Olahraga Ekstrim di Dunia, Berani Coba?

Travel

Selain menyehatkan tubuh, ternyata 5 olahraga ekstrim di dunia ini mampu memacu adrenalin Anda ke level tertinggi. Suka tantangan?

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membuat kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Baik sehat secara rohani maupun jasmani. Ada berbagai macam jenis dan aktivitas olahraga yang bisa dijalankan. Dari mulai yang ringan sampai yang berat, dari mulai olahraga yang aman hingga ekstrim. Nah, berbicara tentang olahraga ekstrim yang memacu adrenalin dan mempertaruhkan nyawa. Ternyata bagi sebagian orang, ada juga yang menggemarinya. Tentu saja dibutuhkan niat, konsentrasi, fisik kuat, dan nyali untuk menyukai olahraga tersebut. Yuk kita simak lebih lengkap lagi lima olahraga ekstrim di dunia. Berani coba?

Baca juga: 5 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh Anda

Cliff Climbing

Satu jenis olahraga yang cukup digemari orang adalah climbing atau panjat tebing. Menekuni panjat tebing membutuhkan fisik dan mental yang kuat bisa dari kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan, keseimbangan dan kontrol mental. Tidak hanya dengan kekuatan fisik saja, tapi bekali diri Anda dengan pengetahuan teknik memanjat yang tepat. Seperti menggunakan peralatan pendakian yang tepat, juga mencari rute memanjat yang aman, karena tebing di seluruh dunia itu berbeda-beda tingkat kesulitan formasi batuannya.

Baca juga: Roller Coaster Tertinggi di Dunia, Berani Coba?

Surfing

Olahraga yang berhubungan dengan air ini merupakan salah satu olahraga yang paling ekstrim di dunia. Bayangkan saja berselancar dengan ombak besar, harus lincah dan disiplin dalam mendayung atau bergerak ke ombak yang tingginya bisa mencapai 20 kaki. Jadi besarnya ombak dibutuhkan untuk keberhasilan berselancar pada suatu gelombang, tentunya dengan menggunakan teknik juga untuk mencapainya. Sebuah papan selancar yang besar, dan lebih panjang sangat memungkinkan pengendara untuk mendayung cepat dan lebih stabil.

Parkour

Olahraga yang sempat digandrungi beberapa waktu lalu ini merupakan sebuah gerak seni. Di mana tujuan dari olahraga esktrim yang juga punya nama lain l’art du déplacement ini adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dengan cepat dan efisien. Namun harus berhati-hati bila melakukan olahraga ini, kalau tidak berhati-hati bisa berisiko kecelakaan. Seperti gegar otak, patah tulang, sampai bisa berisiko kematian.

Baca juga: Ini 5 Makanan Ekstrim di Thailand. Berani Coba?

Mountain Bike

Bersepeda dengan kondisi medan yang sulit dan tidak rata di gunung laiknya sepeda off-road termasuk dalam kategori olahraga yang paling ekstrim. Sepeda gunung memang dirancang khusus untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja yang optimal saat berada di jalan kasar. Tentunya dengan teknik dan keahlian si pegendara juga pada saat melewati rintangan. Treknya biasanya berada di kaki gunung saat naik dan turun.

Base Jumping

Olahraga ini merupakan olahraga terekstrim di dunia. Menurut laporan bahwa terjadi 1 kematian untuk setiap 2.317 lompatan, sungguh mengerikan ya? Olahraga ini mirip dengan terjun payung, namun dengan jarak lebih pendek. Kalau terjun payung biasanya dari atas pesawat, kalau base jumping banyak dilakukan dari gedung, jembatan, atau tebing. Risiko kecelakaannya sangat besar karena kegagalan dalam mengembangkan parasut pada saat mendarat.

Kelima olahraga di atas ini mampu memicu adrenalin dan juga mempertaruhkan nyawa. Untuk mencobanya tidak sembarang begitu saja,selain nyali dan niat dibutuhkan juga keahlian khusus untuk mencoba jenis olahraga di atas.

Comments are closed.