Jetstar Airlines, Maskapai Murah Berkualitas

Travel

Menjadi salah satu maskapai penerbangan internasional dengan tarif rendah, Jetstar Airlines menjadi maskapai favorit yang tetap mengedepankan kenyamanan penumpang.

Jika Anda berencana berlibur ke luar negeri dengan budget minim, Jetstar Airlines bisa di jadikan pilihan yang tepat. Maskapai adalah maskapai penerbangan Australia yang melayani segmen low-cost atau bertarif rendah. Berbasis di Melbourne, Australia, Jetstar Airways yang dipimpin oleh CEO David Hall ini adalah anak maskapai dengan kepemilikan penuh dari maskapai Full-Service Qantas Airways.

Jetstar didirikan pada tahun 2003, dan pertama kali beroperasi pada Mei 2004. Maskapai melayani rute domestik, regional hingga internasional dengan berpusat di Bandara Internasional Melbourne. Saat ini, Jetstar Airlines melayani penerbangan ke sekitar 19 destinasi domestik di negeri kanguru dan 14 destinasi internasional.

Lewat slogannya “Low Fares, Good Times (Fly Away)”, Jetstar memperkenalkan dirinya sebagai penerbangan hemat yang berkualitas. Walaupun Jetstar Airlines melayani segmen bertarif rendah, namun maskapai ini mengutamakan “value”atau berbasiskan pada nilai, baik dari segi layanan maupun keamanan penerbangan.

Bagi Anda yang belum pernah terbang menggunakan Jetstar, berikut ketentuan check-in sebelum Anda terbang ke lokasi tujuan.

Jetstar menyediakan fasilitas check-in online tanpa harus lebih dahulu datang ke bandara. Anda dapat mencetak sendiri boarding pass yang sebelumnya telah dikirimkan via email atau SMS. Setelah mencetak tag untuk bagasi terdaftar dan memasukkannya ke konter bag drop, Anda bisa langsung menuju ke gerbang keberangkatan.

Ketentuan Web Check-in Jetstar

web check in Jetstar ailines

Web check-in tersedia untuk:

  • Pemesanan individu atau rombongan
  • Penumpang yang hanya membawa bagasi jinjing dan penumpang dengan bagasi terdaftar
  • Penerbangan kembali dalam waktu 7 hari setelah penerbangan keluar
  • Penerbangan domestik Australia, Selandia Baru, dan Jepang dijadwalkan untuk berangkat antara 48 jam dan 60 menit sejak Anda check-in
  • Penerbangan internasional Jetstar Airways, Jetstar Japan, dan Jetstar Asia yang dijadwalkan untuk berangkat antara 48 jam dan 120 menit sejak Anda check-in

Baca Juga: Emirates Airlines, Maskapai Terbesar di Timur Tengah

Web check-in tidak tersedia untuk:

  • Pemesanan dengan saldo terutang
  • Penumpang yang bepergian dengan bayi
  • Penumpang yang membutuhkan bantuan (kursi roda, kursi tambahan, tunanetra, tunarungu, serta anak-anak tanpa pendamping)
  • Penerbangan yang berangkat kurang dari 48 jam setelah pemesanan
  • Penerbangan yang dipesan melalui agen perjalanan, pihak ketiga, atau melalui telepon yang tidak mempunyai enam huruf dan angka nomor referensi pemesanan (PNR)
  • Semua penerbangan selain yang tercantum

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Check-in

Seperti maskapai pada umumnya, Jeststar juga memiliki hal atau syarat yang harus dilakukan sebelum check-in. Ada pun yang perlu disiapkan antara lain:

  • Siapkan enam huruf dan angka PNR dalam jadwal perjalanan (itinerary) Jetstar. Apabila Anda memesan pada agen perjalanan atau pihak ketiga, minta mereka untuk memberikannya.
  • Apabila Anda memiliki penerbangan internasional, Anda harus memasukkan rincian paspor Anda
  • Apabila Anda ingin mencetak boarding pass Anda sendiri, Jetstar akan mengirimkannya dalam format PDF
  • Baca dengan cermat setiap rincian tentang persyaratan dokumen perjalanan, bantuan khusus, atau fasilitas tambahan dalam jadwal perjalanan Anda

Langkah-langkah Check-in Online

  • Kunjungi tautan web check-in tiket pesawat Jetstar Airlines dan masukkan perincian data-data nomor referensi pemesanan (PNR), nama keluarga, detail bandara keberangkatan, lalu pilih lanjutkan.
  • Pilih penumpang, bagasi, dan penerbangan.
  • Apabila Anda memiliki penerbangan internasional, masukkan Advanced Passenger Information (APIS)
  • Melaporkan isi bagasi jinjing atau bagasi terdaftar apabila Anda berniat membawa barang- barang yang berbahaya
  • Memilih kursi yang diinginkan dengan penambahan biaya tertentu
  • Apabila Anda berada dalam penerbangan domestik Australia atau Selandia Baru, ada tiga pilihan cara penerimaan boarding pass
  • Mengunduh langsung boarding pass PDF Anda lalu dicetak
  • Meminta boarding pass Anda dikirim via email untuk dicetak
  • Meminta boarding pass Anda dikirim sebagai SMS
  • Apabila Anda memiliki penerbangan internasional atau penerbangan domestik dari terminal internasional,pergilah ke konter bandara untuk mendapatkan boarding pass resmi sebelum konternya tutup. Jika Anda bepergian dalam penerbangan 3K antara Singapura dan Kuala Lumpur, Anda akan menerima boarding pass melalui email dan Anda harus menunjukkannya pada konter web check-in di bandara.
  • Siapkan dan cetak dokumen perjalanan yang diperlukan

Ketentuan Penerbangan Jetstar

ketentuan penerbangan Jetstar airlines

Sebagai maskapai internasional, Jetstar memiliki ketentuan penerbangan yang dibagi menjadi dua, yaitu domestik dan internasional. Mari kita lihat satu per satu di bawah ini.

Ketentuan Penerbangan Jetstar Domestik

Penumpang dalam penerbangan domestik Jetstar Japan (GK) dan Jetstar (JQ) yang berangkat dari terminal domestik harus hadir di konter check-in bandara 2 jam, atau selambat-lambatnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan karena pada waktu tersebut konter akan ditutup.

Bersiaplah di gerbang keberangkatan 25 menit atau selambat-lambatnya 15 menit sebelum waktu keberangkatan, karena pada waktu tersebut ruang tunggu keberangkatan akan ditutup.

Ketentuan Penerbangan Jetstar Internasional

Baca Juga: Scoot Airlines, Cara Asyik Untuk Bepergian

Penumpang dalam penerbangan internasional harus menunjukkan dokumen perjalanan web, beserta dokumen perjalanan lain yang relevan, untuk mendapatkan boarding pass resmi dari petugas check-in di gerbang boarding.

Anda harus datang ke konter check-in 3 jam sebelum waktu keberangkatan, atau selambat-lambatnya 60 menit sebelum konter ditutup. Bersiaplah di gerbang keberangkatan 40 menit sebelum waktu keberangkatan, atau selambat-lambatnya 15 menit sebelum ruang tunggu keberangkatan ditutup.

Fasilitas Sesuai Tipe Kelas Pesawat

fasilitas Jetstar airlines

Sebagai sebuah maskapai bertarif rendah, pihak perusahaan membedakan sajian berdasarkan kelas ekonomi dan bisnis, dan di sesuaikan dengan harganya yang bervariasi, mulai dari harga tiket Jetstar yang murah hingga yang lebih mahal.

Di penerbangan rute domestik, penumpang dapat membeli makanan dan minuman dari layanan on-board. Khusus kelas Bisnis yang terdapat pada rute internasional menggunakan pesawat Airbus A330-200, penumpang mendapat makanan dan minuman secara gratis.

Di Jetstar, semua harga sudah termasuk tempat duduk yang ditentukan. Namun bila Anda sudah merencanakan letak duduk dan rekan perjalanan yang duduk bersama Anda, maka Anda dapat memilih letak tempat duduk sebelum penerbangan (dapat dikenakan biaya dan tergantung ketersediaan). Penumpang Economy Starter Plus, Economy Max dan Kelas Bisnis bisa memilih tempat duduk standar tanpa tarif tambahan, tergantung ketersediaan.

Anda akan mendapatkan fasilitas bagasi kabin 7 kg untuk semua tiket Jetstar (atau 2 x 7 kg jika Anda terbang di Kelas Bisnis). Selain itu, Anda dapat membeli bagasi pesawat sebanyak yang Anda butuhkan, dari 15 kg hingga 40 kg.

Khusus untuk rute internasional menggunakan pesawat Airbus A330-200, Jetstar juga menawarkan tiket pesawat kelas bisnis yang sudah mencakup makanan, minuman, In-Flight Entertainment dan bagasi gratis 30 kg.

Untuk tiket kelas ekonomi, penumpang dapat membawa bagasi kabin gratis hingga 7 kg dan dapat membeli bagasi tambahan yang harganya jauh lebih murah jika dibeli saat pemesanan awal.

Peraturan Penerbangan Jetstar

Jetstar memperbolehkan bayi (berusia di bawah 2 tahun) ikut dalam penerbangan asalkan berada dalam pangkuan penumpang dewasa. Harga tiket Jetstar untuk bayi yang duduk di pangkuan penumpang dewasa adalah gratis untuk rute domestik dan penerbangan antara Australia dan Selandia Baru. Namun, untuk beberapa penerbangan akan dikenakan tarif khusus.

Baca Juga: Penerbangan Lebih Mudah dengan Cathay Pacific

Untuk bayi di bawah usia 7 hari diperbolehkan terbang dengan Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K), Valuair (VF) dan Jetstar Japan (GK) dengan persyaratan mengisi formulir Jetstar Clearance Form. Khusus Jetstar Pacific (BL), bayi di bawah usia 7 hari tidak diperkenankan ikut dalam penerbangan. Sedangkan untuk anak-anak dikategorikan sebagai usia antara 2-12 tahun dan dikenakan tarif khusus.

Berbagai informasi di atas tadi bisa memudahkan Anda bila kebetulan akan melakukan penerbangan menggunakan Jetstar Airlines. Akses pengurusan tiket dan check-in lebih mudah berkat adanya sistem online. Tentu saja, jangan lupa untuk menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan beberapa hari sebelumnya agar tak ada yang terlewat.

Comments are closed.