Karimunjawa Itu Dijamin Seru! Yuk, Liburan!

Travel

Sudah pernah berlibur ke Karimunjawa? Kalau belum, Anda harus segera merencanakannya dan jangan ketinggalan mendatangi destinasi seru berikut ini!

Mau liburan ke Karimunjawa? Jika iya, apa saja yang sudah Anda siapkan? Sudahkah tempat wisata keren di sana masuk list? Nah, untuk membantu Anda mempersiapkan liburan yang seru dan menyenangkan, mari cari tahu dahulu informasinya.

Kepulauan yang dijuluki sebagai “The Paradise of Java” ini terletak di Kabupaten Jepara. Dikenal dengan pesona alamnya yang cantik dan eksotis, mulai dari keindahan bawah laut, hamparan pantai, hutan mangrove hingga kekayaan budaya. Jadi tidak heran jika tempat ini banyak dijadikan tujuan untuk destinasi wisata alam.

Baca juga: 10 Objek Wisata di Sekitar Pantai Ujung Genteng

Tip Berlibur di Karimunjawa Bagi Pemula

Jika ingin berlibur di kepulauan ini, Anda harus benar-benar merencanakannya dengan matang. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali akan berkunjung ke sana. Jika tidak ada persiapan, salah-salah nanti liburan justru akan jadi berantakan. Untuk itu, berikut tip berlibur ke Karimunjawa agar liburan menyenangkan:

  1. Tentukan Tanggal Keberangkatan

Jika Anda ingin berangkat dari Semarang, sebaiknya pergi pada hari Sabtu atau Kamis karena hanya pada hari itu ada satu kapal yang menyeberang ke sana. Selain itu, ada juga pesawat dari Semarang di hari Kamis dan Jumat.

wisata karimunjawa

Jika tidak bisa di hari-hari itu, maka Anda harus bertolak ke Jepara lebih dahulu. Di sana ada dua kapal feri yang masing-masing memiliki satu jadwal keberangkatan saja. Jadi agar waktu liburan Anda tidak sia-sia untuk menunggu transportasi, lebih baik pastikan dahulu kapan waktu keberangkatan.

  1. Cek Situs BMKG

Mengingat Karimunjawa adalah destinasi wisata alam, sangat penting untuk Anda mengetahui perkiraan BMKG. Anda tentu tidak mau kan melewatkan hal-hal seru karena cuaca dan kondisi alam yang tidak mendukung? Oleh karena itu, lebih baik pilih waktu saat musim panas agar Anda bisa puas berlibur.

  1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Sebelum pergi, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tempat ini. Baik dari teman ataupun internet tentang tempat wisata yang seru, penginapan, tempat makan, dan informasi apa pun lainnya. Jika tidak ingin repot mencari informasi, Anda bisa mengikuti paket wisata Karimunjawa yang ditawarkan.

  1. Kemasi Barang Bawaan Secukupnya

Agar barang bawaan tidak membuat Anda kerepotan, bawalah baju ganti dan barang seperlunya saja. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, karena udara di sana mudah menyebabkan Anda rentan dengan gangguan penyakit. Tidak ketinggalan juga, gunakan tabir surya agar kulit tidak gosong terkena panas matahari.

wisata karimunjawa

  1. Gunakan Alas Kaki Saat Pergi ke Mana pun

Ketika berjalan di pantai ataupun memasuki penangkaran, pastikan Anda tetap menggunakan alas kaki. Hal ini untuk menghindarkan kaki tertusuk karang atau benda lain apa pun yang ada di dalam air. Anda pasti tidak ingin bukan merusak sisa masa liburan karena kaki sakit sebab terluka?

  1. Lebih Baik Bawa Uang Tunai Cukup

Saat berlibur di Karimunjawa, sebaiknya bawa uang tunai cukup karena di sana cukup sulit menemukan mesin ATM. Untuk itu, perhitungkan lebih dahulu kisaran biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan selama berlibur.

  1. Berbaur dengan Penduduk Lokal

Penduduk di kepulauan ini sangat ramah dan terbuka kepada para wisatawan. Anda bisa berinteraksi dengan bebas, mengajak mereka mengobrol, bercanda, dan jika beruntung, Anda bisa ditemani untuk menjelajahi pulau.

Baca juga: Tempat Wisata Wakatobi: Objek Wisata dan Tradisi Uniknya

Tempat Wisata di Karimunjawa yang Wajib Dikunjungi

Agar liburan lebih mengesankan, Anda wajib mengunjungi tempat-tempat yang epik di  lokasi ini. Nah, agar Anda tidak bingung menyusun list tempat wisata yang akan dikunjungi, berikut beberapa tempat yang direkomendasikan:

  1. Pantai Anora

Berada di desa Kemloko, Anda bisa menaiki bukit di pulau yang menyatu dengan pantai ini untuk menikmati keindahan alam dan semilir angin. Di atas bukit Anda akan melihat indahnya pulau ini beserta lanskapnya yang cantik.

  1. Pantai Tanjung Gelam dan Pantai Batu Topeng

Pantai Tanjung Gelam memiliki ciri khas berupa kelapa doyong. Pantai ini sangat cocok untuk melihat sunset dengan Pantai Batu Topeng di sisi lainnya. Di Pantai Batu Topeng, Anda bisa menemukan spot foto gazebo yang ada di atas batuan yag menjorok ke laut.

  1. Mangrove Tracking

Sesuai namanya, Anda akan disuguhi dengan hutan bakau yang rimbun dan cantik. Selama menyusuri hutan, Anda bisa melihat berbagai macam burung dan menaiki menara pandang. Di atas menara Anda bisa melihat pesona perpaduan antara hamparan hutan mangrove dengan lautan.

  1. Pulau Cemara Kecil

pulau yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan inti ini berukuran sangat kecil dan bisa Anda kunjungi saat sedang tour snorkeling dan island hopping ke rute barat. Pulau ini banyak ditumbuhi pohon cemara karena itulah dinamakan Pulau Cemara. Dikelilingi pantai pasir putih dengan air yang bening pantai ini cocok untuk Anda yang suka bersantai sambil menunggu sunset.

  1. Pulau Cilik

Jika Anda memilih rute timur untuk perjalanan snorkeling dan island hopping, Anda pasti akan singgah di pulau ini. Pulau Cilik ini dikelilingi terumbu karang, berbagai jenis karang, ikan hingga biota laut lainnya. Dan yang paling disukai di sini adalah Anda bisa menemukan sekumpulan clown fish atau ikan nemo dengan mudah saat menyelam ke dalam laut.

Baca juga: Wisata Raja Ampat, Siap Berangkat ke Destinasi Terbaiknya?

  1. Bukit Love

Terletak tidak jauh dari pusat kota, Bukit Love atau Love Hill ini wajib Anda kunjungi saat ke lokasi ini. Ada banyak sekali spot foto yang menarik dan Instagramable. Jadi jangan lupa untuk berfoto saat mengunjungi tempat yang satu ini. Untuk mendapat spot foto terbaik, datanglah sekitar pukul 8-10 pagi. Pada waktu ini, pemandangan di bawahnya akan sangat cantik.

  1. Penangkaran Hiu

Tempat terakhir yang tidak boleh terlewatkan saat sedang berlibur di kepulauan ini adalah penangkaran hiu. Di sini Anda bisa merasakan berbagai pengalaman tak terlupakan bersama ikan hiu. Mulai dari bermain bersama, memberi makan, hingga foto bersama yang pastinya seru untuk dilakukan.

wisata karimunjawa

Jadi bagaimana, sudah siap berlibur? Namun selain merencanakan perjalanan, Anda juga harus menyiapkan kondisi fisik agar tetap bugar. Dengan begitu, kegiatan selama liburan pasti akan terasa seru dan menyenangkan.

Comments are closed.