Jalan Tol Terpanjang di Dunia dan Indonesia, Tahukah Anda?

Travel

Hampir setiap negara di dunia memiliki jalan tol. Tapi, hanya sebagian saja yang masuk dalam daftar jalan tol terpanjang.

Bisa dibilang, syarat suatu negara disebut sebagai negara berkembang dan maju tak lain adalah pembangunannya yang pesat. Dari sekian banyak pembangunan yang dilakukan, jalan tol menjadi salah satunya.

Jalan bebas hambatan ini memiliki fungsi vital. Tak hanya sebagai akses bagi kendaraan, lebih dari itu, jalan tol memiliki peran sebagai penghubung dari satu daerah ke daerah lain untuk kebutuhan bisnis dan kebutuhan vital lainnya.

Dari banyaknya jalan tol yang ada di dunia saat ini, mari kita lihat satu per satu dalam daftar jalan tol terpanjang di dunia berikut ini!

Jalan Tol Terpanjang di Dunia

Highway 409 (500 Kilometer)

Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sekali jalan tol. Hal ini tak lepas dari banyaknya penduduk di negara tersebut yang menggunakan kendaraan pribadi dalam beraktivitas.

Salah satu jalan bebas hambatan terpanjangnya adalah Highway 409 yang dibangun di Kota Ontario. Panjang jalan ini mencapai 500 kilometer. Umumnya, warga kota Ontario menggunakannya sebagai jalur utama menuju Bandara Internasional Ontario (ONT) karena ini adalah jalan tercepat dibandingkan jalan raya umumnya.

Macdonald Cartier Freeway (817 Kilometer)

Keberadaan jalan tol Macdonald Cartier Freeway disebut-sebut sebagai kunci lancarnya jalur distribusi dan akses transportasi di Amerika Serikat. Jalur ini dibangun pada 1938 untuk menghubungkan kota otomotif Detroit menuju Quebec yang berjarak 817 kilometer.

The Tarim Desert Highway (998 Kilometer)

Inilah jalan tol terpanjang di Asia. Jalur tol di China ini membentang dari arah utara ke selatan negeri tirai bambu sepanjang 998 kilometer. Titik nol atau awal dari jalan tol ini terletak di Kota Tarim yang kaya akan minyak.

Interstate 80 Highway (4.666 Kilometer)

Seperti halnya jalur bebas hambatan lainnya di Amerika Serikat, jalur tol Interstate 80 Highway menghubungkan Pantai Timur Amerika dan Pantai Barat Amerika. Berbeda dengan saudara tuanya Interstate 90 Highway, Interstate 80 Highway menghubungkan San Francisco, California, menuju Teaneck, New Jersey, yang panjangnya mencapai 4.666 kilometer.

Interstate 90 Highway (4.987 Kilometer)

Jalan bebas hambatan ini adalah salah satu jalan terpanjang antar-negara bagian yang ada di Amerika Serikat. Jalurnya membentang sepanjang 4.987 kilometer menghubungkan Seattle di Pantai Barat Amerika hingga Boston, negara bagian di Pantai Timur Amerika.

Route Six Highway (5.158 Kilometer)

Route Six Highway adalah jalan bebas hambatan yang menyandang identitas nama besar tokoh Amerika, Franklin Delano Roosevelt. Jalan ini kali pertama dibangun pada 1925 sebagai respons atas kian menggeliatnya ekonomi negeri Paman Sam, khususnya di Pantai Timur Amerika sebagai kota tujuan bisnis dunia. Jalan tol ini memiliki panjang 5.158 kilometer yang bermula dari Massachusetts menuju Brewster, New York.

Trans Canada Highway (7.800 Kilometer)

Negeri jiran di sebelah utara Amerika Serikat ini tidak mau kalah dalam hal pembangunan jalan bebas hambatan. Negeri berlambang daun mapel ini memiliki Trans Canada Highway yang tidak lain adalah jalur tol terintegrasi modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, hingga berakhir di St. John’s, Newfoundland. Trans Canada Highway memiliki panjang 7.800 kilometer.

Australia’s Highway (14.500 Kilometer)

Jalan bebas hambatan yang beroperasi di Australia ini sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian negeri Kangguru. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.500 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.

Pan American Highway (47.516 Kilometer)

Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Chile. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini.

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Sebagai negara yang sedang berkembang pesat, tak heran jika kita melihat banyak sekali pembangunan yang sedang berlangsung di Indonesia, salah satunya adalah jalan tol. Nah, dari sekian banyak jalan yang ada di tanah air, berikut adalah daftar jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia!

Bakter (140,94 Kilometer)

Jalan tol Bakter (Bakauheni – Terbanggi Besar) merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia yang diresmikan beberapa bulan lalu. Panjang jalan bebas hambatan satu ini mencapai 140,94 kilometer.

Cipali (116,75 Kilometer)

Jalan tol Cipali (Cikampek-Palimanan) adalah jalan bebas hambatan terpanjang kedua di Indonesia yang diresmikan pada Juni 2015 dengan panjang kurang lebih 116,75 kilometer. Pilihan jalan ini melintasi daerah Cikopo, Subang, Purwakarta, dan Palimanan.

Jalan bebas hambatan ini juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten, sampai Banyuwangi, Jawa Timur.

Jakarta-Merak (98 Kilometer)

Jalan tol Jakarta-Merak selesai dibangun pada 1984 yang melintasi kota Jakarta bagian barat, Serang, Tangerang, dan kota Cilegon. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan panjang kurang lebih 98 kilometer.

Ngawi-Kertosono (87,02 Kilometer)

Jalan tol sepanjang 87,02 kilometer ini menghubungkan Ngawi dengan Kertosono, Jawa Timur, melewati Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi.

Melewati jalan bebas hambatan ini, Anda terhubung dengan Solo-Ngawi di sebelah barat dan Kertosono-Mojokerto di sebelah timur. Jalan ini beroperasi penuh sejak tahun 2018 dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta.

Jakarta-Cikampek (83 Kilometer)

Jalan tol Jakarta-Cikampek merupakan jalan tol dari Cawang menuju Cikampek. Jalan ini melintasi kota Jakarta bagian timur, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta dengan panjang kurang lebih 83 kilometer.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

JORR (64 Kilometer)

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau disebut juga Jakarta Outer Ring Road (JORR) merupakan rangkaian jalan melingkar di luar kota Jakarta yang sudah terkenal sejak awal 1990-an. Jalan ini menjadi penghubung warga Tangerang dan Jakarta menuju Bekasi dan beberapa kota lain di daerah Pantura.

Jagorawi (59 Kilometer)

Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) merupakan jalan yang dibangun pada 1975 dan merupakan jalan bebas hambatan pertama di Indonesia. Jalan ini terbentang sepanjang 59 kilometer (termasuk jalan akses) dari Jakarta sampai Ciawi, Jawa Barat.

Meski cukup signifikan perbedaan panjangnya dengan daftar jalan tol terpanjang di dunia, tapi hal ini membuktikan bahwa Indonesia sangatlah berkembang dari segi infrastruktur meski harus terpisah menjadi beberapa pulau besar. Mana jalan tol yang pernah Anda lalui?

Comments are closed.