Ini 5 Fakta Tentang Turbulensi Pesawat yang Wajib Diketahui

Travel

Pada umumnya, turbulensi pesawat bukanlah suatu hal yang membahayakan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bahkan cemas jika pesawat yang Anda tumpangi mengalami turbulensi. Agar pengetahuan Anda tentang turbulenasi lebih dalam lagi, berikut ini beberapa fakta yang harus Anda ketahui.

Istilah turbulensi pasti sudah tidak asing lagi di dalam dunia penerbangan. Turbulensi adalah suatu keadaan di mana terdapat perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan adanya guncangan pada tubuh pesawat, baik itu guncangan kecil ataupun besar. Turbulensi pesawat di dalam dunia penerbangan merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Namun, tetap saja keadaan sekecil apa pun guncangannya akan memberikan rasa takut, panik, bahkan trauma kepada para penumpang.

Turbulensi pesawat bisa terjadi kapan saja. Sebagus apa pun pesawatnya, tentu kejadian ini tidak bisa dihindari. Salah satu hal yang perlu ditanamkan di dalam benak Anda ketika pesawat yang ditumpangi mengalami turbulensi adalah tetap tenang dan jangan panik. Pasalnya, keadaan ini hanyalah guncangan sesaat dan tidak pernah berlangsung lama. Nah, untuk lebih memahami lagi, berikut ini beberapa fakta tentang turbulensi pesawat yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Etika Penumpang di Dalam Pesawat yang Harus Dipatuhi

Awan Peyebab Terjadinya Guncangan

Memandangi awan dari dekat menjadi kegiatan yang wajib sekali dilakukan ketika seseorang sedang di dalam pesawat. Namun apakah Anda tahu bahwa awan merupakan salah satu penyebab terjadinya turbulensi pesawat. Salah satu jenis awan yang paling berbahaya adalah cumulonimbus. Ada dua kategori turbulensi pesawat yang disebabkan oleh awan, yaitu turbulensi seputar awan dan turbulensi udara cerah. Namun, dari keduanya turbulensi udara cerahlah yang lebih berbahaya karena kondisi langit benar-benar bersih dan tidak berawan sehingga guncangan kemungkinan besar akan sering terjadi. Oleh karena itu, jiak sedang terjadi turbulenasi udara cerah ada baiknya Anda tidak terlalu sering berdiri lama-lama di pesawat dan jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman.

Turbulensi Bukan Penyebab Pesawat Jatuh

Perlu diingat dalam benak bahwa turbulensi bukanlah penyebab dari pesawat jatuh. Hal ini dikarenakan, pesawat sudah dirancang untuk menghadapi guncangan-guncangan di udara sehingga keadaan pesawat akan tetap seimbang meskipun mengalami turbulensi. Jadi, Anda harus tetap tenang ya!

Serahkan Semuanya Kepada pilot

Ketika mengalami turbulensi, pilot dan awak kabin akan menanganinya dengan santai dan tanggap. Hal ini dilakukan agar para penumpang tidak cemas dan duduk di kursi dalam keadaan tenang, meksipun sebenarnya pilot sudah mengetahui kondisi cuaca lewat alat pendeteksi khusus dan pastinya sebelum lepas landas, pilot akan memilih rute penerbangan yang terbaik. (Baca juga: 5 Barang yang Dilarang Masuk Pesawat. Catat Ya!)

Akan Ada Teknologi Turbulensi

Ada kabar gembira dari dunia penerbangan. Pasalnya, para insinyur sedang mengembangkan alat yang bisa membantu pesawat menghindari turbulensi. Tentu ini berita bagus bukan? Ketika alat ini nantinya rampung dan digunakan oleh pesawat, tentu akan berkurang satu lagi kekhawatiran Anda untuk menggunakan moda transportasi udara.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sabuk pengaman

Setiap kali terjadi turbulensi, pilot pasti akan selalu menyalakan tanda untuk menggunakan sabuk pengaman. Oleh karena itu, Anda harus cepat kembali ke kursi jika sedang berada di gang atau toilet. Jangan lupa untuk pasangkan sabuk pengaman dan tetaplah tenang. Mengapa demikian, karena turbulensi bisa menyebabkan cedera penumpang, terutama saat pesawat mengalami guncangan yang sangat kencang.

Comments are closed.