Ibu Kota Pindah? Simak Fakta-Faktanya

Travel

Kabar Ibu kota pindah sempat membuat gaduh. Banyak yang menilai Ibukota baru tak akan mampu menyamai Jakarta. Namun, fakta berikut ini cukup untuk membuktikan Kalimantan mampu jadi Ibu kota Baru.

Kabar pindahnya ibu kota ke Kalimantan, sempat membuat heboh dan tidak kepercayaan di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, kota yang ditunjuk menggantikan Jakarta ini dianggap belum mampu memenuhi ekspektasi masyarakat. Mulai dari belum adanya gedung pemerintah pusat hingga tatanan kota yang belum cukup selayaknya di Ibu Kota. Tentu, perlu dana besar untuk membangun pusat pemerintahan.

Namun,  presiden terpilih periode 2019-2023 Joko Widodo menilai Kalimantan sudah punya fondasi yang kuat. Nyatanya, Kalimantan memang sangat istimewa. Ada sejumlah fakta yang belum banyak diketahui dari pulau besar ini. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Fakta menarik Kalimantan

Pulau Terbesar Ketiga Didunia

Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Wilayah Borneo adalah surga bagi flora fauna Indonesia, dengan luas yang mencapai 743.330 km persegi. Jika dilihat dari jumah besarnya, tentu pulau ini sudah selayaknya menjadi Ibu Kota baru untuk Indonesia. Hal ini dikarenakan terdapat sumber daya dan kekayaan alam yang masih baik.

Namun perlu diingat, luasnya Kalimantan ini tidak dimiliki Indonesia seorang. Ya, Borneo merupakan pulau yang dimiliki oleh tiga negara, yakni Malaysia, Indonesia, Brunei Darusalam.

Wilayah yang masuk ke dalam Negara Brunei Darusalam dan Malaysia adalah Sabah dan Sarawak, sementara Indonesia terdiri dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Tak ayal budaya dan bahasa masyarakat Kalimantan sangat beragam, ini jadi seperti versi mininya Indonesia.

Punya Hutan Tropis Tertua di Dunia

Kalimantan memiliki hutan hujan tropis tertua di dunia yang disinyalir telah berusia 130 juta tahun. Ada beragam spesies langka hidup di hutan ini. Hutan Hujan Tropis merupakan satu-satunya habitat asli hewan langka yang ada di kalimantan. Bekantan, Gajah Borneo, Badak Boreno, Landak, dan Tapir adalah salah satu satwa langka yang dilindungi. Dengan begitu, kekayaan flora fauna yang ada di Borneo, menjadi salah satu alasan jika ibu kota pindah ke sina, karena bisa menjadi representasi dari keberagaman Indonesia.

Pulau Paling Aman dari Gempa

Dibanding seluruh pulau di Indonesia, Kalimantan dikatakan paling aman dari gempa lantaran tidak berdekatan dengan tubrukan lempengan yang kerap terjadi di dasar laut. Selain itu, Borneo juga tidak dikelilingi gunung berapi seperti pulau Jawa, sehingga faktor bencana alam yang biasa terjadi sangat minim.

Inilah alasan utama mengapa ibu kota pindah ke Kalimantan. Sebab, dengan kondisi pulau yang aman, kinerja pemerintah dinilai dapat lebih fokus dan sejumlah kekayaan negara juga bisa terhindar dari resiko akibat gempa dan tsunami.

Punya Ratusan Etnis

Setidaknya ada tujuh suku asli Kalimantan, yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau, dan Tidung berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik Republik Indonesia tahun 2010. Namu, masih dari sumber yang sama, suku bangsa yang terdapat di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga, yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia (268 suku bangsa), dan suku asal Kalimantan lainnya (non Dayak dan non Banjar).

Untuk budaya dari masyarakat ini adalah maritim atau baasri. Oleh karena itu, hampir semua sebutan untuk orang dayak punya arti yang merujuk pada “perhuluan” atau sungai. Jika diurai lebih panjang lagi, setidaknya ada 200 etnis yang tersebar di pulau Kalimantan. Saat nanti ibu kota pindah ke Kalimantan, bisa jadi suku dan etnis Borneo akan jadi lebih beragam karena kehadiran para pendatang baru.

Mengapa Ibu Kota Pindah?

Ada alasan besar mengapa presiden Jokowi bersikeras untuk memindahkan pusat pemerintahan kesini. Pertama, karena penduduk Jawa yang sudah terlalu padat, setidaknya 56,56 % penduduk Indonesia terkonsentrasi di Jakarta, pemerintah ingin membagi beban Jakarta dengan kota lainnya agar DKI Jakarta tak makin sesak.

Kedua, krisia air di Pulau Jawa yang semakin parah. Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2016, banyak daerah di pulau Jawa mengalami tekanan ketersediaan air. Jawa Tengah dan Jawa Timur, indikatornya berwarna oranye yang artinya ada kelangkaan air. Paling parah adalah Jabodetabek, indikatornya merah atau terjadi kelangkaan mutlak.

Ketiga, Jokowi ingin menggenjot perekonomian daerah lain karena selama ini seluruh industri berpusat di pulau Jawa sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah lain tidak begitu baik. Presiden menginginkan seluruh provinsi di Indonesia punya fondasi kuat dalam hal ekonomi.

Sebelum Ibu kota pindah ke Kalimantan, tidak ada salahnya Anda coba berbagai destinasi disana sebelum nantinya jadi riuh karena kesibukan pemerintahan.

Destinasi Kalimantan yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional ini telah menjadi ikon Provinsi Kalimantan Tengah. Cagar alam dan suaka margasatwa ini Anda bisa menikmati hutan tropis khas Kalimantan seperti Orang Utan. Jika beruntung Anda bisa melihat dari dekat dan berinteraksi dengan orang utan khas Kalimantan. Ada beberapa hewan langka lain yang juga, seperti beruang, rusa, bekantan, dan kucing liar.

Kepulauan Derawan

Pulau yang mulai populer sejak empat tahun terakhir ini punya magnet yang sulit dihindari, yakni pesona pasir putihnya. Disebut sebagai surga tersembunyi di ujung timur Pulau Kalimantan Timur, Derawan jadi destinasi paling pas untuk Anda yang senang mengeksplorasi pulau-pulai kecil menggunakan kapal.

Goa Haji Mangku

Sering juga disebut sebagai goa biru, merujuk pada warna air sungai yang berada di goa berwarna biru eskotis. Terletak di Pulau Maratua Anda akan disuguhi pemandangan goa yang asri dan belum terjamah tangan-tangan nakal para wisatawan. Tentunya berwisata kesini butuh fisik dan mental yang tangguh karena medan yang dilalui cukup sulit.

Pasar Terapung Muara Kuin

Terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pasar terapung ini sangat terkenal karena jadi destinasi paling dicari para pelacong. Di sana Anda bisa melihat bagaimana proses jual beli seperti dipasar terjadi di atas kapal apung. Jika ingin menikmati berbelanja di sini sebaiknya datang pada dini hari, karena pasar ini berakhir pada jam 9 pagi.

Pantai Melawai

Pantai ini berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ini adalah spot populer warga Balikpapan yang ingin menyaksikan matahari terbenam. Posisi pantai ini berada di di teluk kecil sehingga membuat pemandangan sunset di sini menjadi yang terbaik di Kalimantan.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Itulah beberapa tempat wisata populer di Kalimantan yang wajib dikunjungi. Sebelum Ibu kota pindah ke Borneo sempatkan waktu untuk  berkeliling di provinsi terluas di Indonesia ini ya.

Comments are closed.