Ini Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia

Travel

Untuk melestarikan penyu, tersebar beberapa tempat penangkaran penyu di Indonesia supaya tidak punah. Mau tahu di mana saja?

Jika berbicara mengenai objek wisata, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Mulai dari pegunungan, pulau-pulau, pantai, dan juga objek wisata yang memiliki nilai sejarah tinggi. Selain objek wisata, Indonesia juga memiliki ekosistem laut yang sangat indah. Tidak heran jika Indonesia sengaja dipilih sebagai destinasi wisata oleh para pelancong yang ingin menghabiskan masa liburannya.

Berbicara ekosistem laut, banyak sekali pulau-pulau yang mempersembahkan keindahan dasar laut yang begitu menakjubkan. Sebut saja salah satunya Wakatobi yang menjadi surganya dasar laut. Anda akan dimanja oleh pemandangan indah dari berbagai jenis ikan-ikan dengan jenis yang beragam. Ekosistem laut di Indonesia bukan hanya ikan dan terumbu karangnya saja, tetapi ada juga jenis hewan lain yang memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya penyu. Di Indonesia, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi jika ingin melihat dan bermain dengan penyu. Berikut ini tempat penangkaran penyu di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Pilih asuransi perjalanan dan belanja dengan HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kode promo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%!

tempat penangkaran penyu

Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk Anda para warga Jakarta. Di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Pramuka ada tempat penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi. Penangkaran penyu di Pulau Pramuka dirintis pada 1984 dengan habitat penyu aslinya bertelur. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat telur-telur penyu yang jumlahnya ratusan tersebut. Untuk penyu di Pulau Pramuka ini berjenis Penyu Sisik.

Deluang Sari, Tanjung Benoa

Pasir yang merupakan salah satu media terpenting dalam proses pengembangbiakan penyu sehingga pantai dipilih sebagai tempat penangkaran penyu. Selain di Kepulauan Seribu, Tanjung Benoa letaknya di Deluang Sari juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Selain menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa bermain bersama penyu dan bahkan melihat proses pengembangbiakan penyu.

Ujung Genteng, Sukabumi

Tempat penangkaran penyu di Indonesia lainnya terletak di Pantai Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Letak persisnya berada di salah satu sudut pantai dan memang tidak dibuka untuk umum. Pasalnya penyu sedikit sensitif dengan manusia dan cahaya sehingga bisa mengakibatkan proses pengembangbiakan. Namun, meskipun seperti itu, jika Anda beruntung bisa melihat penyu ketika sedang dilepaskan untuk ke laut.

Pantai Sukamande, Banyuwangi

Pantai Sukamande ini termasuk salah satu tempat penangkaran penyu semi alami. Pasalnya, di tempat ini bukan hanya satu jenis penyu saja, tetapi ada beberapa macam jenis penyu yang ditangkarkan, yaitu Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), dan Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea).

Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung

Tempat penangkaran penyu di Batavia Bangka Beach ini berdiri pada 2008 yang dilakukan oleh pengusaha lokal akibat semakin langkanya jenis Penyu Sisik dan penyu Lekang yang hidup diperairan laut Bangka Belitung. Sumber penangkaran penyunya adalah dengan membeli telur-telur penyu dari para nelayan pencari telur penyu di pasir-pasir pantai sekitar Pulau Bangka.

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready.com

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply