Jewel Changi Airport: Wisata Baru di Singapura

Travel

Jewel Changi Airport menjadi destinasi teranyar di Singapura dan merupakan ikon terbaru yang sukses menarik perhatian masyarakat dunia. Lalu, seperti apa bagunan ini?

Singapura memang menjadi salah satu negara yang paling banyak dituju oleh masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan singkat. Hal ini dikarenakan jarak antara Singapura dan Indonesia cukup dekat. Ada beberapa destinasi yang paling banyak dikunjungi, seperti Universal Studio, spot foto instagramamble di Haji land, atau sekedar berbelanja barang branded di Orchard.

Selain tempat-tempat tersebut, ada destinasi lain yang rupanya akan menjadi ikon terbaru dari The Lion City ini. Ya, Jewel Changi Airport sempat menjadi sorotan masyarakat dunia, karena kemegahan dan keindahannya. Bangunan futuristik yang berada di jantung bandara Changi Airport tersebut menggabungkan konsep green park dan marketplace dalam satu tempat. Bisa dibayangkan bukan betapa indahnya tempat ini.

Jewel Changi Airport telah resmi dibuka umum pada tanggal 17 April 2019 kemarin. Bukan hanya sekadar bangunan biasa, Jewel ini juga memiliki fakta menarik yang harus diketahui wisatawan dunia. Apa saja fakta itu?

Baca juga: Tip Mudah Saat Melewati Pemeriksaan Bandara

Fakta Menarik Jewel Changi Airport

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 fakta dari Jewel Changi Airport.

Jewel Changi Airport Dirancang Arsitek Dunia

Perlu Anda ketahui, bangunan mewah dan megah ini dirancang oleh arsitek dunia dan menjadi ikon destinasi terbaru Singapura. Bisa Anda lihat sendiri, Jewel berbentuk kubah kaca ikonik yang unik sekali. Dirancang oleh arsitek kelas dunia, Moshe Safdie, Jewel menyuguhkan desain multi-dimensi unik. Bagunan ini dilengkapi dengan berbagai atraksi wisata, tempat berbelanja dan restoran, hingga fasilitas bandara yang lengkap dan akomodasi yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan wisatawan.

Memiliki Lebih dari 280 Toko dan Restoran

Disebut sebagai bangunan fungsional, secara keseluruhan Jewel memiliki lebih dari 280 toko dan restoran dengan konsep yang menarik dan merek internasional termuka. Pengunjung dapat melihat berbagai merek yang pertama kalinya membuka cabang di Singapura, seperti Emack & Bolio’s, JW360 ̊, Lavender, OYSHO, dan Pokemon Center Singapore, serta beberapa brand lokal Singapura seperti In Good Company, Supermama, dan Tiger Street Lab. Seluruh desainer, ritel, dan pengrajin Singapura yang terlibat diberikan kesempatan untuk memperkenalkan karya otentik Singapura ke seluruh dunia.

Ada juga restoran seperti Shake Shack (gerai makanan cepat saji pertama Amerika yang berasal dari New York), Burger and Lobster (asal London), Laderach (cokelat asal Swiss), dan Pink Fish (restoran seafood cepat saji pertama di dunia) yang akan menarik perhatian para wisatawan dan foodies dari Indonesia dan seluruh dunia.

Tak hanya itu, restoran bersertifikasi halal seperti Commons, Earle Swensens, El Fuego by Collin’s, Saap Saap Thai, So Pho, dan masih banyak lagi, juga akan menawarkan berbagai sajian makanan Western dan Asian yang dapat dinikmati oleh wisatawan dan pengunjung Muslim.

Jewel Changi Airport Memiliki Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia

Air terjun ini bernama HSBC Rain Vortex dengan ketinggian air terjun 40 meter. Air terjun ini berada di tengah-tengah Jewel dan dikelilingi oleh taman dan hutan buatan. Terlihat sangat cantik.

Baca juga: Bandara Internasional Terbaik di Dunia, Sudah Tahu?

Memiliki Lebih 2.000 Pepohonan

Selain desainnya yang mewah, Jewel juga punya ruang dengan konsep hutan buatan. Terdapat lebih dari 2.000 pepohonan yang menjangkau sekitar 120 spesies yang berasal dari berbagai negara seperti Australia, Cina, Malaysia, Spanyol, Thailand dan Amerika Serikat. Pepohonan ini ditanam dan disusun sehingga menghasilkan taman yang menakjubkan dan nyaman. Serasa di dalam hutan!

Berada di Terminal 1 Bandara Changi

Jewel terhubung secara langsung dengan Terminal 1 Kedatangan dan terhubung ke Terminal 2 dan Terminal 3 yang dapat diakses melalui jembatan penghubung. Jewel terdiri dari lima lantai di atas tanah dan lima lantai di area basement, dengan total luas area 135.700 meter persegi.

Beragam Atraksi Wisata

Selain HSBC Rain Vortex, air terjun indoor, Jewel juga punya beragam atraksi wisata yang bisa dinikmati pengunjung. Di sekelilingnya juga terdapat taman dalam ruangan empat lantai bernama Shiseido Forest Valley. Arena bermain seperti Manulife Walking Nets, Bouncing Nets, Hedge Maze, Mirror Maze, dan Discovery Slides dirancang untuk menyatu dengan konsep unik taman dalam ruangan dan akan dibuka pada 10 Juni 2019.

Jewel Changi Airport Memiliki Lounge yang Akomodasi Mewah

Changi Lounge merupakan area istirahat yang dilengkapi dengan 150 kursi dengan fasilitas kamar mandi, menawarkan fasilitas tanpa batas untuk penumpang yang sedang melakukan transit di Bandara Changi, yang terhubung ke layanan kapal pesiar dan feri.

Jewel juga akan memiliki properti YOTELAIR pertama di Asia. Dengan 130 kabin yang didesain secara optimal dengan pilihan jenis kabin kelas Premium, Accessible, dan Family, kamar-kamar ini dapat dipesan untuk durasi minimal selama empat jam, ideal untuk menghabiskan waktu saat transit atau untuk menginap semalam.

Baca juga: 5 Destinasi Favorit Objek Wisata Pulau Sentosa

Ada Pokemon Center Pertama di Luar Jepang

Buat Anda penggemar Pokemon, ada berita baik. Di sana Anda bisa membeli berbagai cinderamata eksklusif. Misalnya saja mainan, alat tulis, Kartu Bermain Pokemon, hingga video game resmi keluaran The Pokemon Company. Untuk diketahui, Pokemon Center Singapore merupakan store ke-13 dan menjadi Pokemon Center pertama yang dibuka di luar Jepang. Sama seperti Jewel Changi, Pokemon Center Singapore juga dibuka secara resmi pada 17 April kemarin. Pada hari pertama pembukaannya, akan ada 600 item barang yang siap dibeli oleh para pelanggan.

Gratis Masuk Jewel

Jewel Changi bisa dinikmati oleh semua wisatawan yang sedang berada Changi Airport. Tak hanya itu, masyarakat Singapura juga wisatawan bisa datang untuk sekadar menghabiskan waktu tanpa harus membeli tiket alias gratis. Semua area di Jewel Changi Airport yang tidak dipungut biaya; seperti HSCB Rain Vortex, Shiseido Forest Valley, hingga deretan gerai ritel, kuliner, supermarket, dan bioskop.

Comments are closed.