Jurong Bird Park Singapura dan Fakta Menariknya

Travel

Mengenal macam-macam satwa terutama burung, Jurong Bird Park Singapura menawarkan 400 spesies burung dari seluruh dunia, termasuk di antaranya burung-burung yang hampir punah.

Ketika berlibur ke Singapura, terdapat destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk Anda pencinta satwa. Jurong Bird Park adalah taman burung seluas 20 hektar di Singapura yang menjadi salah satu tempat konservasi burung-burung langka dunia. Di sini, Anda dapat melihat burung yang ditempatkan di kandang-kandang yang bersih dan teratur. Dengan jumlah burung lebih dari lima ribu ekor, taman burung ini wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Selain melihat berbagai jenis satwa burung, di taman ini Anda juga disuguhkan berbagai acara dan kegiatan lainnya, mulai dari pameran, program edukasi untuk siswa, pertunjukan interaktif hingga pengalaman bersantap bersama burung beo atau penguin. Berikut fakta menarik yang bisa di jadikan bekal sebelum Anda mengunjungi taman burung terkenal di Singapura ini.

Fakta Menarik Jurong Bird Park Singapura

fakta menarik Jurong Bird Park

Taman Burung Terluas di Asia

Luasnya yang mencapai 20,2 hektar menjadikannya taman burung terluas di Asia. Tak heran sebab biaya pembangunan taman ini mencapai 3,5 juta dolar AS. Kegiatan konstruksinya dimulai pada Februari 1969 dan selesai pada akhir 1970.

Baca Juga: Jewel Changi Airport: Wisata Baru di Singapura

Mengoleksi Lebih dari 5000 Ekor Burung dari 400 spesies

Datang ke taman ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis burung yang unik bahkan belum pernah Anda lihat sebelumnya. Setiap langkah yang Anda jajaki di taman ini di jamin tidak akan membuat Anda bosan sebab sejauh mata memandang Anda akan melihat jenis burung yang berbeda-beda. Selain itu, sekitar 20 persen dari spesies burung yang ada di taman ini merupakan spesies terancam punah.

Menyabet Beberapa Penghargaan Bergengsi

Seperti Certificate of Excellence dari Trip Advisor (2017), Singapore Experience Awards (2015) untuk kategori layanan konsumen terbaik dalam atraksi wisata. Ada pula Meritorious Defence Partner Award (2013), STB Singapore Experience Award (2012), dan Breeders’ Award dari American Pheasant and Waterfowl Society (2001).

Pembangunannya Diprakarsai Menteri Keuangan Singapura, Goh Keng Swee

Goh Keng Swee memiliki gagasan mendirikan taman burung setelah kunjungannya ke Rio Aviary di Rio de Janeiro, Brazil saat menghadiri pertemuan World Bank pada September 1967. Kunjungan Goh Keng Swee ke Bangkok Aviary pada tahun selanjutnya semakin memperkuat gagasan pembangunan taman burung di Singapura ini.

Dibagi dalam Beberapa Wahana Menarik

Waterfalls aviary, di sini Anda bisa melihat burung-burung yang berwarna warni yang kebanyakan merupakan burung asal afrika. Ini adalah sebuah ekshibisi raksasa di mana di dalamnya ada berbagai jenis burung yang terbang bebas karena jala pengamannya dibuat sangat tinggi. Bahkan di dalamnya ada sebuah air terjun buatan setinggi 30 meter, air terjun ini merupakan salah satu air terjun buatan tertinggi yang pernah dibuat di lokasi indoor.

atraksi di Jurong Bird Park

Dinousaur Descendants. Di sini kita bisa melihat burung-burung keturunan dinosaurus. Burung-burung yang masuk di zona ini adalah yang badannya besar-besar, seperti burung onta.

Wings of Asia. Di sini, kita bisa melihat burung-burung yang berasal dari asia tenggara dan memiliki lebih dari 200 spesies. Pada siang hari Anda juga akan melihat simulasi badai yang diikuti oleh gerimis yang sejuk dan ringan. Spesies teritorial disimpan dalam sangkar besar, sementara spesies yang dapat hidup berdampingan satu sama lain dibiarkan bebas berkeliaran. Wings of Asia ini juga menjadi tempat tinggal bagi burung Asia yang paling dikagumi, termasuk 24 spesies hampir punah seperti Jalak Bali (Leucopsar rothschildi), merpati Luzon Bleeding-heart (Gallicolumba luzonica).

Baca Juga: Baca Ini Sebelum ke Universal Studios Singapura

Lory Loft. Pengunjung bisa langsung memberi makan burung lorikeet yang berwarna-warni di wahana ini. Anda hanya perlu membeli cup plastik berisi madu dengan harga 3 dollar saja, kemudian sodorkan tangan ke arah burung-burung di pohon. Burung-burung lorikeet ini sudah biasa dengan situasi yang ada sehingga mereka akan dengan mudah langsung mendekati tangan Anda dan menyambar cup madu yang anda tawarkan.

3 Pertunjukan Spektakuler

Lunch with Parrots Show. Pertunjukan ini mampu membuat mata pengunjung tak berkedip. Burung-burung cantik, seperti kakatua, beo, enggang, dan toucan menunjukkan kebolehannya. Burung beo misalnya meniru bahasa manusia, seperti `halo`, `ni hao ma`, dan sebagainya. Bahkan, burung ini juga dapat menirukan suara hewan anjing dan kucing. Kepandaian burung berhitung pun tak luput ditampilkan. Plus ia pun bergaya bak Pablo Picasso saat melukis di atas kanvas.

High Flyers Show. Pertunjukan ini bisa disebut yang paling memukau. Super star dalam pertunjukan ini antara lain Pao Pao si burung beo, Zonda, Vega, Bary, dan burung suami istri, Mr. dan Mrs. Hon. Burung-burung ini terbang rendah di atas kepala pengunjung dari atas ke bawah menuju sang pawang.

Atraksi satwa cantik ini menghipnotis pengunjung karena masing-masing burung menampilkan kemampuannya. Seperti Zonda dan Bary yang beradu kecepatan memasukkan bola dan Pao Pao mengucapkan selamat ulang tahun kepada pengunjung yang merayakan hari jadi tepat pada saat pertunjukkan berlangsung. Di akhir acara, pengunjung pun bisa berfoto bersama puluhan flamingo berwarna pink dan burung lainnya.

mengujungi Jurong Bird Park

Kings of The Skies. Burung-burung pemangsa, seperti burung hantu, elang dari Afrika, rajawali berkuku panjang, menampilkan kepiawaiannya di pertunjukan ini. Pengunjung anak-anak dan dewasa bisa memberi makan burung-burung yang terbang di alam bebas seperti burung pelican, flamingo, kakatua, dan lory loft.

Waktu Buka dan Harga Tiket

Anda dapat mulai berkunjung ke taman burung ini dari pukul 08.30 pagi hingga pukul 18.00 petang waktu setempat. Tapi, apabila Anda ingin lebih nyaman berkeliling tanpa kepanasan, disarankan untuk dapat datang di pagi hari.

Harga tiket taman burung terbesar di Asia ini lebih murah beberapa dollar dibanding Singapore Zoo. Harga tiket masuk untuk dewasa sekitar $18 dan untuk anak-anak $12. Anda juga dapat membeli paket sekaligus dengan tiket masuk ke Singapore Zoo dengan harga diskon.

Baca Juga: 6 Pusat Perbelanjaan Murah Meriah di Singapura

Perlu diperhatikan bahwa jarak antara taman burung ini dan Singapore Zoo berjauhan. Jadi, bila Anda beli tiket paket, sebaiknya Anda pergi pada hari yang berlainan agar waktunya tidak terburu-buru.

Akan Direlokasi pada Tahun 2020

Pada September 2014, Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengumumkan relokasi Jurong Bird Park ke Mandai, lokasi yang sama dengan yang ditempati Singapore Zoo, Night Safari, and River Safari. Ini adalah bagian dari rencana untuk mengubah Mandai menjadi kawasan wisata bertema alam yang ditujukan untuk pendidikan dan rekreasi pada 2023.

Diharapkan dibuka pada 2020, taman burung seluas 17 hektar yang baru akan menampung koleksi burung terbesar di dunia. Taman burung yang baru akan menampilkan sembilan kandang burung besar yang mencakup berbagai habitat, termasuk lahan basah, hutan bambu, dan hutan hujan.

Tampak jelas bahwa Jurong Bird Park merupakan tempat yang ideal bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam dan satwa unik. Jadi, tertarik untuk mengunjunginya?

Comments are closed.