Ini Biaya Visa Korea Selatan yang Harus Disiapkan

Travel

Sama seperti negara lain, untuk mengajukan visa, tentu dibutuhkan biaya visa Korea Selatan yang harus Anda persiapkan. Agar Anda memiliki prediksi mengenai biaya yang harus dikeluarkan, berikut ini ulasan mengenai biaya Visa Korea Selatan berdasarkan jenisnya.

Tidak bisa dipungkiri jika sampai detik ini Korea Selatan masih menjadi salah satu negara yang banyak digemari oleh wisatawan, khususnya dari Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya tiket penerbangan ke Korea Selatan yang masih laris manis dibeli wisatawan. Apalagi jika sedang ada travel fair, selain Jepang, tiket Korea Selatan juga habis diburu wisatawan karena harganya yang cukup terjangkau.

Meskipun tiket pesawat ke Korea Selatan dirasa cukup terjangkau, tetapi Anda perlu perhatikan bahwa berkunjung ke Korea Selatan juga membutuhkan visa. Untuk membuat visa, tentu dibutuhkan biaya visa Korea Selatan yang harus Anda persiapkan. Sebab, Korea Selatan masih memberlakukan visa untuk setiap wisatawan Indonesia yang berkunjung ke sana.

Sama seperti biaya visa negara lainnya, untuk biaya visa Korea secara berkala pasti akan mengalami perubahan. Sebelum membahas mengenai biaya visa Korea, sekadar informasi saja, mulai saat ini Korea Selatan telah memberlakukan multiple visa untuk wisatawan Indonesia. Hal ini dikarenakan, banyak wisatawan Indonesia yang sering kembali berkunjung ke Korea Selatan. Lalu, berapa biayanya?

Biaya Visa Korea

Visa Korea Selatan terbagi menjadi dua, yaitu single visa dan multiple visa. Tentu kedua visa tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Single visa merupakan visa Korea Selatan yang hanya bisa digunakan untuk satu kali perjalanan dengan durasi berkunjung maksimal 30 hari, sedangkan multiple visa, yaitu visa yang dapat digunakan wisatawan untuk berkunjung berkali-kali ke Korea Selatan dalam waktu lima tahun (dengan durasi sekali berkunjung 30 hari) tanpa perlu melakukan pengajuan visa lagi. Multiple visa ini sangat cocok untuk para pebisnis yang sering melakukan perjalanan ke Korea Selatan.

Baca juga: Liburan ke China Persiapkan Syarat Visa China Dulu

Berbicara biaya, kedua jenis visa tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk single visa, Anda dikenakan biaya 40 dollar AS atau setara kurang lebih Rp550.000,00 per-orang, sedangkan untuk multiple visa akan dikenakan biaya 90 dollar AS atau setara kurang lebih Rp1,2 juta per-orang. Masa pembuatan visa, Kedutaan Besar Korea Selatan mengklaim proses untuk multiple visa bisa diselesai dalam sehari, sedangkan single visa akan selesai dalam waktu enam hari kerja. Untuk pembayaran visa, kini Kedutaan Besar Korea Selatan telah bekerja sama dengan KEB Hana Bank. Jadi, seluruh proses pembayaran visa dapat dilakukan di KEB Hana Bank cabang Korea Center yang berlokasi di samping Gedung Consular Section.

Dokumen Persyaratan Pembuatan Visa Korea

Jika Anda sudah mengetahui biaya visa Korea Selatan, sekarang waktunya Anda menyiapkan dokumen-dokumen yang menjadi syarat wajib untuk pengajuan visa agar tidak ditolak. Berikut ini persyaratannya.
• Paspor Indonesia yang asli dan fotokopinya.
• Formulir pengajuan visa Korea yang bisa diunduh dari website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.
• Satu lembar foto berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3,5cm x 4,5cm.
• Kartu keluarga asli dan fotokopiannya.
• Surat Keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja.
• Fotokopi bukti keuangan. Anda bisa memilih dua dari bukti keuangan berikut:
– Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
– Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
– Rekening koran tabungan tiga bulan terakhir dan surat referensi bank.
– Surat keterangan pemegang program jamsostek.
– Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.

Waktu Pengajuan Visa

Untuk waktu pengajuan visa Anda bisa datang langsung ke Kedutaan Besar korea Selatan pada hari Senin hingga Jumat, pukul 09.00-12.00, sedangkan untuk pengambilan visa Anda bisa datang kembali pada hari Senin hingga Jumat, pukul 13.30-16.30. (Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor)

Sekarang Anda sudah tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin membuat visa Korea Selatan. Agar pengajuan visa berjalan dengan lancar, pastikan Anda sudah menyiapkan biaya yang dibutuhkan.

Comments are closed.