Jenis-Jenis Visa Berserta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Travel

Visa bukan hanya untuk wisata saja, tetapi ada berbagai macam jenis visa yang bisa Anda miliki asalkan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Mungkin selama ini yang baru Anda tahu hanyalah visa untuk kunjungan wisata atau yang paling umum disebut sebagai visa turis. Namun, kenyataannya ada visa terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing jenis memiiki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Mengetahui jenis-jenis visa dan juga fungsinya tentu akan memudahkan Anda dalam hal pengajuan pembuatan visa. Sebab, jika salah dalam pengajuan meskipun semua syarat terpenuhi, tetap saja visa tersebut tidak akan bisa digunakan dan semua yang Anda lakukan akan sia-sia. Oleh karena itu, agar terhidar dari kesalahpahaman ini, tidak ada salahnya Anda baca dan pahami ulasan tentang jenis-jenis visa dan juga fungsinya berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Jenis-Jenis Visa

Sejauh ini ada 12 jenis visa yang bisa Anda ajukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa masing-masing visa memiliki fungsinya masing-masing. Apa saja itu?

Visa Kunjungan Wisata/Visa Turis

Visa kunjungan wisata merupakan salah satu jenis visa yang paling banyak diajukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, selain paspor jika Anda berencana liburan ke negara yang mengharuskan untuk memiliki visa, tentu jenis visa inilah yang harus Anda ajukan. Berbeda dengan paspor yang hanya memerlukan waktu tiga hari hingga satu minggu masa pembuatannya, visa kunjungan wisata ini memerlukan waktu 30-90 hari. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membuat rencana liburan dari jauh-jauh hari, terutama untuk liburan ke negara yang memerlukan visa.

Visa Kunjungan Bisnis

Bagi Anda termasuk salah satu orang yang sering melakukan perjalanan bisnis ke berbagai negara, tentu visa kunjungan bisnis ini sangat disarankan utnuk Anda miliki. Sebab, dengan visa jenis ini, Anda akan memperoleh kemudahaan disaat akan melakukan perjalanan bisnis keberbagai negara tujuan. Contohnya, Anda akan meeting di Jepang, seminar di Jerman, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Visa Kunjungan Keluarga

Visa ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin datang ke suatu negara untuk mengunjungi keluarga yang tinggal di sana. Visa ini memiliki masa tinggal selama 3 bulan atau 90 hari. Sama halnya dengan pengajuan visa yang lainnya, visa kunjungan keluarga juga harus diajukan sebelum keberangkatan dan disertai dengan surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan dengan tujuan sebagai penjamin traveller selama ada di negara tersebut.

Visa Kerja

Visa ini diperuntukkan untuk orang-orang yang bekerja di perusahaan negara tujuan. Biasanya memiliki jangka waktu lama hingga bertahun-tahun. Visa ini bisa juga disebut dengan izin tinggal semi permanen, permanen, atau sesuai dengan lamanya kontrak kerja. Untuk memperpanjang visa ini kita harus kembali ke negara asal untuk mengajukan ulang pembuatannya.

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Visa Bisnis

Untuk Anda yang membuka bisnis di suatu negara dan butuk waktu tinggal yang agak lama, maka visa bisnis ini jawabannya. Visa ini memberikan kita waktu tinggal cukup lama dan bisa diperpanjang untuk mendapatkan izin tinggal permanen.

Visa Belajar

Biasanya digunakan untuk siswa dan mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri. Pengajuan visa ini lebih mudah apabila memenuhi syarat di instansi pendidikan negara tujuan. Visa ini berlaku selama masa pendidikan masih berjalan termasuk masa libur.

Visa Pertukaran Pelajar

Sesuai namanya, visa ini digunakan untuk program pertukaran pelajar. Masa berlakunya sesuai dengan waktu berlangsungnya program. Biasanya pembuatannya akan dibantu oleh lembaga yang mengadakan program pertukaran pelajar.

Visa Transit

Visa ini di gunakan jika Anda ingin melakukan transit di sebuah negara sebelum mencapai negara tujuan. Juga harus diperhatikan apakah visa transit ini hanya berlaku pada area bandara (Airport transit visa) atau untuk seluruh negara dimana Anda transit (Transit Visa). Bila hanya area bandara, berarti Anda tidak boleh meninggalkan bandara walaupun hanya sebentar. Juga tidak boleh menginap diluar bandara saat harus tunggu penerbangan selanjutnya. Masa berlaku visa transit biasanya cuma beberapa jam, sebelum naik pesawat berikutnya.

Visa Diplomatik

Sesuai namanya visa ini ditujukan untuk para diplomat. Baik Orang yang bekerja dalam jangka waktu di suatu instansi perwakilan negera. Atau hanya visa kunjungan diplomatik sementara. Misalnya saat kunjungan dinas atau kunjungan kerja (Kungker). Proses pembuatan dibilang gampang karena ada jalur khusus antar negara.

Exit Visa

Pemegang visa ini harus pergi meninggalkan negaranya sendiri, atau bisa juga negara orang lain. Biasanya sudah tertulis tujuannya dan dia hanya boleh pergi ke negara tujuan yang disebutkan dalam visa itu. Visa jenis ini dibuat bagi seorang warga negara asing yang harus keluar dari suatu negara karena misalnya habis ditahan/dipenjara atau warga negara yang mau meninggalkan negara sendirinya menuju negara baru. Biasanya keluarnya visa exit ini dibarengi dengan larangan masuk kembali ke negara dimana visa dikeluarkan.

Baca juga: Yuk, Mengenal Berbagai Warna Paspor di Dunia!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Visa Khusus Pegawai Internasional/Corporate permits

Jika Anda harus bekerja untuk badan internasional, visa jenis ini harus didapatkan. Atau bisa juga karena Anda sangat layak jadi juara sehingga ditempatkan oleh satu perusahaan internasional sebagai wakil di negara tersebut.

Visa on Arrival

Berbeda dengan visa lainnya yang diharuskan untuk dibuat dari jauh-jauh hari, Visa on Arrival bisa dibuat saat itu juga jika Anda sudah memasuki ke dalam wilayah suatu negara. Baik itu melalui bAndara, pelabuhan, ataupun daratan di perbatasan negara. Namun, salah satu syarat untuk bisa mengajukan visa ini adalah hubungan antara kedua negara baik atau adanya kerjasama yang panjang hingga bisa memberikan kemudahan dalam proses pengajuan visa. Visa ini biasanya tidak bisa untuk urusan bisnis.

Comments are closed.