang bagus untuk berfoto. Untuk menuju ke sini, Anda harus menggunakan perahu yang biasanya dipatok harga Rp20.000,00 per orang sudah termasuk tiket masuknya.

Margoluyo, Balikpapan

Letak hutan ini jaraknya hanya sekitar 9 kilometer dari pusat kota, tepatnya berada di belakang SMA Negeri 8 Balikpapan. Untuk dapat masuk ke Hutan Bakau Margoluyo, Anda cukup mengikuti jalur jembatan kayu di samping SMA Negeri 8 hingga menemukan pintu gerbang menuju kawasan hutan mangrove Margoluyo. Asyiknya masuk ke Hutan Mangrove Margoluyo tidak dipungut biaya alias gratis. Urusan pemandangan di dalam hutan, Anda tak akan kecewa. Apalagi, di hutan ini terdapat satwa-satwa eksotik nan menggemaskan.

Baca juga: Menikmati Keseruan Waterpark Terbesar di Indonesia

Kulon Progo, Yogyakarta

Lokasi hutan ini berada di Dusun Pasir Mendit Kecamatan Temon, Kulon Progo. Hutan Bakau Kulon Progo juga dekat dengan Pantai Congot. Anda cukup menempuh perjalanan 15 menit untuk menuju ke sana. Panorama pemandangan alamnya yang indah membuat Anda betah berfoto-foto ria di sana. Apalagi ditambah dengan keindahan jembatan bambu yang memanjang di tepinya.

Nusa Lembongan, Bali

Mendengar kata Bali, yang terlintas di pikiran Anda pasti pantai. Tapi Hutan Bakau Bali ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Lokasinya sendiri berada di Nusa Lembongan, Bali. Anda pun dapat melakukan tour keliling hutan menggunakan perahu yang akan ditemani dengan seorang pemandu sekaligus pendayung laiknya di Venesia. Lokasi hutan satu ini sering digunakan untuk foto pre-wedding.

Muara Gembong, Bekasi

Hutan Bakau Muara Gembong di Bekasi ini pesonanya mampu membuat Anda berdecak kagum. Hutan ini masih alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Untuk luasnya, hutan Muara Gembong ini mencapai lima hektar dengan panjangnya sekitar 17 kilometer. Dengan area hijau seluas itu, hutan satu ini dapat dikatakan sebagai paru-paru Kabupaten Bekasi.

Wonorejo, Surabaya

Hutan yang berada di Wonorejo ini dapat Anda tempuh dalam waktu 40 menit dari bandara melalui jalan tol Waru-Juanda. Hutan Bakau Wonorejo ini sebagai habitat 30 spesies binatang yang dilindungi. Di hutan mangrove ini selain Anda dapat menambah ilmu pengetahuan, Anda juga dapat foto-foto di aneka spot menarik di hutan ini.

Itulah daftar hutan mangrove terbaik di Indonesia. Ingat, selain menikmati keindahannya, kita pun harus menjaga kelestarian dan kebersihannya juga ya!

Comments are closed.