Ini Pekerjaan Utama Pilot Pesawat yang Belum Banyak Diketahui

Travel

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang pilot pesawat itu susah. Iya, memang benar karena dibutuhkan kemampuan tinggi dan juga tanggung jawab besar.

Pilot pesawat merupakan salah satu prosesi pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat. Pasalnya, banyak yang menyebutkan bahwa bekerja menjadi seorang pilot memiliki banyak tantangan dan cukup berbeda dari yang lain. Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh pendidikan serta ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Setelah seorang dinyatakan lulus dari sekolah penerbangan, bukan berarti dia langsung dinobatkan menjadi pilot. Butuh jam terbang dan juga pengalaman yang banyak di dalam menerbangkan pesawat. Bukan hanya itu, setelah lulus juga masih banyak ujian yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi terbang atau ijazah penerbang (pilot license), yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot (kompetensi) untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Pasal 53 ayat (1) mengatakan “Setiap orang dilarang menerbangkan atau mengoperasikan pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan pesawat udara”. Oleh karena itu, saat langkah awal mereka biasanya menjadi asisten pilot atau yang biasa disebut sebagai co-pilot. Seorang pilot mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya, sehingga tidak sembarang orang bisa begitu saja mengantongi lisensi. Dalam sekolah penerbangan, selain kemampuan teknis, calon pilot diharuskan untuk mengetahui etika dari profesi ini.

Baca juga: Etika Penumpang di Dalam Pesawat yang Harus Dipatuhi

Jika memang ujian yang dilalui sangat banyak dan terbilang cukup memakan proses yang panjang, apa saja tugas utama seorang pilot sehingga harus benar-benar menguasai ilmu dalam dunia penerbangan?

Tugas Utama Pilot Pesawat

Jika dilihat, sebenarnya tidak banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan seorang pilot pesawat tetapi dari semua tugas tersebut memiliki kesulitan dan juga tanggung jawab yang besar untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik dan selamat. Berikut ini tiga tugas utama seorang pilot.

Menerbangkan Pesawat

Tugas yang pertama ini pasti sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Pesawat yang diterbangkan memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pilot tersebut. Termasuk keselamatan pesawat juga ada di tangan sang penerbang karena ia seharusnya sudah mampu menerbangkan pesawat dengan profesional sesuai dengan cuaca dan teknik.

Menjaga Keselamatan Penumpang

Bukan hanya mahir dalam menerbangkan pesawat, tetapi seorang pilot juga diharuskan untuk bertanggung jawab dan menjamin semua penumpang yang menaiki pesawat tersebut akan tiba di tempat tujuan dengan selamat. Tugas ini sebenarnya dikhususkan untuk para pilot komersial pilot yang bekerja pada maskapai penerbangan dan menerbangkan pesawat untuk dibayar. Bukan hanya itu, pilot juga harus memastikan bawa penumpang tersebut juga sangat nyaman dalam perjalanan.

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Hampir semua profesi yang bergerak di bidang jasa memiliki tanggung jawab terbesarnya adalah untuk para konsumen. Namun, meskipun begitu seorang pilot juga tidak boleh melupakan kesehatan dirinya sendiri. Hal yang sudah menjadi tanggung jawab siapa pun termasuk pilot adalah menjaga kesehatan diri sendiri. Hal ini dikarenakan ketika sedang bertugas kondisi badan dari pilot tersebut harus dalam keadaan yang fit, karena jika tidak dalam kondisi yang sehat bisa berpengaruh pada penerbangan dan juga keselamatan penumpang.

Baca juga: Ini Dia 5 Pesawat Terbesar di Dunia

Kode Sandi Pilot Pesawat

Setelah mengetahui tugas-tugas dari seorang pilot, Anda sebagai calon pilot juga harus mengatahui kata sandi atau kode-kode yang sering digunakan pilot dalam pekerjaannya. Kira-kira apa saja ya?

Doors To Arrival

Kode sandi yang pertama ini merupakan sebuah instruksi bersifat kritis atau darurat yang ditujukan kepada pramugara atau pramugari untuk bersiap-siap karena pesawat akan segera mendarat. Tujuan dari kata sandi ini agar para awak kabin segera menonaktifkan sistem perosotan darurat yang menempel di pintu. Untuk mencegahnya mengembang di gate. Pasalnya, jika sistem perosotan darurat tidak dinonaktifkan, maka secara otomatis akan mengembang saat pintu dibuka.

Crosscheck

Crosscheck merupakan salah satu kata yang sering diucapkan seperti pada; ‘flight attendats, doors to arrival, and crosscheck’. Crosscheck atau cek silang adalah istilah yang digunakan pilot dan awak kabin yang berarti bahwa mereka harus memeriksa tugas rekan lainnya. Di dalam kabin, pramugara atau pramugari saling memeriksa apakah tugas telah dilaksanakan. Misalnya, untuk memastikan pintu darurat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.

All-Call

Kata tersebut sering dipasangkan dengan instruksi untuk pramugara atau pramugari. Makna dari all call ini adalah permintaan langsung kepada masing-masing awak kabin utnuk melaporkan lewat interkom dari posnya masing-masing.

Flight Deck

Sinonim dari kokpit atau kabin tempat pilot dan kopilot berada.

Baca juga: Perbedaan Kelas Pesawat dan Fasilitas di Garuda Indonesia

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Final Approach

Bagi pilot, sebuah pesawat berada pada kondisi final approach ketika mendekat ke landasan pacu untuk mendarat, apabila mencapai bagian lurus pada jalur pendaratan, atau berada sejajar dengan garis tengah landas pacu yang tidak membutuhkan manuver tambahan. Ketika awak kabin yang mengatakan kata itu, maknanya lebih bersifat umum, yang berarti, ujung kapal terbang sudah berada di posisi terdepan landasan.

Direct Flight

Arti direct flight atau penerbangan langsung tak sama dengan non-stop flight yang sama sekali tidak berhenti, dari lepas landas hingga tujuan akhir. Penerbangan langsung bermakna, sebuah penerbangan dengan rute yang tidak berubah, namun terbuka kemungkinan pesawat akan berhenti untuk melakukan transit penumpang. Itulah informasi seputar tugas yang dibebankan kepada seorang pilot dan kode-kode yang biasanya digunakan dalam dunia penerbangan. Jadi, jika Anda ingin menajdi seorang pilot, pastikan mental sudah siap ya.  

Comments are closed.