Jalan-Jalan ke Solo Jangan Lupa Cobain Wisata Kuliner Solo Ini

Travel

Berkunjung ke suatu daerah kurang lengkap jika tidak menimati makanan khasnya. Salah satunya wisata kuliner Solo yang wajib Anda coba!

Di suatu kota memang selalu ada makanan dan tempat yang khas untuk nongkrong atau berbincang-bincang. Salah satunya di kota Solo yang banyak sekali meyediakan wisata kuliner Solo yang enak dan patut untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Solo. Pasalnya saat ini Solo sudah menjadi salah satu daerah yang ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan. Selain datang untuk menikamati keindahan objek wisatanya, makanan-makanan Solo yang selalu khas ini menjadi daya tarik wisatwan untuk terus berkunjung ke sana. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dijadikan sebagai pilihan wisata kuliner Solo yang enak untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga tercinta.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Belanja asuransi perjalanan. HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kodepromo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%

wisata kuliner solo

Sate Buntel

Salah satu tempat wisata kuliner Solo yang enak adalah sate buntel. Di Solo, sudah banyak tempat makan yang menyediakan menu ini. Di sana para penikmat kuliner dapat menikmati sate buntel dan juga cuci mata. Per porsi sate buntel dipatoh dengan kisaran harga Rp35 ribu. Namun, tidak perlu khawatir karena porsi sate tersebut sangatlah banyak. Jadi, makanan tersebut pun dapat dinikmati lebih dari satu orang. Rasanya sangat enak dan mantap, sehingga menjadikan banyak orang yang ingin selalu mencari sate ini jika berkunjung ke Solo.

Gudeg Ceker

Berbeda dengan gudeg asal Yogyakarta, gudeg dari Solo terdapat makanan tambahan berupa ceker. Gudeg ceker ini memiliki rasa santan ceker yang sangat terasa. Ditambah lagi dengan siraman kuah sambal goreng krecek yang membuat makanan ini semakin nikmat. Luar biasanya, meski dibuka pada pukul 2 dini hari pun langsung dipenuhi para pembeli. Nah, jika Anda ingin wisata kuliner Solo, harus coba makanan yang satu ini.

Bakmi Citro

Wisata kuliner Solo yang pantas untuk dicoba adalah bakmi Bu Citro. Bakmi tersebut sangat terkenal di kota Solo. Rasanya yang pas dengan lidah dan juga harga yang bersahabat menjadikannya primadona bagi penikmat kuliner. Bakmi Citro dapat dinikmati di kawasan Kilanggeni Tipes Surakarta. Yuk, segera datang ke bakmi Bu Citro supaya Anda bisa langsung menikmati bakmi ini.

Timlo Solo

Selain wisata kuliner Solo yang disebutkan di atas, para penikmat kuliner dapat juga mengunjungi tempat di kawasan Jl. Urip Sumoharjo Surakarta atau di timur Pasar Gede. Di sana akan dijumpai makanan enak, yakni timlo solo. Timlo merupakan hidangan dengan kuah bening yang berisikan sosis goreng yang dipotong-potong, telur ayam pindang, dan juga irisan hati ampela ayam. Tak lupa juga makanan ini ditaburi dengan bawang goreng dan ditemani dengan nasi putih hangat. Timlo Solo sangat wajib untuk Anda santap.

Serabi Solo

Mengunjungi Solo, yang pertama kali terbersit di pikiran banyak orang pastilah kue Serabi Notosuman yang legendaris itu. Berlebihan? Tunggu sampai Anda merasakannya sendiri! Serabi Solo memang banyak dijual, bahkan di Jakarta juga Anda bisa menemukannya. Namun, tidak ada yang dapat menandingi rasa Serabi Solo yang Anda dapatkan dari kampung Notosuman, Solo.

Serabi sebenarnya adalah semacam pancake yang adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Teksturnya kenyal namun tetap lembut, dan rasanya sangat legit. Berbeda dengan kue serabi atau surabi di daerah lain, serabi khas Solo atau serabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis.

Serabi terbaik dan terkenal yang harus Anda coba adalah serabi legendaris Solo yang telah memulai ada sejak 1923. Saat ini, terdapat dua toko Serabi Notosuman, yaitu milik Ny.Lidia dan milik Ny. Handayani. Anda bisa menemukan keduanya berada di sekitar Jl. Moh.Yamin. Keduanya merupakan keturunan dari perintis usaha ini yaitu pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan.

Baca Juga: 8 Ide Wisata Liburan Weekend Keluarga

Leave a Reply