Ini Deretan Raja-raja Terkaya di Dunia

Travel

Penasaran gak sih berapa banyak kekayaan yang dimiliki para raja di luar sana? Mau tahu kan deretan raja-raja terkaya di dunia?

Menyandang titel seorang raja saja sudah membuat kita paham, bahwa orang tersebut punya kekuasaan dan kekayaan melimpah. Pendapat itu memang benar adanya, kok. Bayangkan saja, pertama, dengan menduduki posisi sebagai puncak kekuasaan, raja dan segenap keluarganya tentu memiliki seluruh sumber daya yang memungkin mereka mengumpulkan kekayaan melimpah.

Maka, tak lagi heran bila raja dari suatu negara memiliki nilai aset begitu tinggi. Bisa jadi dari hasil investasi yang dimilikinya atau kekayaan turunan dari keluarga.

Kalau Anda mulai penasaran siapa saja raja-raja terkaya di dunia hingga saat ini. Rangkuman berdasarkan Business Insider dan Celebrity Net Worth, berikut raja paling kaya di dunia dengan aset kekayaan triliunan rupiah.

Baca juga: Traveling ke Berbagai Istana Kerajaan di Dunia

Deretan Raja Terkaya di Dunia

Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand

Sumber kekayaan Raja Maha Vajiralongkorn dan keluarganya berasal dari investasi mereka di the Crown Property Bureau, yang mengelola properti di Kerajaan Thailand. Tak hanya berhenti di sana, apakah Anda pernah mendengar The Golden Jubilee Diamond, yaitu berlian dengan 545 karat yang merupakan berlian terbesar dan termahal di dunia? Yup, berlian itu adalah miliknya.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei

Sebagai permulaan, untuk informasi Anda, sang sultan ini memiliki total kekayaan sekitar USD20 miliar setara Rp288 triliun (mengacu kurs Rp14.400). Dari mana sang sultan mendapatkan kekayaannya? Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei ini mengumpulkan kekayaannya dari perusahaan minyak dan gas yang dikelola oleh kerajaan. Istana yang ia tinggali juga merupakan istana terbesar di dunia, dengan nilai aset mencapai Rp5 triliun. Belum lagi, kendaraan roda empat super mewah yang dimilikinya yaitu mobil Rolls-Royces lebih dari 600 unit.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi

Raja penguasa grup media. Ya, itulah Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Kekayaannya mencapai Rp244 triliun. Bisa dikatakan semua sumber kekayaannya datang dari kepemilikan keluarganya atas beberapa grup media, meliputi Arab daily, Asharq Al-Awsat, dan Al Eqtisadiah salah satu media terbesar di Saudi Arabia.

Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Khalifa bin Zayed Al Nahyan, merupakan Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Abu Dhabi. Sebenarnya, ia telah mengumpulkan kekayaan semenjak menjabat sebagai Ketua Abu Dhabi Investment Authority. Otoritas tersebut mengelola kelebihan cadangan minyak UEA. Kekayaan Khalifa mencapai Rp216 triliun.

Baca juga: Colosseum: Simbol Keagungan Bangsa Romawi

Raja Mohammed VI dari Maroko

Kekayaan Raja Mohammed VI sebagian besar berasal dari kepemilikan keluarganya pada Maroko Nasional Investment Company, sebuah perusahaan induk swasta yang berinvestasi di negara Afrika lainnya. Maroko Nasional Investment Company beroperasi pada sektor perbankan, telekomunikasi, dan energi terbarukan. Kekayaan dari Raja Mohammed mencapai Rp81 triliun.

Pangeran Hans-Adam II dari Liechtenstein

Kekayaan Pangeran Liechtenstein sebagian besar didapat dari kepemilikan usaha yang dimiliki oleh keluarganya di bidang perbankan, LGT Group, dan investasi melalui Prince of Liechtenstein Foundation yang bergerak pada real estate, hutan, dan aset anggur. kekayaan  Hans-Adam mencapai Rp64,8 triliun.

Emir Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dari Dubai

Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang merupakan Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, sekaligus seorang emir sheikh di Dubai, telah menghabiskan sebagian hartanya untuk sumbangan amal. Dia telah menyumbang USD10 miliar untuk menggagas sebuah yayasan bernama Mohammed bin Rashid Al Maktoum Foundation, sebuah yayasan amal yang fokus membantu generasi mendatang. Kekayaan Emir mencapai Rp64 triliun.

Grand Duke Henri, dari Luxembourg

The Grand Ducal Family of Luxembourg tidak menerima gaji tetapi memperoleh sekitar USD324,851 setiap tahun sejak 1948 untuk melaksanakan fungsi mereka. Pemberian tersebut bukan berarti mereka mereka membutuhkannya, sebab keluarga The Grand Ducal Family of Luxembourg sendiri merupakan miliuner. Kekayaannya mencapai Rp57 triliun.

Baca juga: 10 Negara Terkaya di Dunia 2019

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, dari Qatar

Pangeran kaya ini telah mengambil alih tahta dari ayahnya, Hamad bin Khalifa Al Thani, yang mengundurkan diri pada 2013. Kekayaan bersih yang diperkirakan emir sebelumnya sebesar USD2,4 miliar berasal dari Qatar Investment Authority, yang mengelola cadangan minyak dan gas negara itu. Kekayaan Emir bernilai Rp17 triliun.

Pangeran Albert II, dari Monako

Pangeran ini dilaporkan memiliki kekayaan bersih yang terdiri dari seperempat tanah kekuasaannya. Serta koleksi mobil antik, saham di sebuah resor Monte Carlo, koleksi perangko mahal, dan rumah di Philadelphia milik ibunya, Grace Kelly, yang ia beli pada 2016 dengan harga sekitar USD754.000. Total kekayaan Albert mencapai Rp14,3 trilun.

Adakah raja-raja paling kaya di dunia yang kami sebutkan telah lama Anda ketahui?  

Comments are closed.