Ini Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Travel

Sebagai negara yang kaya akan sumber alamnya, gunung termasuk ke dalam kekayaan yang dimiliki Indonesia. Ada banyak sekali gunung yang tersebar di seluruh pelosok negeri dan di antaranya memiliki puncak yang cukup tinggi sehingga masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia.

Julukan Indonesia sebagai miniatur dunia memang benar adanya. Sebab, semua keindahan dunia ada di Indonesia. Mulai dari lautan, gurun pasir, hingga pegunungan. Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia ini tentunya memiliki banyak sekali gunung-gunung tinggi yang tersebar dari Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, hingga Pulau Papua. Berbicara pegunungan, hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi. Gundukan tersebut bisa dikatakan gunung jika tingginya sudah melampaui 60 meter dari permukaan laut. Namun, di antara sekian banyaknya gunung, ada beberapa gunung yang memiliki puncak sangat tinggi dan masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia bahkan di dunia. Penasaran bukan, apa saja gunung yang masuk ke dalam gunung tertinggi di Indonesia, berikut ini ulasannya.

Baca juga: Burj Khalifa Gedung Tertinggi Dunia

8 Gunung Tertinggi di Indonesia

Cartenzs Pyramid di Papua (4.884 mdpl)

Cartenzs Pyramid atau yang sering dikenal dengan nama Puncak Jaya merupakan barisan dari pegunungan Sudirman yang membentang di Papua, tepatnya di Kabupaten Puncak Jaya. Gunung yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan sekaligus menjadi salah satu seven summit di dunia. Berbeda dengan gunung lainnya di Indonesia, Gunung Cartenzs Pyramid ini memiliki padang salju yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lainnya di Indonesia.

Gunung Puncak Mandala

Setelah Puncak Jaya, gunung tertinggi di Indonesia yang kedua adalah Gunung Puncak Mandala yang memiliki ketinggian 4.670 mdpl. Hampir sama dengan Cartenzs Pyramid, gunung ini juga sempat tertutup salju, tetapi seiringnya dengan terjadinya pemanasan global, salju-salju yang ada di gunung tersebut menghilang. Gunung Puncak Mandala merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya yang terletak di Kabupaten Pegunungan Bintang dengan koordinat  letak 4°42’31”LU dan 140°17’21”BT. Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di masa penjajahan Belanda.

Baca juga: Tip Mendaki Gunung untuk Pemula

Gunung Puncak Trikora

Selanjutnya ada Gunung Puncak Trikora  yang memiliki nama lain Gunung Wilhelmina yang berada di Papua Barat. Dengan ketinggian mencapai 4.750 mdpl atau 15.584 kaki, gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas. Pendakian yang pernah dilakukan di gunung ini adalah pendakian yang dilakukan oleh Ricky Munday pada bulan Desember 2010, akan tetapi tidak mencapai puncak. Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

Gunung Ngga Pilimsit

Masih berlokasi di Papua, berikutnya adalah Gunung Ngga Pilimsit yang memiliki ketinggian 4.717 mdpl. Pada zaman kolonial, gunung ini terkenal dengan nama Gunung Idenburg. Puncak terdekat dengan puncak gunung ini adalah Cartenzs Pyramid, Wataikwa, Ubia, Venusberg, Otakwa, dan Puncak 4061. Pendakian pertama kali di gunung ini dilakukan pada tahun 1962 oleh Heinrich Harrer dan Philip Temple.

Baca juga: 9 Rekomendasi Memilih Tas Punggung

Gunung Kerinci

Bukan hanya Papua, Sumatra juga memiliki beberapa gunung yang puncaknya sangat tinggi. Salah satunya adalah Gunung Kerinci merupakan gunung tertingi di Pulau Sumatra, tepatnya di provinsi Jambi. Gunung Kerinci termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan merupakan jajaran dari bukit barisan dengan koordinat letak 1°41’48”LU dan 101°15’56”BT dan termasuk dalam golongan gunung berapi yang masih aktif. Gunung yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl ini terakhir kali meletus pada 2009.

Gunung Rinjani

Jangan hanya menikmati pantainya saja, di Lombok terdapat Gunung Rinjani yang masuk ke dalam gunung tertinggi di Indonesia. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Koordinat titik letaknya adalah di 8°25’S 116°28’E. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi nomor dua di Indonesia yang masih aktif. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada 2009-2010. Ketinggian gunung ini mencapai 3.726 mdpl atau sekitar 12.224 kaki. Di gunung ini terdapat danau kawah yang cukup indah dengan air yang berwarna biru. Danau kawah tersebut berada sekitar 2.000 mdpl atau sekitar 6000 kaki dan diberi nama Segara Anakan. Untuk melakukan pendakian gunung ini, biasanya para pendaki diarahkan untuk memilih jalur termudah yaitu dari Senaru.

Gunung Semeru

Semenjak menjadii tempat shooting film, Gunung Semeru semakin terkenal dan banyak sekali masyarakat yang mendakinya. Gunung ini tepatnya berada di dua Kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dan masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara Geografis, Gunung Semeru terletak di antara 8°6’28.8” LS dan 112°55’12”BT. Ketinggian dari gunung ini adalah 3.676 mdpl atau sekitar 12.060 kakli. Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa yang puncaknya terkenal dengan sebutan Mahameru dan kawah puncak yang bernama Jongring Saloko. Letusan terakhir Gunung Semeru terjadi pada 2008. Kawasan Gunung Semeru saat ini telah menjadi kawasan yang ramai dikunjungi, terutama bagi para pendaki gunung yang ingin melihat keindahan alam di gunung tersebut.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Gunung Slamet

Masih di Pulau Jawa, Gunung Slamet juga masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini terletak di 5 Kabupaten propinsi Jawa Tengah yaitu kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang. Secara Geografis, gunung Selamet terletak di 7°14’30”LS dan 109°12’30”BT.  Ketinggian Gunung Selamet mencapai 3.428 mdpl atau 11.427 kaki dan memiliki kawah yang masih aktif hingga sekarang. Gunung Slamet termasuk gunung yang sulit untuk didaki dan jika ingin mendakinya, memiliki kemampuan yang sudah terlatih. Hal ini dikarenakan pada gunung ini tidak ditemukannya air, kabut yang pekat, dan mudah berubah-ubah menjadi kendala tersendiri bagi para pendaki. Namun meskipun sulit untuk melakukan pendakian, di kaki Gunung Selamet memiliki tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan, seperti kawasan wisata baturaden yang terletak di KabupatenBanyumas. Itulah beberapa daftar gunung tertinggi di Indonesia yang bisa Anda daki. Apakah Anda berniat untuk mendaki ke salah satu gunung di atas?

Comments are closed.